Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Hari Catur Internasional, FMIPA UGM Beri Edukasi Tentang Probability dan AI dari Ilmu Matematika

Momentum peringatan Hari Catur Internasional menjadi momen yang tepat bagi FMIPA UGM untuk memberikan edukasi mengenai permainan catur dari sisi probability dan keterkaitannya dengan kecerdasan buatan atau AI. Probability adalah cabang matematika yang mempelajari peluang atau kemungkinan. Dalam catur, probability dapat membantu pemain memprediksi langkah terbaik berdasarkan analisis statistic dari posisi-posisi tertentu di papan.

Kecerdasan buatan atau AI telah mengubah cara dalam bermain catur dan memahami catur. Sejak komputer deep blue mengalahkan juara dunia Garry Kasparov pada tahun 1997, AI terus berkembang dan memberikan kontribusi besar dalam analisis dan strategi catur. Teknologi ini memungkinkan untuk mempelajari jutaan posisi dan langkah dengan lebih efisien.

“Hari Catur Internasional menjadi representasi bahwa olahraga otak menjadi olahraga yang tidak memandang usia dan santai. Dari olahraga catur, banyak berkaitan dengan mata kuliah seperti probability dan AI. Hal yang bisa diambil dari catur adalah satu langkah kecil membawa dampak yang besar dan proses tidak akan mengkhianati hasil,’’ papar Micho, mahasiswa Elins FMIPA UGM sekaligus Atlet Catur FMIPA UGM.

Edukasi yang diberikan mengenai Probability dan AI dalam permainan catur dari sudut pandang Ilmu Matematika merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses terhadap pendidikan yang diberikan untuk memberikan wawasan terhadap kajian ilmu matematika. Simak konten Hari Catur Internasional melalui tautan https://www.instagram.com/p/C9pOo1DSaN6/?img_index=1.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Gambar: Tim Media FMIPA UGM

Other News

Categories

Translate