Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

September 20, 2024

FMIPA UGM Gelar Pengecekan Kesehatan yang Cepat dan Akurat

Kesehatan merupakan aset berharga yang memerlukan perhatian khusus. Penjagaan terhadap kesehatan tidak hanya tentang pola hidup sehat, tetapi juga tentang melakukan pengecekan kesehatan secara berkala. Dengan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala, kita bisa mendeteksi potensi penyakit lebih awal sehingga dapat mencegahnya sebelum berkembang.

“Tes quantum ini memiliki akurasi hingga 98%,” jelas Dwi selaku pengecek kesehatan dari Apotek Pharm 24, yang hadir dalam acara pemeriksaan kesehatan di FMIPA UGM pada 15 September 2024.

Dwi menambahkan bahwa hasil tes ini selaras dengan hasil tes darah dan tidak memiliki efek samping tertentu. Hanya saja, ibu hamil dan pengguna ring jantung tidak diperbolehkan menjalani tes ini karena adanya pengaruh radiasi.

Melalui tes quantum, fungsi hati, ginjal, otak, pankreas, jantung, dan aspek tubuh lainnya dicek. Pengecekan berlangsung selama 1 menit dengan cara menggenggam alat yang tersambung dengan quantum resonance magnetic analyzer dan laptop. Hasil tes dapat dilihat pada layar laptop dalam bentuk skala dan warna. Apabila terindikasi masalah, maka petugas akan merekomendasikan suplemen tertentu yang sesuai dengan hasil tes.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini tidak hanya membantu peserta untuk mendeteksi penyakit lebih dini, tetapi juga menunjukkan penerapan SDGs poin 3, yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Dengan melakukan pendeteksian potensi penyakit lebih dini, kehidupan yang sehat dapat lebih terwujud. Selain itu, kegiatan ini juga mencerminkan penerapan SDGs poin 17, yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, yang ditunjukkan dengan adanya kerja sama antara FMIPA UGM dengan Apotek Pharm 24 untuk menyelenggarakan pengecekan kesehatan ini.

Penulis: Azzah Nurfatin
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto dan Sulaiman Nurhidayat
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Harmoni Mahasiswa dalam Malam Kangen FMIPA

Malam Kangen FMIPA UGM 2024 sukses digelar dengan meriah pada 14 September 2024 di Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM. Acara ini menyajikan berbagai penampilan menarik, salah satunya penampilan band dari sejumlah kelompok mahasiswa.

“Saya merasa tim Saya mumpuni sehingga mampu memberikan penampilan yang maksimal,” jelas Fafa, vokalis band mahasiswa Ilmu Komputer.

Fafa juga menambahkan bahwa persiapan yang mereka lakukan hanya selama 3 hari. Meskipun persiapan dilakukan dalam waktu singkat, mereka tetap berhasil tampil dengan percaya diri.

Selain penampilan dari mahasiswa Ilmu Komputer, acara ini juga dimeriahkan oleh band dari mahasiswa Ilmu Aktuaria, Elektronika dan Instrumentasi, serta Scientie Music Community yang merupakan band di tingkat fakultas. Masing-masing band menampilkan kemampuan terbaiknya dengan membawakan lagu-lagu populer seperti “Love Story” oleh Taylor Swift, “Kamu” oleh Coboy Junior, dan “Aku Milikmu” oleh Dewa 19. Kolaborasi musik yang solid dari para mahasiswa ini berhasil menciptakan suasana yang penuh semangat, membuat penonton larut dalam alunan musik dan riuh memberikan tepuk tangan.

Penampilan memukau dari para mahasiswa FMIPA menunjukkan penerapan SDGs poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas. Hal ini terlihat dari hasil kerja keras mereka yang membuahkan keterampilan bermusik mumpuni. Harapannya, penampilan para mahasiswa tersebut dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa FMIPA lainnya untuk terus berkembang dalam bidang yang digemari.

Penulis: Azzah Nurfatin
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Transformasi Positif FMIPA UGM di Mata Alumni

Didi Purwadi, Ketua KAGAMA Tangerang Selatan, menyampaikan apresiasinya terhadap transformasi yang terjadi di FMIPA UGM di bawah kepemimpinan Dekan FMIPA UGM, Prof. Kuwat Triyana. Salah satu perubahan signifikan yang disoroti adalah gaya kepemimpinan yang lebih inklusif dan jauh dari sifat feodal. Prof. Kuwat yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan “Mas Kuwat” dianggap mencerminkan kedekatan yang lebih hangat dengan mahasiswa, alumni, dan generasi muda.

Di mata alumni, transformasi FMIPA UGM di bawah kepemimpinan Prof. Kuwat telah menciptakan suasana yang lebih inklusif dan kondusif bagi kesejahteraan seluruh civitas akademika. Gaya kepemimpinan Prof. Kuwat yang lebih suka dipanggil dengan sebutan “Mas Kuwat” menunjukkan pendekatan yang hangat dan akomodatif, menciptakan lingkungan yang terbuka bagi mahasiswa dan alumni untuk menyampaikan aspirasi mereka. Pendekatan ini juga dinilai berhasil dalam mendekatkan kampus dengan generasi z, yang cenderung lebih menghargai dialog terbuka dan kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pengambilan keputusan.

Keberhasilan kepemimpinan inklusif ini tercermin dalam berbagai program inovatif yang melibatkan mahasiswa, dosen, dan alumni. Salah satu hasil nyata dari kepemimpinan ini adalah terciptanya kolaborasi yang lebih baik antara dunia akademik dan industri yang turut memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan civitas akademika secara keseluruhan. Kepemimpinan yang terbuka ini juga memfasilitasi tercapainya keseimbangan antara pengembangan akademik dan kehidupan sosial mahasiswa.

Transformasi kepemimpinan yang lebih inklusif ini mendukung SDGs poin ke-4, Pendidikan Berkualitas yang mengedepankan inklusi dan SDGs poin ke-10, Mengurangi Kesenjangan, dengan menciptakan lingkungan yang lebih setara di mana suara semua pihak diakui dan dihargai.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi:  Danendra Azriel Ramdhany
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Cerita Alumni Turut Meriahkan Malam Kangen FMIPA Lewat Pertunjukan Ketoprak

Acara Malam Kangen yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM berlangsung meriah dengan berbagai penampilan memukau dari berbagai kalangan. Di antara berbagai suguhan penampilan, pertunjukan ketoprak menjadi sebuah kolaborasi apik antara dosen, mahasiswa, dan alumni. Salah satu alumni yang turut serta dalam penampilan ini adalah Mif Ardianata, alumni Elektronika dan Instrumentasi angkatan 2019.

“Sebelumnya, saya diminta tampil dalam pertunjukan ketoprak oleh Mas Oscar, Ketua Keluarga Alumni FMIPA UGM (KAMIPAGAMA). Dalam pertunjukan ini, Saya berperan sebagai pengombyong lamaran,” ujar Mif.

Mif menambahkan bahwa motivasinya berpartisipasi dalam acara ini bukan hanya untuk tampil, tetapi juga sebagai kesempatan memperluas jaringan dan belajar dari para alumni senior tentang dunia industri.

“Acaranya sangat meriah, hangat, dan guyub. Ini menjadi kesempatan emas untuk bertukar informasi,” ujar Mif.

Kemeriahan Malam Kangen tak hanya terletak pada pertunjukan, tetapi juga pada suasana hangat dan kebersamaan yang terjalin. Selain menjadi ajang silaturahmi, Malam Kangen juga merupakan wadah bagi mahasiswa, dosen, dan alumni untuk berjejaring, bertukar cerita, dan pengetahuan. Hal ini selaras dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4, yaitu Pendidikan Berkualitas, melalui peningkatan keterampilan sivitas akademika di berbagai bidang, tak terkecuali dalam bidang seni dan budaya. Acara ini juga menjadi implementasi dari SDGs ke-17, yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, dengan terjalinnya banyak kolaborasi di dalamnya.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Dokumentasi: Tim Media FMIPA UGM
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Refleksi Nostalgia Alumni 1987: Menghidupkan Kembali Kenangan Melalui Seni dan Parodi

Dalam acara reuni yang meriah, sosok alumni angkatan 1987 yaitu Arif perwakilan dari pengurus KAMIPAGAMA (Keluarga Alumni MIPA UGM) berbagi kisah kenangan masa kuliahnya yang penuh dengan kreativitas dan semangat kebersamaan.

Saat gamelan dimainkan di acara Malam Kangen, Arif mengaku teringat masa ketika ia bersama teman-temannya aktif dalam kegiatan Interpolate, sebuah kelompok parodi yang kerap mengkritik politik, sosial, hingga kehidupan kampus dengan cara yang kreatif.

“Ini mengingatkan saya pada tahun 1987, saat kami sering berkumpul, membuat parodi, lagu, dan teater. Gamelan juga menjadi bagian dari hiburan kami, terutama saat stres menghadapi tugas-tugas kampus,” ujar Arif selaku pengurus KAMIPAGAMA.

Interpolate bukan hanya menjadi tempat untuk bersenang-senang baginya, tetapi juga sebagai sarana bagi para mahasiswa untuk berpikir kritis terhadap lingkungan sekitar mereka. Ia juga menambahkan bahwa parodi adalah cara mereka mengekspresikan pandangan terhadap isu-isu sosial dan politik.

Kegiatan ini telah menjadi bagian dari kehidupan kampus yang menyenangkan bagi mereka. Membentuk ikatan persahabatan yang kuat dan terus dikenang hingga saat ini. Acara reuni tersebut berhasil menghidupkan kembali kenangan akan masa-masa penuh tawa dan kreativitas yang tidak terlupakan.

Kegiatan reuni Malam Kangen FMIPA UGM ini turut mengimplementasikan SDGs poin 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keanekaragaman budaya dan SDGs poin 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui tema besar acara Dies Natalis FMIPA ke-69.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Pentingnya Kesadaran Kesehatan Mental, Alumni FMIPA Berbagi Pengalaman Pribadi dan Pesan Inspiratif

Di tengah acara reuni yang penuh nostalgia, sosok alumni angkatan 1987 yaitu Arif perwakilan dari pengurus KAMIPAGAMA (Keluarga Alumni MIPA UGM) memberikan pesan penting mengenai kesehatan mental. Ia menceritakan pengalamannya tentang tantangan mental yang pernah dihadapinya selama masa kuliah serta peristiwa tragis yang baru-baru ini terjadi di kalangan mahasiswa.

“Mungkin sebagian dari kalian tahu bahwa beberapa bulan lalu ada teman kalian yang hampir melakukan bunuh diri Tapi, untungnya bisa diselamatkan. Ini menunjukkan betapa pentingnya kita saling mendukung dan memperhatikan kesehatan mental,” papar Arif perwakilan dari pengurus KAMIPAGAMA.

Arif juga berbagi pengalaman pribadinya dalam menghadapi masa-masa sulit. Ia menegaskan bahwa melanjutkan hidup adalah pilihan terbaik dan meski hidup penuh dengan rintangan, selalu ada harapan di depan.

“Saya sendiri pernah mengalami masa yang sangat sulit, tetapi Saya memilih untuk melanjutkan hidup. Sekarang, 40 tahun kemudian, Saya masih berdiri di sini. Kalian juga bisa melaluinya, jangan ragu untuk mencari bantuan,” papar Arif penuh semangat.

Pesan inspiratif tersebut disambut dengan hangat oleh para hadirin. Arif mengingatkan bahwa penting untuk selalu menjaga kesehatan mental, terutama di tengah tekanan hidup yang semakin berat. Ini adalah momen refleksi penting yang mengajak semua orang untuk peduli terhadap diri sendiri dan orang lain.

Kegiatan reuni Malam Kangen FMIPA UGM ini turut mengimplementasikan SDGs poin 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera melalui dukungan terhadap kesehatan mental, SDGs poin 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keanekaragaman budaya dan SDGs poin 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui tema besar acara Dies natalis FMIPA ke-69.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Hero Prakosa
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Lengkapi Keseruan Malam Kangen, Band Aktuaria Tampilkan Lagu Love Story Karya Taylor Swift

Acara Malam Kangen Dies Natalis FMIPA UGM tahun ini semakin meriah dengan penampilan band dari berbagai program studi salah satunya adalah Aktuaria. Band ini dipimpin oleh vokalis Aurelia Felisha, mahasiswa Aktuaria angkatan 2023. Meskipun band ini terbentuk secara dadakan yaitu sehari sebelum acara karena kebutuhan mendesak, Aurelia berhasil menampilkan vokal yang memukau.

“Kami akan membawakan lagu Love Story dari Taylor Swift kami hanya membawa satu lagu karena keterbatasan waktu,” papar Aurelia Felisha.

Aurel bercerita soal tantangannya menjadi vokalis band dari Aktuaria. Ia ditarik menjadi vokalis ketika H-1 sebelum tampil. Aurel mempersiapkan dirinya dengan latihan intensif bersama anggota band lainnya. Selain latihan bersama, ia juga meluangkan waktu untuk berlatih sendiri. Meskipun persiapan singkat, penampilan band ini mampu menarik perhatian para hadirin, termasuk para mahasiswa, alumni, dan dosen yang hadir.

“Malam Kangen seru banget dan memorable karena kesempatan yang memorable buat aku tampil dan bernyanyi di depan khalayak luas,” papar Aurelia Felisha.

Bagi Aurelia, kesempatan ini menjadi pengalaman berharga selama perkuliahan karena ia bisa kembali tampil dan bernyanyi di depan khalayak luas. Kesempatan untuk menyapa para alumni dan dosen melalui musik menjadi momen yang akan diingatnya dengan penuh kebanggaan.

Mengenai peluang menang, Aurelia merasa optimis dengan penampilan band mereka. Meskipun belum sempat melihat penampilan band lain, ia memberi nilai 7 dari 10 untuk rasa percaya dirinya. Sementara untuk acara keseluruhan, Aurelia memberikan rating sempurna, 10 dari 10, menggambarkan betapa serunya suasana Malam Kangen tahun ini.

Kegiatan ini turut mengimplementasikan SDGs poin 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan mahasiswa di bidang seni musik serta keanekaragaman budaya. Kemudian, acara tersebut menjadi implementasi dari SDGs poin 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui tema besar acara Dies natalis FMIPA ke-69.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

FMIPA UGM Gelar Pengecekan Kesehatan yang Cepat dan Akurat

Kesehatan merupakan aset berharga yang memerlukan perhatian khusus. Penjagaan terhadap kesehatan tidak hanya tentang pola hidup sehat, tetapi juga tentang melakukan pengecekan kesehatan secara berkala. Dengan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala, kita bisa mendeteksi potensi penyakit lebih awal sehingga dapat mencegahnya sebelum berkembang.

“Tes quantum ini memiliki akurasi hingga 98%,” jelas Dwi selaku pengecek kesehatan dari Apotek Pharm 24, yang hadir dalam acara pemeriksaan kesehatan di FMIPA UGM pada 15 September 2024.

Dwi menambahkan bahwa hasil tes ini selaras dengan hasil tes darah dan tidak memiliki efek samping tertentu. Hanya saja, ibu hamil dan pengguna ring jantung tidak diperbolehkan menjalani tes ini karena adanya pengaruh radiasi.

Melalui tes quantum, fungsi hati, ginjal, otak, pankreas, jantung, dan aspek tubuh lainnya dicek. Pengecekan berlangsung selama 1 menit dengan cara menggenggam alat yang tersambung dengan quantum resonance magnetic analyzer dan laptop. Hasil tes dapat dilihat pada layar laptop dalam bentuk skala dan warna. Apabila terindikasi masalah, maka petugas akan merekomendasikan suplemen tertentu yang sesuai dengan hasil tes.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini tidak hanya membantu peserta untuk mendeteksi penyakit lebih dini, tetapi juga menunjukkan penerapan SDGs poin 3, yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Dengan melakukan pendeteksian potensi penyakit lebih dini, kehidupan yang sehat dapat lebih terwujud. Selain itu, kegiatan ini juga mencerminkan penerapan SDGs poin 17, yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, yang ditunjukkan dengan adanya kerja sama antara FMIPA UGM dengan Apotek Pharm 24 untuk menyelenggarakan pengecekan kesehatan ini.

