Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Pelajari Cara Bedakan Uang Palsu, Himatika UGM Kunjungi BI Pusat

Tidak sedikit mahasiswa Matematika yang merasa kesulitan dalam memahami penerapan ilmu yang mereka pelajari di dunia kerja. Untuk menanggulangi hal tersebut, Departemen Jalinan Eksternal (Linear) Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) UGM mengadakan kunjungan ke Bank Indonesia di Gambir, Jakarta Pusat, pada Selasa, 6 Agustus 2024. Kegiatan ini dibuka untuk seluruh mahasiswa S-1 Matematika UGM. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan penerapan Matematika, khususnya di Bank Indonesia.

Kunjungan dimulai dengan pemberian materi oleh pihak Bank Indonesia. Dalam sesi ini, peserta mendapatkan gambaran lengkap mengenai sejarah Bank Indonesia, serta tugas pokok dan fungsi dari lembaga tersebut. Para peserta menyimak penyampaian materi tersebut dengan penuh perhatian.

Selanjutnya, para peserta diajak mendalami topik tentang mata uang. Para peserta diajarkan cara membedakan uang asli dengan uang palsu. Mereka juga dikenalkan dengan perubahan desain uang emisi 2022. Selain itu, para peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya untuk memperdalam pemahaman mengenai materi yang telah disampaikan.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi permainan berupa kuis interaktif. Antusiasme para peserta terlihat jelas ketika mereka bersemangat mengikuti kuis dan bersaing untuk meraih kemenangan.

Kegiatan kunjungan mahasiswa S-1 Matematika UGM ke Bank Indonesia menunjukkan penerapan SDGs poin 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Melalui kunjungan ini, mahasiswa S-1 Matematika UGM dapat memahami prospek karier di Bank Indonesia sekaligus meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya pengenalan uang palsu, yang berperan dalam menjaga stabilitas ekonomi di dunia nyata.

</a

Penulis: Azzah Nurfatin
Dokumentasi: Panitia Constant 2024
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate