Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Laksanakan Kelas Seismologi dengan Menghadirkan Dosen Tamu Perdana Prof. Francois Beauducel Dari IPGP Paris

Pada sore hari kelas Seismologi dengan pembahasan vulkanologi geodesy diselenggarakan pada Selasa, 13 Agustus 2024. Terdapat gebrakan baru atas kedatangan dan pengajaran perdana Prof. Francois Beauducel sebagai pembicara dalam kelas Seismologi untuk mahasiswa Geofisika Angkatan 2022 di FMIPA UGM. Dengan basic di bidang Vulkanologi Prof. Francois Beauducel memaparkan materinya dengan judul pematerian Vulkanologi Geodesi.

Prof. Francois Beauducel merupakan guru besar yang ahli di bidang gravity dan monitoring. Pada kelas sore hari ia memaparkan terkait deformasi dari erupsi gunung api hingga sekarang gunung api di Indonesia. Ia sudah menetap di Jogja dari bulan Juni untuk melakukan penelitian bersama Geofisika UGM. Dalam sesi kelas Seismologi ia memberikan kesempatan untuk para mahasiswa bertanya dan mengulik lebih dalam terkait Vulkanologi Geodesi dan pertanyaan lainnya di luar materi.

Ia menjelaskan bahwa erupsi mendadak bisa diprediksi seperti contohnya erupsi freatik dan erupsi magmatic. Bedanya hanya dari sisi deformasi amplitude, magmatic deformasinya lebih besar sementara freatik lebih rendah dan dekat dengan pusatnya. Apabila lokasi instrumen nya tidak benar atau kurang banyak alatnya, maka erupsi freatik tetap bisa di prediksi asal terdapat banyak alatnya.

Selain itu ia juga menghimbau bahwa limitasi belajar terkait sejarah erupsi gunung api tidak hanya bisa dari masa lalu saja namun juga tergantung instrumen yang digunakan. Namun melihat sejarah yang ada secara kasar, bisa saja mendapat pola kapan atau bagaimana sifat gunung api itu akan erupsi.

“Dari kelas Seismologi hari ini kami belajar soal gunung api, senang bisa mendapat insight baru. Tidak pernah menyangka kalau akan ada kelas free dari dosen luar,” papar Wanda salah satu mahasiswa Geofisika angkatan 2022, Selasa (13/8).

“Selain dapat insight baru ternyata lumayan kaget saat tahu banyak yang tertarik tema dan bidang kegunungapian ini,” papar Miftahul salah satu mahasiswa Geofisika angkatan 2022, Selasa (13/8).

Kegiatan mengajar ini merupakan implementasi SDGs poin ke 4 berupa pendidikan berkualitas dengan mengadakan kelas berbasis internasional pada kesempatan kelas Seismologi untuk mahasiswa Geofisika Angkatan 2022.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Ratih Cintia Sari
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate