Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Rapat Akbar Pionir Pascal 2024: Persiapan Menyambut Mahasiswa Baru FMIPA UGM

Mendekati pelaksanaan penyambutan mahasiswa baru FMIPA UGM, panitia Pionir Pascal 2024 menggelar Rapat Akbar pada Senin, 22 Juli 2024, di Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM. Pionir Pascal merupakan program pengenalan kampus kepada mahasiswa baru di skala fakultas yaitu di lingkungan FMIPA UGM. Acara akan dilaksanakan pada 31 Juli – 1 Agustus 2024 dengan tema Simfoni Mipa, Harmonikan Karya Saintis Muda. Rapat tersebut dipimpin oleh Koordinator Umum Pascal yaitu Nabilla Nafisatuz Zahrah, mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer IUP angkatan 2022.

Dalam acara Rapat Akbar tersebut, hadir Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M. Si., yang dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada panitia Pascal yang telah mempersiapkan seluruh acara dengan semangat. Melalui acara ini, diharapkan Gadjah Mada Muda MIPA (Gamami) dapat mengenal lebih dalam tentang FMIPA, tempat mereka belajar dalam beberapa tahun ke depan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mengakselerasi proses transformasi mahasiswa baru menjadi pembelajar sukses dalam menghadapi lingkungan akademik yang berbeda dari lingkungan belajar sebelumnya di SMA,” ungkap Prof. Kuwat.

Acara 2 hari Pionir Pascal 2024 dirancang agar Gamami dapat memahami visi dan misi FMIPA, sarana dan prasarana di FMIPA, aktifitas perkuliahan, dan kehidupan pasca kampus. Kegiatan tersebut dikemas dalam berbagai acara yang meliputi pengenalan program studi serta organisasi mahasiswa di FMIPA, gelar wicara (talk show) dengan Dekan dan Wakil Dekan, sharing alumni, Tour de MIPA, science project, dan berbagai acara menarik lainnya.

“Kita berharap agar mahasiswa baru termasuk panitia Pascal dapat mengambil manfaat dari program kerja sama FMIPA dengan ANC Japan, Taiwan Center, dan program lainnya,” tambah Prof. Kuwat.

Dalam Rapat Akbar tersebut hadir pula Prof. Roto, Ph.D. (Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan), Dr. Dwi Ertiningsih (Sekretaris Unit Pendukung Kegiatan Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan), Dr. Chalis Setyadi (Koordinator Gugus Pionir FMIPA), dan Sujarwanto (perwakilan K5L FMIPA). Di akhir acara, dilakukan games untuk memotivasi panitia dan liris anthem Pascal yang diperagakan bersama seluruh panitia.

Pionir Pascal 2024 merupakan bagian dari rangkaian acara Pionir Gadjah Mada 2024 yang mengusung tema “Kolaborasi Gadjah Mada, Generasi Unggul Indonesia.” Pionir Gadjah Mada bertujuan untuk menyambut keluarga baru Universitas Gadjah Mada. Kegiatan tersebut berlangsung selama 6 hari, dari Senin, 29 Juli hingga Sabtu, 3 Agustus 2024. Kegiatan dibagi menjadi 3 bagian yaitu materi Universitas (29-30 Juli), materi Fakultas atau Sekolah Vokasi (31 Juli-1 Agustus), dan materi Soft Skills (2-3 Agustus). Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan Action Plan pada 4-10 Agustus. Seluruh informasi tentang kegiatan Pionir Gadjah Mada baik universitas, fakultas atau sekolah vokasi, dan soft skills dapat diakses di website pionir.ugm.ac.id.

Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan ke-4 yaitu Pendidikan Berkualitas, acara Pionir Pascal 2024 ini menunjukkan komitmen UGM dalam memberikan pendidikan inklusif dan berkualitas serta mempromosikan kesempatan belajar sepanjang hayat bagi semua. FMIPA UGM berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung dan inovatif untuk mempersiapkan generasi pemimpin masa depan yang berkompeten dan beretika, sesuai dengan semangat SDGs.

Penulis: Chalis Setyadi
Foto: Rafael Videntio Suryasubrata, Ahmad Firdaus Zen Omar, dan Raihan Ar Rasyid
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate