Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Cerita KKN Mahasiswa FMIPA UGM: Peningkatan Literasi Keuangan di Pulau Derawan

Pulau Derawan, sebuah surga wisata Bahari kini menjadi rumah sementara bagi Alief Glenfico Anwar dan tim KKN Derawan Menawan. Mahasiswa Ilmu Aktuaria ini terlibat dalam program KKN-PPM UGM 2024 yang membawa salah satu misi keuangan yakni meningkatkan literasi keuangan di kalangan masyarakat setempat.

Salah satu program kerja (proker) yang diinisiasi oleh Alief dan timnya adalah Program Peningkatan Literasi Keuangan pada Masyarakat. Program ini dilatarbelakangi oleh urgensi dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap instrumen-instrumen keuangan, seperti kredit, tabungan, dan money changer.

Dalam pelaksanaannya, program ini menyasar para pelaku UMKM dan pengusaha kecil di Kampung Pulau Derawan. Harapannya, masyarakat dapat memperoleh informasi seputar Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa menjadi tambahan modal untuk usaha mereka. Selain itu, topik terkait money changer diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi masyarakat yang tertarik dalam usaha ini, yang juga mendukung program pemerintah kampung, yaitu Derawan Mendunia.

Namun, Alief menghadapi tantangan dalam menarik minat masyarakat untuk hadir dan berpartisipasi. Untuk mengatasi hal ini, Alief bekerja sama dengan pihak pemerintah desa untuk mengundang secara langsung para pelaku UMKM dan pengusaha kecil.

Selain itu, program ini juga bermitra dengan Bankaltimtara (BPD Kaltim Kaltara) sehingga masalah terkait narasumber, pendanaan, dan fasilitas dapat teratasi dengan baik melalui kolaborasi ini.

Sejauh ini, pengalaman KKN bagi Alief sangat menyenangkan. Banyak cerita yang telah tercipta dengan masyarakat yang sangat terbuka dan anak-anak yang sangat aktif.

“Selalu menyenangkan bertemu dengan kebiasaan, budaya, dan orang-orang baru,” ujar Fico.

Proker yang dijalankan oleh Alief dan timnya tidak hanya fokus pada pengembangan ekonomi lokal, tetapi juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Program ini terkait dengan SDG nomor 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG nomor 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi). Dengan menyediakan akses pendidikan keuangan yang inklusif dan adil, program ini berkontribusi pada peningkatan peluang belajar

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Alief Glenfico Anwar
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate