Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Juli 15, 2024

Inovasi TIM PKM-K UGM Ciptakan Aromatic Book Sebagai Metode Belajar Memory Calling dan Anti Stres

Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) merupakan salah satu bidang PKM yang mendorong kreativitas mahasiswa untuk menciptakan ide kreatif produk berupa barang ataupun jasa. Melalui program ini, 5 mahasiswa Universitas Gadjah Mada yakni Chiara Aura Fajrin (S1-Kimia angkatan 2022), Afiandina Sukma (S1-Kimia angkatan 2022), Ulfah Zain Latifah (S1-Kimia angkatan 2022), Elgita Kisti Cahyani (S1-Statistika angkatan 2022), dan Riyani Ayu Lestari (S1-Farmasi angkatan 2022) menciptakan inovasi produk berupa Aromatic Book (Arobook) yang dapat merangsang ingatan dan memberikan efek anti stres bagi pelajar.

Aromatic Book sendiri merupakan alat pembelajaran yang efektif untuk membantu pelajar dalam meningkatkan kemampuan mengingat dan mempertahankan materi pembelajaran yang mereka dapatkan,” ujar Riyani dalam wawancara di Kampus UGM, Minggu (7/7).

Riyani mewakili tim menjelaskan bahwa inovasi mereka dilatarbelakangi oleh keluhan para pelajar yang dituntut untuk memahami dan menghafalkan berbagai materi pelajaran dalam waktu yang singkat. Berangkat dari hal tersebut, mereka terpacu untuk melakukan penelitian dan menciptakan Aromatic Book yang dirancang untuk memunculkan efek memory calling yang dapat mengubah ingatan jangka pendek (short-term memory) menjadi ingatan jangka panjang (long-term memory), serta mengurangi stres saat belajar. Aromatik yang dihasilkan berasal dari essential oil lavender dan lemon kering yang kemudian diintegrasikan ke dalam kertas-kertas yang disusun. Aroma tersebut akan memicu gelombang theta yang berperan besar dalam fungsi memori otak.

Afiandina menambahkan produk yang mereka hasilkan tak hanya membantu proses belajar melalui memory calling, tetapi juga menjadi metode belajar baru karena buku tersebut dilengkapi dengan teknik Cornell di setiap halamannya. Teknik Cornell didesain dalam bentuk sketsa khusus untuk memudahkan pelajar dalam proses pembelajaran seperti merangkum materi.

Menariknya, buku ini tidak hanya disusun oleh kertas biasa, tetapi juga terdiri atas kertas yang dihasilkan dari daur ulang kulit jagung. Meskipun sempat mengalami kesulitan dalam mengolah limbah tersebut menjadi kertas yang bermanfaat, tim ini telah berhasil mencetak beberapa buku yang didesain dalam bentuk hardcover. Bahkan, saat ini progres pengembangan produk telah sampai pada proses pemasaran pre-order yang dijual dengan harga sebesar Rp25.000,00 dengan dua varian aroma yakni lavender dan lemon.

Melalui pengembangan inovasi ini, mereka telah berperan mendorong peningkatan kualitas belajar siswa, sekaligus mengurangi limbah kulit jagung dan mendorong peluang usaha baru bagi para pedagang maupun petani jagung. Hal ini selaras dengan dengan SDGs poin 4 (Pendidikan Berkualitas) yaitu pendidikan untuk berkelanjutan, poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) terkait kreativitas dan inovasi, serta poin 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan) yaitu kewirausahaan dan teknologi ramah lingkungan.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Foto: Tim PKM-K Aroobook
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Tim PKM – KC Ciptakan ‘Aether’ Solusi Atasi Polusi Udara Industri

Dampak negatif industri makin terasa terhadap lingkungan dengan penunjukan angka peningkatan polusi udara di Indonesia termasuk di Kota Yogyakarta. Pada data tersebut angka polusi udara melebihi pedoman batas WHO, dengan indeks peningkatan polusi Yogyakarta berada di 23 μg/m3 hingga 36 μg/m3.

Dari permasalahan di atas, tim Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada memberikan solusi berupa penciptaan alat ‘Aether’. Aether merupakan hasil riset dan inovasi untuk mengatasi polusi udara industri yang dampak negatifnya dapat merusak kesehatan dan lingkungan.

“Tim kami sudah melakukan pengujian dan pengembangan prototype Aether dari 4 bulan terakhir. Uji coba ini dilakukan di Laboratorium Desain dan Pengembangan Produk DTMI UGM, Laboratorium Kimia Anorganik FMIPA UGM, dan TPS3R Grahakara Grafika Fakultas Teknik UGM,” terang Dzaky, selaku perwakilan dari Tim PKM-KC Smart Filter Industri pada wawancara daring, Senin (8/7).

Dr. Eng. Ir. Herianto, S.T., M.Eng., IPU., ASEAN Eng. Sebagai dosen pembimbing menjadi pembimbing tim yang beranggotakan mahasiswa dari Program Studi Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Industri, Kimia, dan Sekolah Vokasi Teknik Rekayasa Perangkat Lunak. Tim berkolaborasi untuk menciptakan alat ‘Aether’ dengan harapan alat ini dapat diterapkan secara luas di berbagai industri secara efektif mengurangi polusi udara, meningkatkan kualitas udara, dan membantu mencapai standar lingkungan yang lebih tinggi.

Dari alat ‘Aether’ ini juga bisa membuka peluang budidaya tanaman Jatropha Multifida Linn yang bisa digunakan sebagai media utama pada adsorben Aether. Mereka berharap inkubasi program yang mereka buat dapat disebarkan lebih luas dengan monitoring dari Tim PKM-KC Smart Filter Industri. Hal ini dikarenakan adanya penyesuaian bahan yang digunakan pada alat ‘Aether’ ini yang dilihat dari jenis gas buang utama dari cerobong industri serta suhu kerja sehingga dapat bekerja secara optimal dalam menjalankan fungsinya.

“Untuk saat ini tim kami hanya menjual produk saja. Walaupun nanti kami ada rencana untuk memperjual belikan alatnya dengan syarat hak cipta masih tetap di bawah naungan tim kami,” ujar Dzaky, selaku perwakilan dari Tim PKM-KC Smart Filter Industri pada wawancara online, Senin (8/7).

Dengan penggunaan teknologi IoT dan AI, ‘Aether’ diharapkan dapat memberikan pemantauan yang real-time, peringatan dini, pemeliharaan yang lebih efisien, serta peluang komersialisasi dan penerapan secara luas di sektor industri sehingga mampu menurunkan emisi gas rumah kaca dengan memfilter gas buang pada cerobong asap. Penelitian oleh Tim PKM-KC Smart Filter Industri ini turut mengimplementasikan nilai SDGs poin 7 yaitu Energi Bersih dan Berkelanjutan dengan tujuan pembuatan alat ‘Aether’ untuk mengatasi polusi udara industri.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Foto: Tim PKMKC Smart Filter Industri
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Incar Senam Hingga Sarapan Gratis, Mahasiswa Ramaikan Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM

Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM telah digelar pada hari Jumat, 12 Juli 2024. Serangkaian acara yang meliputi pembukaan acara, senam, sarapan, pembagian doorprize, hingga cek kesehatan diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta, termasuk mahasiswa yang turut meramaikan momen acara tersebut.

“Saya datang ke Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM karena sangat ingin mengikuti kegiatan senam yang diadakan,” papar Ridha Yatul Jannah, mahasiswa S1 Matematika UGM. Ridha menjelaskan bahwa ia memang menyukai senam. Bahkan, ia pernah mendapatkan juara 3 dalam perlombaan senam tingkat kabupaten. Ridha juga menjelaskan bahwa sudah lama ia tidak senam akhir-akhir ini sehingga ketika ada kesempatan untuk senam, tanpa pikir panjang ia langsung datang.

“Kalau saya datang ke Pembukaan Dies Natalis karena diajak teman dan tergiur dengan senam gratis, makan gratis, serta cek kesehatan gratis,” terang Muliana Setyarini, mahasiswa S1 Matematika UGM. Ia menambahkan bahwa senam yang ia temui biasanya tidak gratis. Salah satu contoh senam tidak gratis yang ia temui, yaitu senam yang diadakan oleh ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Selain alasan kedua mahasiswa tersebut, terdapat beberapa mahasiswa yang datang untuk menikmati sarapan gratis yang disediakan. Sebagai anak rantau, momen-momen seperti ini menjadi incaran mahasiswa karena mereka dapat memperoleh makanan dengan nutrisi yang cukup tanpa mengeluarkan uang.

Beberapa mahasiswa juga dikejutkan dengan adanya pembagian dooorprize. Berbagai ekspresi terkejut dan bahagia menghiasi wajah para mahasiswa saat nama mereka disebut untuk pengambilan doorprize.

Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM ditutup dengan kegiatan cek kesehatan gratis. Beberapa mahasiswa terlihat antusias saat melakukan pengecekan kesehatan gratis dengan mengularnya antreannya di lokasi pendaftaran pengecekan kesehatan. Alasannya beragam, baik karena merupakan pengalaman pertama maupun karena diselenggarakan secara gratis sehingga tidak perlu merogoh kocek seperti saat melakukan pengecekan kesehatan di puskesmas.

Alasan mahasiswa untuk meramaikan Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM telah menunjukkan implementasi dari SDGs poin 2, yaitu Tanpa Kelaparan. Para mahasiswa yang berbondong-bondong mengantri sarapan gratis mengimplementasikan bahwa secara tidak langsung kampus telah mendukung para mahasiswa untuk bertahan hidup dan mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu, Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM juga mengimplementasikan SDGs poin 3, yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera yang didukung dengan kegiatan senam bersama dan pengecekan kesehatan secara gratis. Dengan adanya kedua kegiatan tersebut, para mahasiswa dapat meningkatkan kebugaran tubuhnya sekaligus mengecek kondisi tubuhnya sehingga dapat mencegah kemunculan penyakit pada diri masing-masing serta meningkatkan kualitas hidupnya dalam menempuh studi di FMIPA UGM.

Penulis: Azzah Nurfatin
Foto: Hero Prakosa
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Dorong Hilirisasi Produk Teknologi, FMIPA UGM Kembangkan Drone Berbasis Sensor

Dalam upaya luar biasa untuk mendorong hilirisasi produk-produk teknologi demi mewujudkan kemandirian teknologi bangsa Indonesia, FMIPA UGM mengembangkan berbagai inovasi. Salah satunya adalah drone berbasis sensor. Teknologi tersebut diperkenalkan dalam pembukaan Dies Natalis ke-69 pada Jumat (12/7) sebagai bukti konkret mewujudkan cita-cita besar FMIPA UGM yang tertuang dalam tema Dies Natalis ke-69 yakni Inovasi untuk Hilirisasi: Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsa Indonesia.

“Berbeda dari drone biasanya, drone ini diintegrasikan dengan berbagai sensor. Seperti sensor udara dan sensor magnetik dengan kemampuan mengangkat beban hingga  mencapai 10 kg,” ujar Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si.,M.Si., selaku Ketua Acara Dies Natalis FMIPA UGM sekaligus Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Kerja Sama.

Inovasi ini merupakan kolaborasi FMIPA UGM dengan Upstream Research & Technology Innovation (URTI) Pertamina dan melibatkan kontribusi dari mahasiswa Program Studi Elektronika dan Instrumentasi serta mahasiswa Geofisika FMIPA UGM.

style=”text-align: justify;”>Pengembangan inovasi ini ditujukan agar dapat menggantikan peran manusia dalam melakukan survey di lokasi yang berbahaya atau sulit dijangkau seperti hutan lebat, pegunungan, atau daerah dengan kondisi cuaca ekstrem sehingga mampu mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan kerja. Selain itu, drone yang dilengkapi berbagai sensor ini juga mampu mengumpulkan data yang lebih akurat dan detail dibandingkan dengan survey konvensional yang dilakukan secara langsung oleh manusia.

Saat ini, inovasi tersebut akan terus dikembangkan melalui pengintegrasian berbagai jenis sensor untuk memperluas potensi penerapannya. Harapannya, pengimplementasian teknologi akan meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keselamatan dalam proses survey dan eksplorasi, serta pemetaan potensi tambang, panas bumi dan sumber daya alam lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, hadirnya FMIPA UGM sebagai garda depan dalam mendorong hilirisasi teknologi menjadi cerminan dalam perwujudan SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas pada aspek pendidikan untuk keberlanjutan melalui peluang riset dan studi kepada mahasiswa dan civitas akademika untuk berperan dalam pengembangan teknologi. Dikembangkannya teknologi ini juga menjadi bukti konkret FMIPA UGM dalam mewujudkan SDGs poin nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Insfrastruktur yang mendorong semangat berinovasi dan menghilirisasi teknologi untuk kemandirian teknologi bangsa Indonesia. Selain itu, jalinan kolaborasi yang dibangun oleh FMIPA UGM juga menjadi bukti konkret dalam memperkuat kemitraan untuk mencapai tujuan di bidang pendidikan maupun teknologi sesuai poin 17 SDGs.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Membedah Tema Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM, Inovasi untuk Hilirisasi: Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsa Indonesia

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) merayakan Dies Natalis ke-69 dengan tema “Inovasi untuk Hilirisasi: Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsa Indonesia” pada tanggal 12 Juli 2024. Acara ini menyoroti pentingnya inovasi dalam keilmuan MIPA untuk mendukung hilirisasi produk-produk teknologi yang dapat bermanfaat langsung bagi masyarakat dan memajukan bangsa.

Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si., selaku Ketua Dies Natalis FMIPA ke-69, dalam sambutannya menjelaskan maksud tema yang diangkat.

“Tema ini diambil karena FMIPA UGM berkomitmen untuk mengubah hasil riset menjadi produk yang dapat diterapkan langsung oleh masyarakat, baik berupa alat, aplikasi, jasa, maupun konsultasi. Kami ingin mengangkat citra FMIPA yang selama ini dianggap kurang populer di Indonesia, dan menunjukkan bahwa keilmuan MIPA sangat penting untuk membangun pondasi keilmuan yang kuat bagi Indonesia Emas 2045,” papar Dr. Wiwit.

Dr. Wiwit menyoroti tantangan internal dan eksternal dalam mengimplementasikan misi hilirisasi. Tantangan internal mencakup mindset civitas akademika yang masih melihat MIPA sebagai ilmu murni sehingga aplikasi dan implementasi belum disorot secara signifikan pengaplikasiannya di masyarakat. FMIPA UGM sedang berupaya mengubah pandangan ini agar civitas akademika semakin terbuka dan mampu berkolaborasi serta bersaing untuk mewujudkan hilirisasi dalam pemanfaatan kemajuan teknologi. Selain itu, terdapat tantangan eksternal terkait dengan pemasaran produk inovasi sehingga penting untuk memahami karakteristik pasar agar produk dapat diterima dan digunakan dalam industri.

Dalam upaya mewujudkan hilirisasi, FMIPA UGM telah membangun infrastruktur riset dan bekerja sama dengan mitra industri. Salah satunya dengan PERTAMINA Hulu Energi melalui program Kolaborasi Riset. FMIPA juga mendirikan Career Center sebagai wadah pengembangan mindset bisnis dan pemasaran bagi produk hasil riset tersebut.

Tema “Inovasi untuk Hilirisasi: Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsa Indonesia” sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur. Tema ini mencerminkan visi untuk memperkuat kapasitas teknologi dan riset dalam negeri, mendorong inovasi, serta memfasilitasi pembangunan industri yang berkelanjutan. Selain itu, tema ini juga mendukung SDG 4: Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan kualitas pendidikan dan riset di FMIPA, mahasiswa dan civitas akademika dapat lebih berperan aktif dalam pembangunan teknologi bangsa. Terakhir, tema ini mendukung SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk industri untuk mewujudkan hilirisasi teknologi dan inovasi. Besar harapan FMIPA UGM untuk dapat memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa melalui pengembangan dan hilirisasi teknologi berbasis keilmuan MIPA.

Penulis : Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi : Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Pembukaan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69

Dalam rangka memperingati Dies Natalis FMIPA UGM ke-69, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan. Pada pembukaan Dies Natalis Jumat, 12 Juli 2024 yang bertepatan di Fakultas MIPA ini memiliki rangkaian kegiatan yaitu Pembukaan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69, senam bersama, sambutan ketua panitia Dies Natalis ke-69, Persembahan Tari Nuswantara, Sambutan Dekan Fakultas MIPA UGM, Pemotongan Tumpeng, Doa Bersama, Sarapan, Pembagian Doorprize, dan Penutup Dies Natalis FMIPA UGM ke-69.

Tema pada Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 ini mengangkat ‘Inovasi untuk Hilirisasi: Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsa Indonesia’. Pada pembukaan acara ini ditandai dengan pengibaran bendera Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 menggunakan drone karya mahasiswa Fakultas MIPA UGM. Hasil inovasi ini menghasilkan Drone UAV yang dinamai Aurelia UGM, drone ini hasil kerjasama dengan riset inovasi dan riset teknologi Pertamina yang didalamnya terdapat sensor magnetik untuk pemetaan medan magnetik di permukaan bumi dalam eksplorasi minyak maupun panas bumi. Tidak hanya itu, acara ini juga diisi dengan kegiatan senam pagi dan Pos Pembinaan Kesehatan Terpadu (POSBINDU) yang diramaikan oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

“Dalam rangka sebagai pengantar pembukaan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69, tema yang diangkat hampir mirip dengan tema tahun sebelumnya. Pada 2 hari yang lalu saya mengikuti kegiatan kunjungan manajemen, manajer eksplorasi dari Kepulauan Bangka tempatnya memang sangat jauh tapi sangat indah. Di sana, mencoba untuk menerapkan satu inovasi yang baru yaitu memanfaatkan sinyal dari aktivitas di permukaan bumi untuk bisa tau memotret didalam bumi,” papar Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si. dalam sambutan pembukaan Dies Natalis FMIPA ke-69, Jumat (12/7).

Selain itu Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si. juga memperkenalkan soal immersion program yang merupakan sebuah kegiatan untuk memperkenalkan suasana akademik di Fakultas MIPA UGM kepada pelajar sekolah. Program ini bekerja sama juga dengan Taiwan Center  dengan memberikan kesempatan kepada pelajar sekolah seperti seolah-olah menjadi mahasiswa.

Selain itu, Dekan Fakultas MIPA UGM memaparkan terkait keinginan memulai karya-karya inovasi mencapai jurnal internasional, dari publikasi menjadi hilirisasi.

“Walaupun produk kita harganya satu per tiga dari produk internasional, namun untuk saat ini berencana unutk memulai produk hilirisasi melalui program hilirisasi jalur industri. Scaling up dari laboratorium menjadi pre-mass production dengan mendirikan Spin Off Company. Fungsi dari perusahaan Spin Off ini sebagai akselerator dan inkubator. Saat ini Fakultas MIPA sudah mendapatkan support dari lima investor. Sehingga Fakultas MIPA akan fokus pada riset-riset, dan perusahaan Spin Off ini sudah berdiri dan tinggal dijalani dan akan dikembangkan menjadi bisnis yang tepat,” terang Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si dalam sambutan pembukaan Dies Natalis FMIPA ke-69, Jumat (12/7).

Acara ini dibuka oleh Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si. dan Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si, dengan pengibaran bendera menggunakan drone hasil inovasi mahasiswa untuk eksplorasi sumber daya. FMIPA juga mendirikan Spin Off Company untuk mendukung hilirisasi produk dengan dukungan 5 investor. Implementasi SDGs yang dirasakan dari acara Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 ini mencangkup SDGs poin 4 yaitu pendidikan untuk berkelanjutan dengan mendirikan Spin Off Company untuk menunjang fasilitas di FMIPA UGM, SDGs poin 7 yaitu energi terjangkau dan energi alternatif, SDGs poin 9 yaitu inovasi yang dilakukan mahasiswa FMIPA UGM menciptakan ‘Drone UAV’, SDGs poin 11 yaitu kota dan permukiman yang berkelanjutan dari inovasi ‘Drone UAV’ yang bisa dirasakan kegunaanya, dan SDGs poin 17 yaitu mendorong inovasi dan teknologi ramah lingkungan.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Edito: Febriska Noor Fitriana

Read More

Tingkatkan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar, Mahasiswa FMIPA UGM Manfaatkan Limbah Kayu

Kemampuan memahami Matematika merupakan salah satu kemampuan yang penting dan dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, pada kenyataannya, masih banyak siswa Indonesia terutama di jenjang sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam memahami Matematika. Hal ini juga terjadi di SD Negeri 2 Terong yang memperoleh nilai masih cukup rendah pada Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) Matematika.

“Berdasarkan hasil survei, kami menemukan salah satu penyebab rendahnya pemahaman siswa terhadap Matematika di SD Negeri 2 Terong adalah karena media pembelajaran yang kurang menarik dan monoton,” ungkap Tiara Fatihah Kusumaningtyas selaku ketua tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Mathematics Arithmetic (Mathric).

Selain itu, dirinya juga menemukan potensi limbah serbuk kayu di sekitar SD Negeri 2 Terong yang belum termanfaatkan pada bidang pendidikan. Oleh karena itu, Tiara dan timnya merancang Mathric sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Matematika.

Tim PKM-PM yang beranggotakan Hanum Sekar, Iin Nauli Rahmawati, Lailatun Nasikhah, dan Pelangi Jingga Putria Risna Maulana merancang program Mathric sedemikian rupa agar dapat mengatasi permasalahan di SD Negeri 2 Terong. Titik berat program ini ada pada pembuatan alat peraga, praktik pembelajaran, dan training of trainer.

Pada pembuatan alat peraga yang memanfaatkan limbah serbuk kayu sebagai bahan utama, para siswa turut dilibatkan. Setelah alat peraga selesai dibuat, para siswa diberi praktik pembelajaran dengan misi-misi yang menarik. Di lain sisi, training of trainer bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru di SD Negeri 2 Terong dalam pembuatan animation learning video agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih menarik.

Pengabdian Tim PKM-PM Mathric pada SD Negeri 2 Terong menunjukkan implementasi dari SDGs poin 4 dan 17, yaitu Pendidikan Berkualitas dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Hal ini terlihat dari usaha peningkatan kualitas pendidikan dasar di SD Negeri 2 Terong sebagai mitra.

Selanjutnya, penggunaan limbah serbuk kayu sebagai bahan utama pembuatan alat peraga menunjukkan wujud nyata dari SDGs poin 12 dan 15, yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab serta Ekosistem Daratan. Dengan adanya pengelolaan limbah berupa serbuk kayu, beban terhadap hutan dapat berkurang sehingga perlindungan lingkungan dapat direalisasikan. Harapannya, inovasi dari Tim PKM-PM Mathric dapat meningkatkan pemahaman Matematika di SD Negeri 2 Terong dan dapat memotivasi masyarakat lainnya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Matematika dengan memanfaatkan limbah yang ada.

Penulis: Azzah Nurfatin
Foto: Tim PKM-PM Mathric
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Inovasi TIM PKM-K UGM Ciptakan Aromatic Book Sebagai Metode Belajar Memory Calling dan Anti Stres

Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) merupakan salah satu bidang PKM yang mendorong kreativitas mahasiswa untuk menciptakan ide kreatif produk berupa barang ataupun jasa. Melalui program ini, 5 mahasiswa Universitas Gadjah Mada yakni Chiara Aura Fajrin (S1-Kimia angkatan 2022), Afiandina Sukma (S1-Kimia angkatan 2022), Ulfah Zain Latifah (S1-Kimia angkatan 2022), Elgita Kisti Cahyani (S1-Statistika angkatan 2022), dan Riyani Ayu Lestari (S1-Farmasi angkatan 2022) menciptakan inovasi produk berupa Aromatic Book (Arobook) yang dapat merangsang ingatan dan memberikan efek anti stres bagi pelajar.

Aromatic Book sendiri merupakan alat pembelajaran yang efektif untuk membantu pelajar dalam meningkatkan kemampuan mengingat dan mempertahankan materi pembelajaran yang mereka dapatkan,” ujar Riyani dalam wawancara di Kampus UGM, Minggu (7/7).

Riyani mewakili tim menjelaskan bahwa inovasi mereka dilatarbelakangi oleh keluhan para pelajar yang dituntut untuk memahami dan menghafalkan berbagai materi pelajaran dalam waktu yang singkat. Berangkat dari hal tersebut, mereka terpacu untuk melakukan penelitian dan menciptakan Aromatic Book yang dirancang untuk memunculkan efek memory calling yang dapat mengubah ingatan jangka pendek (short-term memory) menjadi ingatan jangka panjang (long-term memory), serta mengurangi stres saat belajar. Aromatik yang dihasilkan berasal dari essential oil lavender dan lemon kering yang kemudian diintegrasikan ke dalam kertas-kertas yang disusun. Aroma tersebut akan memicu gelombang theta yang berperan besar dalam fungsi memori otak.

Afiandina menambahkan produk yang mereka hasilkan tak hanya membantu proses belajar melalui memory calling, tetapi juga menjadi metode belajar baru karena buku tersebut dilengkapi dengan teknik Cornell di setiap halamannya. Teknik Cornell didesain dalam bentuk sketsa khusus untuk memudahkan pelajar dalam proses pembelajaran seperti merangkum materi.

Menariknya, buku ini tidak hanya disusun oleh kertas biasa, tetapi juga terdiri atas kertas yang dihasilkan dari daur ulang kulit jagung. Meskipun sempat mengalami kesulitan dalam mengolah limbah tersebut menjadi kertas yang bermanfaat, tim ini telah berhasil mencetak beberapa buku yang didesain dalam bentuk hardcover. Bahkan, saat ini progres pengembangan produk telah sampai pada proses pemasaran pre-order yang dijual dengan harga sebesar Rp25.000,00 dengan dua varian aroma yakni lavender dan lemon.

Melalui pengembangan inovasi ini, mereka telah berperan mendorong peningkatan kualitas belajar siswa, sekaligus mengurangi limbah kulit jagung dan mendorong peluang usaha baru bagi para pedagang maupun petani jagung. Hal ini selaras dengan dengan SDGs poin 4 (Pendidikan Berkualitas) yaitu pendidikan untuk berkelanjutan, poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) terkait kreativitas dan inovasi, serta poin 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan) yaitu kewirausahaan dan teknologi ramah lingkungan.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Foto: Tim PKM-K Aroobook
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Tim PKM – KC Ciptakan ‘Aether’ Solusi Atasi Polusi Udara Industri

Dampak negatif industri makin terasa terhadap lingkungan dengan penunjukan angka peningkatan polusi udara di Indonesia termasuk di Kota Yogyakarta. Pada data tersebut angka polusi udara melebihi pedoman batas WHO, dengan indeks peningkatan polusi Yogyakarta berada di 23 μg/m3 hingga 36 μg/m3.

Dari permasalahan di atas, tim Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada memberikan solusi berupa penciptaan alat ‘Aether’. Aether merupakan hasil riset dan inovasi untuk mengatasi polusi udara industri yang dampak negatifnya dapat merusak kesehatan dan lingkungan.

“Tim kami sudah melakukan pengujian dan pengembangan prototype Aether dari 4 bulan terakhir. Uji coba ini dilakukan di Laboratorium Desain dan Pengembangan Produk DTMI UGM, Laboratorium Kimia Anorganik FMIPA UGM, dan TPS3R Grahakara Grafika Fakultas Teknik UGM,” terang Dzaky, selaku perwakilan dari Tim PKM-KC Smart Filter Industri pada wawancara daring, Senin (8/7).

Dr. Eng. Ir. Herianto, S.T., M.Eng., IPU., ASEAN Eng. Sebagai dosen pembimbing menjadi pembimbing tim yang beranggotakan mahasiswa dari Program Studi Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Industri, Kimia, dan Sekolah Vokasi Teknik Rekayasa Perangkat Lunak. Tim berkolaborasi untuk menciptakan alat ‘Aether’ dengan harapan alat ini dapat diterapkan secara luas di berbagai industri secara efektif mengurangi polusi udara, meningkatkan kualitas udara, dan membantu mencapai standar lingkungan yang lebih tinggi.

Dari alat ‘Aether’ ini juga bisa membuka peluang budidaya tanaman Jatropha Multifida Linn yang bisa digunakan sebagai media utama pada adsorben Aether. Mereka berharap inkubasi program yang mereka buat dapat disebarkan lebih luas dengan monitoring dari Tim PKM-KC Smart Filter Industri. Hal ini dikarenakan adanya penyesuaian bahan yang digunakan pada alat ‘Aether’ ini yang dilihat dari jenis gas buang utama dari cerobong industri serta suhu kerja sehingga dapat bekerja secara optimal dalam menjalankan fungsinya.

“Untuk saat ini tim kami hanya menjual produk saja. Walaupun nanti kami ada rencana untuk memperjual belikan alatnya dengan syarat hak cipta masih tetap di bawah naungan tim kami,” ujar Dzaky, selaku perwakilan dari Tim PKM-KC Smart Filter Industri pada wawancara online, Senin (8/7).

Dengan penggunaan teknologi IoT dan AI, ‘Aether’ diharapkan dapat memberikan pemantauan yang real-time, peringatan dini, pemeliharaan yang lebih efisien, serta peluang komersialisasi dan penerapan secara luas di sektor industri sehingga mampu menurunkan emisi gas rumah kaca dengan memfilter gas buang pada cerobong asap. Penelitian oleh Tim PKM-KC Smart Filter Industri ini turut mengimplementasikan nilai SDGs poin 7 yaitu Energi Bersih dan Berkelanjutan dengan tujuan pembuatan alat ‘Aether’ untuk mengatasi polusi udara industri.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Foto: Tim PKMKC Smart Filter Industri
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Incar Senam Hingga Sarapan Gratis, Mahasiswa Ramaikan Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM

Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM telah digelar pada hari Jumat, 12 Juli 2024. Serangkaian acara yang meliputi pembukaan acara, senam, sarapan, pembagian doorprize, hingga cek kesehatan diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta, termasuk mahasiswa yang turut meramaikan momen acara tersebut.

“Saya datang ke Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM karena sangat ingin mengikuti kegiatan senam yang diadakan,” papar Ridha Yatul Jannah, mahasiswa S1 Matematika UGM. Ridha menjelaskan bahwa ia memang menyukai senam. Bahkan, ia pernah mendapatkan juara 3 dalam perlombaan senam tingkat kabupaten. Ridha juga menjelaskan bahwa sudah lama ia tidak senam akhir-akhir ini sehingga ketika ada kesempatan untuk senam, tanpa pikir panjang ia langsung datang.

“Kalau saya datang ke Pembukaan Dies Natalis karena diajak teman dan tergiur dengan senam gratis, makan gratis, serta cek kesehatan gratis,” terang Muliana Setyarini, mahasiswa S1 Matematika UGM. Ia menambahkan bahwa senam yang ia temui biasanya tidak gratis. Salah satu contoh senam tidak gratis yang ia temui, yaitu senam yang diadakan oleh ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Selain alasan kedua mahasiswa tersebut, terdapat beberapa mahasiswa yang datang untuk menikmati sarapan gratis yang disediakan. Sebagai anak rantau, momen-momen seperti ini menjadi incaran mahasiswa karena mereka dapat memperoleh makanan dengan nutrisi yang cukup tanpa mengeluarkan uang.

Beberapa mahasiswa juga dikejutkan dengan adanya pembagian dooorprize. Berbagai ekspresi terkejut dan bahagia menghiasi wajah para mahasiswa saat nama mereka disebut untuk pengambilan doorprize.

Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM ditutup dengan kegiatan cek kesehatan gratis. Beberapa mahasiswa terlihat antusias saat melakukan pengecekan kesehatan gratis dengan mengularnya antreannya di lokasi pendaftaran pengecekan kesehatan. Alasannya beragam, baik karena merupakan pengalaman pertama maupun karena diselenggarakan secara gratis sehingga tidak perlu merogoh kocek seperti saat melakukan pengecekan kesehatan di puskesmas.

Alasan mahasiswa untuk meramaikan Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM telah menunjukkan implementasi dari SDGs poin 2, yaitu Tanpa Kelaparan. Para mahasiswa yang berbondong-bondong mengantri sarapan gratis mengimplementasikan bahwa secara tidak langsung kampus telah mendukung para mahasiswa untuk bertahan hidup dan mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu, Pembukaan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM juga mengimplementasikan SDGs poin 3, yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera yang didukung dengan kegiatan senam bersama dan pengecekan kesehatan secara gratis. Dengan adanya kedua kegiatan tersebut, para mahasiswa dapat meningkatkan kebugaran tubuhnya sekaligus mengecek kondisi tubuhnya sehingga dapat mencegah kemunculan penyakit pada diri masing-masing serta meningkatkan kualitas hidupnya dalam menempuh studi di FMIPA UGM.

Penulis: Azzah Nurfatin
Foto: Hero Prakosa
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Dorong Hilirisasi Produk Teknologi, FMIPA UGM Kembangkan Drone Berbasis Sensor

Dalam upaya luar biasa untuk mendorong hilirisasi produk-produk teknologi demi mewujudkan kemandirian teknologi bangsa Indonesia, FMIPA UGM mengembangkan berbagai inovasi. Salah satunya adalah drone berbasis sensor. Teknologi tersebut diperkenalkan dalam pembukaan Dies Natalis ke-69 pada Jumat (12/7) sebagai bukti konkret mewujudkan cita-cita besar FMIPA UGM yang tertuang dalam tema Dies Natalis ke-69 yakni Inovasi untuk Hilirisasi: Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsa Indonesia.

“Berbeda dari drone biasanya, drone ini diintegrasikan dengan berbagai sensor. Seperti sensor udara dan sensor magnetik dengan kemampuan mengangkat beban hingga  mencapai 10 kg,” ujar Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si.,M.Si., selaku Ketua Acara Dies Natalis FMIPA UGM sekaligus Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Kerja Sama.

Inovasi ini merupakan kolaborasi FMIPA UGM dengan Upstream Research & Technology Innovation (URTI) Pertamina dan melibatkan kontribusi dari mahasiswa Program Studi Elektronika dan Instrumentasi serta mahasiswa Geofisika FMIPA UGM.

style=”text-align: justify;”>Pengembangan inovasi ini ditujukan agar dapat menggantikan peran manusia dalam melakukan survey di lokasi yang berbahaya atau sulit dijangkau seperti hutan lebat, pegunungan, atau daerah dengan kondisi cuaca ekstrem sehingga mampu mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan kerja. Selain itu, drone yang dilengkapi berbagai sensor ini juga mampu mengumpulkan data yang lebih akurat dan detail dibandingkan dengan survey konvensional yang dilakukan secara langsung oleh manusia.

Saat ini, inovasi tersebut akan terus dikembangkan melalui pengintegrasian berbagai jenis sensor untuk memperluas potensi penerapannya. Harapannya, pengimplementasian teknologi akan meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keselamatan dalam proses survey dan eksplorasi, serta pemetaan potensi tambang, panas bumi dan sumber daya alam lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, hadirnya FMIPA UGM sebagai garda depan dalam mendorong hilirisasi teknologi menjadi cerminan dalam perwujudan SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas pada aspek pendidikan untuk keberlanjutan melalui peluang riset dan studi kepada mahasiswa dan civitas akademika untuk berperan dalam pengembangan teknologi. Dikembangkannya teknologi ini juga menjadi bukti konkret FMIPA UGM dalam mewujudkan SDGs poin nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Insfrastruktur yang mendorong semangat berinovasi dan menghilirisasi teknologi untuk kemandirian teknologi bangsa Indonesia. Selain itu, jalinan kolaborasi yang dibangun oleh FMIPA UGM juga menjadi bukti konkret dalam memperkuat kemitraan untuk mencapai tujuan di bidang pendidikan maupun teknologi sesuai poin 17 SDGs.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Membedah Tema Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM, Inovasi untuk Hilirisasi: Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsa Indonesia

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) merayakan Dies Natalis ke-69 dengan tema “Inovasi untuk Hilirisasi: Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsa Indonesia” pada tanggal 12 Juli 2024. Acara ini menyoroti pentingnya inovasi dalam keilmuan MIPA untuk mendukung hilirisasi produk-produk teknologi yang dapat bermanfaat langsung bagi masyarakat dan memajukan bangsa.

Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si., selaku Ketua Dies Natalis FMIPA ke-69, dalam sambutannya menjelaskan maksud tema yang diangkat.

“Tema ini diambil karena FMIPA UGM berkomitmen untuk mengubah hasil riset menjadi produk yang dapat diterapkan langsung oleh masyarakat, baik berupa alat, aplikasi, jasa, maupun konsultasi. Kami ingin mengangkat citra FMIPA yang selama ini dianggap kurang populer di Indonesia, dan menunjukkan bahwa keilmuan MIPA sangat penting untuk membangun pondasi keilmuan yang kuat bagi Indonesia Emas 2045,” papar Dr. Wiwit.

Dr. Wiwit menyoroti tantangan internal dan eksternal dalam mengimplementasikan misi hilirisasi. Tantangan internal mencakup mindset civitas akademika yang masih melihat MIPA sebagai ilmu murni sehingga aplikasi dan implementasi belum disorot secara signifikan pengaplikasiannya di masyarakat. FMIPA UGM sedang berupaya mengubah pandangan ini agar civitas akademika semakin terbuka dan mampu berkolaborasi serta bersaing untuk mewujudkan hilirisasi dalam pemanfaatan kemajuan teknologi. Selain itu, terdapat tantangan eksternal terkait dengan pemasaran produk inovasi sehingga penting untuk memahami karakteristik pasar agar produk dapat diterima dan digunakan dalam industri.

Dalam upaya mewujudkan hilirisasi, FMIPA UGM telah membangun infrastruktur riset dan bekerja sama dengan mitra industri. Salah satunya dengan PERTAMINA Hulu Energi melalui program Kolaborasi Riset. FMIPA juga mendirikan Career Center sebagai wadah pengembangan mindset bisnis dan pemasaran bagi produk hasil riset tersebut.

Tema “Inovasi untuk Hilirisasi: Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsa Indonesia” sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur. Tema ini mencerminkan visi untuk memperkuat kapasitas teknologi dan riset dalam negeri, mendorong inovasi, serta memfasilitasi pembangunan industri yang berkelanjutan. Selain itu, tema ini juga mendukung SDG 4: Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan kualitas pendidikan dan riset di FMIPA, mahasiswa dan civitas akademika dapat lebih berperan aktif dalam pembangunan teknologi bangsa. Terakhir, tema ini mendukung SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk industri untuk mewujudkan hilirisasi teknologi dan inovasi. Besar harapan FMIPA UGM untuk dapat memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa melalui pengembangan dan hilirisasi teknologi berbasis keilmuan MIPA.

Penulis : Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi : Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Pembukaan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69

Dalam rangka memperingati Dies Natalis FMIPA UGM ke-69, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan. Pada pembukaan Dies Natalis Jumat, 12 Juli 2024 yang bertepatan di Fakultas MIPA ini memiliki rangkaian kegiatan yaitu Pembukaan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69, senam bersama, sambutan ketua panitia Dies Natalis ke-69, Persembahan Tari Nuswantara, Sambutan Dekan Fakultas MIPA UGM, Pemotongan Tumpeng, Doa Bersama, Sarapan, Pembagian Doorprize, dan Penutup Dies Natalis FMIPA UGM ke-69.

Tema pada Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 ini mengangkat ‘Inovasi untuk Hilirisasi: Mewujudkan Kemandirian Teknologi Bangsa Indonesia’. Pada pembukaan acara ini ditandai dengan pengibaran bendera Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 menggunakan drone karya mahasiswa Fakultas MIPA UGM. Hasil inovasi ini menghasilkan Drone UAV yang dinamai Aurelia UGM, drone ini hasil kerjasama dengan riset inovasi dan riset teknologi Pertamina yang didalamnya terdapat sensor magnetik untuk pemetaan medan magnetik di permukaan bumi dalam eksplorasi minyak maupun panas bumi. Tidak hanya itu, acara ini juga diisi dengan kegiatan senam pagi dan Pos Pembinaan Kesehatan Terpadu (POSBINDU) yang diramaikan oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

“Dalam rangka sebagai pengantar pembukaan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69, tema yang diangkat hampir mirip dengan tema tahun sebelumnya. Pada 2 hari yang lalu saya mengikuti kegiatan kunjungan manajemen, manajer eksplorasi dari Kepulauan Bangka tempatnya memang sangat jauh tapi sangat indah. Di sana, mencoba untuk menerapkan satu inovasi yang baru yaitu memanfaatkan sinyal dari aktivitas di permukaan bumi untuk bisa tau memotret didalam bumi,” papar Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si. dalam sambutan pembukaan Dies Natalis FMIPA ke-69, Jumat (12/7).

Selain itu Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si. juga memperkenalkan soal immersion program yang merupakan sebuah kegiatan untuk memperkenalkan suasana akademik di Fakultas MIPA UGM kepada pelajar sekolah. Program ini bekerja sama juga dengan Taiwan Center  dengan memberikan kesempatan kepada pelajar sekolah seperti seolah-olah menjadi mahasiswa.

Selain itu, Dekan Fakultas MIPA UGM memaparkan terkait keinginan memulai karya-karya inovasi mencapai jurnal internasional, dari publikasi menjadi hilirisasi.

“Walaupun produk kita harganya satu per tiga dari produk internasional, namun untuk saat ini berencana unutk memulai produk hilirisasi melalui program hilirisasi jalur industri. Scaling up dari laboratorium menjadi pre-mass production dengan mendirikan Spin Off Company. Fungsi dari perusahaan Spin Off ini sebagai akselerator dan inkubator. Saat ini Fakultas MIPA sudah mendapatkan support dari lima investor. Sehingga Fakultas MIPA akan fokus pada riset-riset, dan perusahaan Spin Off ini sudah berdiri dan tinggal dijalani dan akan dikembangkan menjadi bisnis yang tepat,” terang Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si dalam sambutan pembukaan Dies Natalis FMIPA ke-69, Jumat (12/7).

Acara ini dibuka oleh Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si. dan Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si, dengan pengibaran bendera menggunakan drone hasil inovasi mahasiswa untuk eksplorasi sumber daya. FMIPA juga mendirikan Spin Off Company untuk mendukung hilirisasi produk dengan dukungan 5 investor. Implementasi SDGs yang dirasakan dari acara Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 ini mencangkup SDGs poin 4 yaitu pendidikan untuk berkelanjutan dengan mendirikan Spin Off Company untuk menunjang fasilitas di FMIPA UGM, SDGs poin 7 yaitu energi terjangkau dan energi alternatif, SDGs poin 9 yaitu inovasi yang dilakukan mahasiswa FMIPA UGM menciptakan ‘Drone UAV’, SDGs poin 11 yaitu kota dan permukiman yang berkelanjutan dari inovasi ‘Drone UAV’ yang bisa dirasakan kegunaanya, dan SDGs poin 17 yaitu mendorong inovasi dan teknologi ramah lingkungan.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Edito: Febriska Noor Fitriana

Read More

Tingkatkan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar, Mahasiswa FMIPA UGM Manfaatkan Limbah Kayu

Kemampuan memahami Matematika merupakan salah satu kemampuan yang penting dan dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, pada kenyataannya, masih banyak siswa Indonesia terutama di jenjang sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam memahami Matematika. Hal ini juga terjadi di SD Negeri 2 Terong yang memperoleh nilai masih cukup rendah pada Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) Matematika.

“Berdasarkan hasil survei, kami menemukan salah satu penyebab rendahnya pemahaman siswa terhadap Matematika di SD Negeri 2 Terong adalah karena media pembelajaran yang kurang menarik dan monoton,” ungkap Tiara Fatihah Kusumaningtyas selaku ketua tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Mathematics Arithmetic (Mathric).

Selain itu, dirinya juga menemukan potensi limbah serbuk kayu di sekitar SD Negeri 2 Terong yang belum termanfaatkan pada bidang pendidikan. Oleh karena itu, Tiara dan timnya merancang Mathric sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Matematika.

Tim PKM-PM yang beranggotakan Hanum Sekar, Iin Nauli Rahmawati, Lailatun Nasikhah, dan Pelangi Jingga Putria Risna Maulana merancang program Mathric sedemikian rupa agar dapat mengatasi permasalahan di SD Negeri 2 Terong. Titik berat program ini ada pada pembuatan alat peraga, praktik pembelajaran, dan training of trainer.

Pada pembuatan alat peraga yang memanfaatkan limbah serbuk kayu sebagai bahan utama, para siswa turut dilibatkan. Setelah alat peraga selesai dibuat, para siswa diberi praktik pembelajaran dengan misi-misi yang menarik. Di lain sisi, training of trainer bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru di SD Negeri 2 Terong dalam pembuatan animation learning video agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih menarik.

Pengabdian Tim PKM-PM Mathric pada SD Negeri 2 Terong menunjukkan implementasi dari SDGs poin 4 dan 17, yaitu Pendidikan Berkualitas dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Hal ini terlihat dari usaha peningkatan kualitas pendidikan dasar di SD Negeri 2 Terong sebagai mitra.

Selanjutnya, penggunaan limbah serbuk kayu sebagai bahan utama pembuatan alat peraga menunjukkan wujud nyata dari SDGs poin 12 dan 15, yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab serta Ekosistem Daratan. Dengan adanya pengelolaan limbah berupa serbuk kayu, beban terhadap hutan dapat berkurang sehingga perlindungan lingkungan dapat direalisasikan. Harapannya, inovasi dari Tim PKM-PM Mathric dapat meningkatkan pemahaman Matematika di SD Negeri 2 Terong dan dapat memotivasi masyarakat lainnya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Matematika dengan memanfaatkan limbah yang ada.

Penulis: Azzah Nurfatin
Foto: Tim PKM-PM Mathric
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More
Translate