Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Peringati Hari Pancasila, Intip Keseruan FMIPA UGM melalui Tantangan Seberapa Pancasila #SobatMipa?

Setiap tanggal 1 Juni di pagi hari, para sivitas akademika FMIPA UGM mengikuti momen upacara peringatan Hari Pancasila. Lalu, bagaimana para generasi Z ini dapat langsung merasakan momen tersebut? Apakah para generasi Z yang memiliki stigma kurang nasionalis ini masih awam terhadap dasar negara?

Pada hari Sabtu, 1 Juni 2024, Tim Media FMIPA memberikan tantangan kepada para generasi Z untuk mengetes seberapa Pancasila #SobatMipa. Kegiatan dilakukan di lingkungan FMIPA UGM seperti selasar gedung kuliah dan ruang auditorium.

“Coba, sebutin dengan tepat dan cepat, bagaimana bunyi sila ke-2!” tantang Tim Media FMIPA

“Kemanusiaan yang adil dan beradab!” jawab 4 orang mahasiswa program studi Statistika

Di sisi lain, tantangan lainnya adalah dengan menebak lambang gambar dari Pancasila seperti bintang, padi dan kapas, kepala banteng, beringin, dan rantai. Kurang lebih 80% mahasiswa yang dipilih secara acak untuk melakukan tantangan dapat menjawab tantangan yang diberikan.

Dari adanya tantangan di atas dalam menyemarakan Hari Pancasila, FMIPA UGM turut mendukung SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui tantangan wawasan kebangsaan yang bermanfaat bagi mahasiswa. Simak keseruan tantangan Seberapa Pancasila Sobat Mipa melalui tautan berikut: https://www.instagram.com/p/C7rFLhFvUp-/

 

Kata kunci: Pancasila, tantangan, mahasiswa, nasionalisme, kebangsaan, pendidikan

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Gambar: Alvin Nur Sa’ban

Other News

Categories

Translate