Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dorong Kesadaran Kesehatan, FMIPA UGM Rutin Gelar Senam dan Pengecekan Kesehatan

FMIPA UGM rutin gelar senam dan pelayanan kesehatan dalam rangka mendorong kesadaran kesehatan baik bagi pegawai, dosen, atau mahasiswa di halaman Gedung FMIPA UGM. Agenda dimulai dengan senam pagi dan dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan. Pada kegiatan kali ini, Jum’at 31 Mei 2024, terdapat lonjakan cukup banyak pasien baru yang mendaftar di pos pengecekan kesehatan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran bagi pegawai, dosen, dan mahasiswa di FMIPA UGM. Jangan sampai ketika masuk ke sini mereka sehat tetapi ketika keluar dari sini mereka justru sakit-sakitan,” kata Dr. Chotimah, M.Si., selaku petugas kesehatan di FMIPA UGM. Dr. Chotimah juga menyampaikan bahwa terdapat lonjakan yang cukup banyak dari para mahasiswa yang tertarik mengecek kesehatan mereka.

“90% pasien yang mendaftar dan memeriksakan dirinya adalah mahasiswa. Kalau mahasiswa kebanyakan mengalami tensi tinggi sedangkan kalau dosen dan tendik mengalami asam urat,” papar Dr. Chotimah.

Antusiasme dari peserta kegiatan terlihat dari antrean panjang yang menunggu giliran dalam pengecekan kesehatan. Jenis pengecekan yang dilakukan meliputi indeks massa tubuh, tekanan darah, kadar gula, asam urat, dan kolestrol. Salah satu pasien mengungkapkan rasa kagetnya ketika mengetahui nilai asam urat yang terdapat pada tubuhnya.

Kegiatan senam dan pengecekan kesehatan ini berpeluang dalam meningkatkan kesadaran terhadap penyakit tidak menular seperti tekanan darah tinggi dan obesitas sehingga merupakan wujud nyata dari poin 3 SDGs di bidang Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Selain itu, kegiatan tersebut turut berkontribusi dalam jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kampus untuk dapat melakukan pencegahan atau deteksi dini penyakit yang berisiko. Harapannya, kegiatan ini akan terus mendorong kesadaran kesehatan di lingkungan FMIPA UGM sehingga tercipta kondisi kampus yang sehat.

 

Keywords: kesehatan, pengecekan kesehatan, senam, kolestrol, darah tinggi, asam urat, kampus sehat

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate