Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Incar Senam Hingga Sarapan Gratis, Mahasiswa Ramaikan Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM

Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM telah digelar pada hari Jumat, 12 Juli 2024. Serangkaian acara yang meliputi pembukaan acara, senam, sarapan, pembagian doorprize, hingga cek kesehatan diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta, termasuk mahasiswa yang turut meramaikan momen acara tersebut.

“Saya datang ke Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM karena sangat ingin mengikuti kegiatan senam yang diadakan,” papar Ridha Yatul Jannah, mahasiswa S1 Matematika UGM. Ridha menjelaskan bahwa ia memang menyukai senam. Bahkan, ia pernah mendapatkan juara 3 dalam perlombaan senam tingkat kabupaten. Ridha juga menjelaskan bahwa sudah lama ia tidak senam akhir-akhir ini sehingga ketika ada kesempatan untuk senam, tanpa pikir panjang ia langsung datang.

“Kalau saya datang ke Pembukaan Dies Natalis karena diajak teman dan tergiur dengan senam gratis, makan gratis, serta cek kesehatan gratis,” terang Muliana Setyarini, mahasiswa S1 Matematika UGM. Ia menambahkan bahwa senam yang ia temui biasanya tidak gratis. Salah satu contoh senam tidak gratis yang ia temui, yaitu senam yang diadakan oleh ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Selain alasan kedua mahasiswa tersebut, terdapat beberapa mahasiswa yang datang untuk menikmati sarapan gratis yang disediakan. Sebagai anak rantau, momen-momen seperti ini menjadi incaran mahasiswa karena mereka dapat memperoleh makanan dengan nutrisi yang cukup tanpa mengeluarkan uang.

Beberapa mahasiswa juga dikejutkan dengan adanya pembagian dooorprize. Berbagai ekspresi terkejut dan bahagia menghiasi wajah para mahasiswa saat nama mereka disebut untuk pengambilan doorprize.

Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM ditutup dengan kegiatan cek kesehatan gratis. Beberapa mahasiswa terlihat antusias saat melakukan pengecekan kesehatan gratis dengan mengularnya antreannya di lokasi pendaftaran pengecekan kesehatan. Alasannya beragam, baik karena merupakan pengalaman pertama maupun karena diselenggarakan secara gratis sehingga tidak perlu merogoh kocek seperti saat melakukan pengecekan kesehatan di puskesmas.

Alasan mahasiswa untuk meramaikan Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM telah menunjukkan implementasi dari SDGs poin 2, yaitu Tanpa Kelaparan. Para mahasiswa yang berbondong-bondong mengantri sarapan gratis mengimplementasikan bahwa secara tidak langsung kampus telah mendukung para mahasiswa untuk bertahan hidup dan mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu, Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM juga mengimplementasikan SDGs poin 3, yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera yang didukung dengan kegiatan senam bersama dan pengecekan kesehatan secara gratis. Dengan adanya kedua kegiatan tersebut, para mahasiswa dapat meningkatkan kebugaran tubuhnya sekaligus mengecek kondisi tubuhnya sehingga dapat mencegah kemunculan penyakit pada diri masing-masing serta meningkatkan kualitas hidupnya dalam menempuh studi di FMIPA UGM.

Penulis: Azzah Nurfatin
Foto: Hero Prakosa
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate