Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Siapkan Sajian Pertunjukkan Terbaik, Tim Karawitan FMIPA UGM Tingkatkan Latihan Bersama

Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM tingkatkan latihan bersama dalam rangka mempersiapkan pentas pada acara Festival Karawitan pada bulan Juli 2024. Latihan yang pada mulanya dilaksanakan 1 kali dalam seminggu menjadi 2 kali dalam seminggu. Pelaksanaan latihan dilakukan di Ruang Karawitan Lantai 7 Gedung FMIPA UGM.

Dalam latihan juga dilakukan evaluasi untuk memperbaiki kualitas permainan yang ada.

“Secara keseluruhan temponya masih terlalu cepat. Masih bisa dipelankan lagi biar sindhen (penyanyi wanita) tidak terlalu mengejar lagunya, Kemudian, tabuhan alat-alat balungan masih terlalu keras dan dominan saat vokal berjalan,” papar Parjilan selaku anggota Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM saat evaluasi latihan.

Lagu yang dimainkan untuk pertunjukkan terdiri atas lancaran mesem, ladrang pangkur, dan srepeg mataram. Agar memudahkan para pemain mengevaluasi secara mandiri, dilakukan perekaman permainan untuk kemudian disimak ketika pulang dari latihan.

Dalam meningkatkan latihan karawitan terdapat berbagai tantangan yang dilalui terutama dalam menunggu kehadiran lengkap tim karena kesibukan dan jadwal masing-masing.

“Kesulitan kalau anggota kurang lengkap ketika latihan sehingga koordinasi pola permainan gending cukup sulit. Tetapi, saat ini masih bisa dilakukan dengan baik. FMIPA akan menampilkan 3 gendhing (lagu) yaitu Lancaran Mesem, Ladrang Pangkur, Playon Mataraman,” papar Viga selaku anggota Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM

Latihan bersama dari Tim Laras Sains di FMIPA UGM menjadi wadah bagi para sivitas akademik untuk turut mempelajari dan melestarikan budaya serta memberikan edukasi mengenai warisan budaya yang dimiliki. Hal ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan dalam seni karawitan dan nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui pelestarian warisan budaya berupa seni karawitan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate