Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Memaknai Logo Pionir Pascal dan Inklusivitas di FMIPA UGM Melalui Selebrasi Formasi

Pada Kamis, 1 Agustus 2024, lapangan basket FMIPA UGM dipenuhi oleh semangat dan keceriaan para mahasiswa baru yang mengikuti selebrasi formasi Pionir Pascal. Acara ini dimulai dengan para mahasiswa duduk pada grid yang telah disediakan oleh panitia, menunggu momen penting untuk merayakan identitas mereka sebagai bagian dari Fakultas MIPA.

Chinta Bella, salah satu pembawa acara Pionir Pascal 2024, membuka selebrasi dengan penjelasan tentang makna logo Pionir Pascal yang ada pada topi Gadjah Mada Mipa (Gamami).

“Logo Pionir Pascal yang ada pada masing-masing topi Gamami merupakan representasi elemen dan harapan untuk Fakultas MIPA,” papar Chinta Bella dengan antusias.

Muhammad Ulil Azmi, rekan pembawa acara, menambahkan bahwa logo ini menggambarkan orbital atom, yaitu komponen penting dalam keilmuan MIPA. Bentuk logo ini melambangkan sinergi untuk mengembangkan ide-ide produktif untuk kepentingan bersama.

Mereka juga menjelaskan bahwa logo ini terdiri dari kombinasi segitiga dan setengah lingkaran berjumlah delapan yang berdiri di atas satu lingkaran, melambangkan fakultas yang berlandaskan nilai ketuhanan, nilai-nilai prestatif, dan keberagaman yang inklusif.

Para mahasiswa baru yang duduk pada pola grid mendengarkan penjelasan tersebut dengan saksama. Setelah mendengarkan penjelasan mengenai logo Pionir Pascal, Gamami diimbau untuk mengecek kode selebrasi yang sudah disediakan di masing-masing grid. Setiap grid memiliki kode selebrasi yang berbeda-beda sehingga akan menghasilkan pola tertentu pada saat formasi. Kegiatan selebrasi formasi dipimpin oleh pembawa acara dengan membacakan kode selebrasi yang menggambarkan nilai-nilai positif, seperti inovasi, kolaborasi, dan pengembangan sains serta teknologi. Acara ini mencerminkan bagaimana fakultas menyiapkan mahasiswanya untuk masa depan yang penuh tantangan.

Kegiatan selebrasi formasi disambut riuh para penonton. Atmosfer riuh tersebut dilanjut dengan para Gamami yang menarikan anthem Pionir Pascal secara bersama-sama dan ditutup dengan kegiatan suporter bersama Badai Alam.

Selebrasi Pionir Pascal ini tidak hanya sekadar seremonial, tetapi juga memiliki hubungan erat dengan SDGs, khususnya poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas. Melalui acara ini, FMIPA UGM berusaha menciptakan lingkungan yang inklusif dan beragam, mendukung pengembangan diri mahasiswa baru baik secara akademik maupun non-akademik. Harapannya, para mahasiswa baru mampu berpartisipasi aktif dan berkembang menjadi pribadi unggul.

Penulis: Azzah Nurfatin
Foto: Panitia Pionir Pascal 2024
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate