Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Menjelang Acara Festival, Tim Karawitan FMIPA UGM Lakukan Gladi Bersih Pentas

Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM melaksanakan gladi bersih untuk persiapan acara Festival Karawitan pada Jumat, 19 Juli 2024 di Fakultas Filsafat UGM. Berbagai persiapan telah dilakukan seperti latihan rutin di fakultas, koordinasi teknis pentas, dan koordinasi seragam tim.

“Persiapan sudah 80%. Latihan setiap hari Rabu dan menuju pentas ini latihan menjadi 2x dalam seminggu. Kalau dari kesiapan, insyaallah sudah baik karena beberapa kali juga sudah pernah pentas atau festival,” papar Viga selaku anggota Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM.

Lagu yang dimainkan untuk pertunjukkan terdiri atas lancaran mesem, ladrang pangkur, dan srepeg mataram. Tantangan yang dihadapi ketika di lapangan adalah adanya perbedaan bahan atau material alat gamelan sehingga dalam memainkan harus menyesuaikan.

“Bahan gamelan yang ada di tempat pentas (Fakultas Filsafat) itu berbeda dengan yang ada di FMIPA sehingga ketika nabuh atau memainkan harus lebih keras atau mantep,” papar Parjilan selaku anggota Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM.

Gladi bersih yang dilakukan oleh Tim Laras Sains di FMIPA UGM menjadi kesempatan bagi para sivitas akademik untuk turut melestarikan budaya serta memberikan edukasi mengenai warisan budaya yang dimiliki. Hal ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan dalam seni karawitan dan nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui pelestarian warisan budaya berupa seni karawitan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate