Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Tekankan Pengembangan Diri, Alumnus FMIPA UGM Dorong Mahasiswa untuk Siap Hadapi Dunia Kerja

Sebagai mahasiswa, sering kali muncul kekhawatiran mengenai jenis pekerjaan yang akan diambil setelah lulus, atau bahkan sebelum lulus. Mahasiswa Fakultas MIPA, misalnya, sering merasa bingung dalam menentukan arah karir yang tepat. Untuk menanggulangi hal tersebut, Pionir Pascal 2024 mengadakan sesi sharing bersama alumnus untuk mahasiswa baru Fakultas MIPA UGM di Auditorium Lantai 7 pada tanggal 31 Juli 2024.

“Persaingan semakin ketat. Oleh karena itu, kita tidak hanya pintar secara akademis, tapi kita juga perlu mengembangkan diri kita secara entrepreneurship dan kita harus bisa melakukan problem solving, critical thinking, serta bergaul,” jelas Bachtiar Rifai, S.Si., M.IST. selaku alumnus Fisika UGM angkatan 2006 yang juga merupakan pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Volantis Technology.

Bachtiar juga menambahkan bahwa hal-hal yang dipelajari di dunia perkuliahan kurang dari 5% dari apa yang digunakan di dunia nyata.

Dalam sesi sharing yang dipandu oleh Chinta Bella sebagai moderator, Bachtiar mengawali sesi dengan menjabarkan berbagai permasalahan mahasiswa yang berkaitan dengan dunia kerja. Dilanjutkan dengan penjelasan pekerjaan berdasarkan levelnya, kompetensi yang dicari di dunia kerja, tip dalam menjalani kehidupan perkuliahan, dan tipe pekerjaan berdasarkan manfaatnya.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh mahasiswa baru. Para mahasiswa baru memperdalam sesi sharing kali ini dengan bertanya hal-hal mengenai teknologi, kecerdasan buatan, maupun kewirausahaan.

Sesi sharing yang diadakan oleh Pionir Pascal 2024 menunjukkan implementasi dari SDGs poin 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Dengan menghadirkan alumnus, para mahasiswa baru diberikan kesempatan untuk lebih memahami kehidupan perkuliahan serta dunia kerja. Para mahasiswa baru diharapkan menjadi lebih siap, baik dalam menjalani perkuliahan, maupun dalam menetapkan tujuan setelah lulus dari FMIPA UGM. Harapannya, FMIPA UGM tidak hanya menciptakan lulusan yang pintar secara akademik, tetapi juga dapat menciptakan lulusan yang bermanfaat dalam berbagai bidang.

Penulis: Azzah Nurfatin
Foto: Panitia Pionir Pascal 2024
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate