Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi Berlandaskan SDGs, Mahasiswa Baru FMIPA Tuangkan Gagasan Lewat Science Project Pionir Pascal

Pionir Pascal merupakan agenda pengenalan lingkungan kampus di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Agenda ini berlangsung selama 2 hari dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya science project. Kegiatan ini memberikan ruang kreasi kepada mahasiswa baru dalam mengemukakan ide dan gagasan untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan di sekitar melalui pengimpementasian keilmuan sains yang berkelanjutan.

Di antara berbagai ide dan gagasan yang dituangkan dari puluhan kelompok, 3 kelompok terbaik berhasil mempresentasikan gagasan yang dituangkan dalam bentuk poster di depan peserta Pionir Pascal lainnya. Memiliki beragam ide yang selaras dengan Tujuan Berkelanjutan (SDGs), ketiganya mempresentasikan gagasan yang menarik dan berhasil memukau peserta dalam waktu 7 menit.

“Kami percaya dengan ilmu yang ada di MIPA bisa menangani permasalahan yang ada di lingkungan, khususnya Yogyakarta,” ungkap Halim Rasyid, salah satu finalis yang berhasil menjadi kelompok terbaik.

Tiga ide yang berhasil menjadi finalis kelompok terbaik tersebut diantaranya adalah gagasan berupa panel surya terapung yang terinspirasi untuk meratakan kebutuhan listrik di seluruh Indonesia. Ada pula gagasan yang diberi nama “Gama Gas” yang merupakan ide untuk mengubah sampah domestik menjadi bahan bakar berupa gas metana. Terakhir, ada gagasan berupa pengolahan briket dan kertas dari limbah tebu yang potensial untuk dikomersialkan.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengakselerasi proses transformasi mahasiswa baru menjadi saintis muda yang siap menghadapi tantangan masa depan. Science Project ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang relevan dengan bidang studi mereka, sehingga mereka dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka secara berkelanjutan Science Project ini juga mendukung konsep pendidikan berkelanjutan, selaras dengan Tujuan Berkelanjutan (SDGs) poin ke-4 yakni Pendidikan Berkualitas.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate