Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Hari Populasi Sedunia, FMIPA UGM Ajak Generasi Muda untuk Refleksi

Hari Populasi Sedunia menjadi momentum yang tepat untuk mengajak generasi muda melakukan refleksi terutama terhadap tujuan bangsa. Di Indonesia, visi yang ingin dicapai adalah Indonesia Emas 2045 dengan hadirnya bonus demografi dan pendidikan yang ada. Namun, pada tahun ini, tren populasi justru menunjukkan grafik yang menurun dan menyebabkan adanya tren depopulasi bahkan hampir di seluruh dunia.

Di FMIPA sendiri, isu depopulasi cukup menarik dibahas secara keilmuan melalui studi statistika tepatnya pada mata kuliah demografi. Generasi muda dikenalkan terlebih dahulu mengenai isu yang ada dan pengertian depopulasi.

“Bagaimana pandanganmu tentang bonus demografi dan pendidikan berkualitas menuju Indonesia Emas 2045?” tanya admin FMIPA untuk memancing pendapat generasi muda.

Penurunan yang terjadi di Indonesia sendiri pun mengalami hingga 0,39 persen dalam 10 tahun terakhir. Jika tidak disikapi dengan bijak, tren ini akan menyebabkan ancaman demografi dengan dibarengi penurunan kuantitas dan kualitas penduduk. Dengan ini, tujuan dari Indonesia pun akan sulit untuk digapai. Refleksi di Hari Populasi Dunia menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses terhadap pendidikan yang diberikan untuk memberikan wawasan terhadap isu yang ada. Simak konten Hari Populasi Dunia melalui tautan https://www.instagram.com/p/C9R-2pgSoVI/?img_index=9.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Gambar: Tim Media FMIPA UGM

Other News

Categories

Translate