Penulis: Azzah Nurfatin
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto dan Sulaiman Nurhidayat
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Harmoni Mahasiswa dalam Malam Kangen FMIPA

Malam Kangen FMIPA UGM 2024 sukses digelar dengan meriah pada 14 September 2024 di Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM. Acara ini menyajikan berbagai penampilan menarik, salah satunya penampilan band dari sejumlah kelompok mahasiswa.

“Saya merasa tim Saya mumpuni sehingga mampu memberikan penampilan yang maksimal,” jelas Fafa, vokalis band mahasiswa Ilmu Komputer.

Fafa juga menambahkan bahwa persiapan yang mereka lakukan hanya selama 3 hari. Meskipun persiapan dilakukan dalam waktu singkat, mereka tetap berhasil tampil dengan percaya diri.

Selain penampilan dari mahasiswa Ilmu Komputer, acara ini juga dimeriahkan oleh band dari mahasiswa Ilmu Aktuaria, Elektronika dan Instrumentasi, serta Scientie Music Community yang merupakan band di tingkat fakultas. Masing-masing band menampilkan kemampuan terbaiknya dengan membawakan lagu-lagu populer seperti “Love Story” oleh Taylor Swift, “Kamu” oleh Coboy Junior, dan “Aku Milikmu” oleh Dewa 19. Kolaborasi musik yang solid dari para mahasiswa ini berhasil menciptakan suasana yang penuh semangat, membuat penonton larut dalam alunan musik dan riuh memberikan tepuk tangan.

Penampilan memukau dari para mahasiswa FMIPA menunjukkan penerapan SDGs poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas. Hal ini terlihat dari hasil kerja keras mereka yang membuahkan keterampilan bermusik mumpuni. Harapannya, penampilan para mahasiswa tersebut dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa FMIPA lainnya untuk terus berkembang dalam bidang yang digemari.

Penulis: Azzah Nurfatin
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Transformasi Positif FMIPA UGM di Mata Alumni

Didi Purwadi, Ketua KAGAMA Tangerang Selatan, menyampaikan apresiasinya terhadap transformasi yang terjadi di FMIPA UGM di bawah kepemimpinan Dekan FMIPA UGM, Prof. Kuwat Triyana. Salah satu perubahan signifikan yang disoroti adalah gaya kepemimpinan yang lebih inklusif dan jauh dari sifat feodal. Prof. Kuwat yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan “Mas Kuwat” dianggap mencerminkan kedekatan yang lebih hangat dengan mahasiswa, alumni, dan generasi muda.

Di mata alumni, transformasi FMIPA UGM di bawah kepemimpinan Prof. Kuwat telah menciptakan suasana yang lebih inklusif dan kondusif bagi kesejahteraan seluruh civitas akademika. Gaya kepemimpinan Prof. Kuwat yang lebih suka dipanggil dengan sebutan “Mas Kuwat” menunjukkan pendekatan yang hangat dan akomodatif, menciptakan lingkungan yang terbuka bagi mahasiswa dan alumni untuk menyampaikan aspirasi mereka. Pendekatan ini juga dinilai berhasil dalam mendekatkan kampus dengan generasi z, yang cenderung lebih menghargai dialog terbuka dan kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pengambilan keputusan.

Keberhasilan kepemimpinan inklusif ini tercermin dalam berbagai program inovatif yang melibatkan mahasiswa, dosen, dan alumni. Salah satu hasil nyata dari kepemimpinan ini adalah terciptanya kolaborasi yang lebih baik antara dunia akademik dan industri yang turut memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan civitas akademika secara keseluruhan. Kepemimpinan yang terbuka ini juga memfasilitasi tercapainya keseimbangan antara pengembangan akademik dan kehidupan sosial mahasiswa.

Transformasi kepemimpinan yang lebih inklusif ini mendukung SDGs poin ke-4, Pendidikan Berkualitas yang mengedepankan inklusi dan SDGs poin ke-10, Mengurangi Kesenjangan, dengan menciptakan lingkungan yang lebih setara di mana suara semua pihak diakui dan dihargai.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi:  Danendra Azriel Ramdhany
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Cerita Alumni Turut Meriahkan Malam Kangen FMIPA Lewat Pertunjukan Ketoprak

Acara Malam Kangen yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis ke-69 FMIPA UGM berlangsung meriah dengan berbagai penampilan memukau dari berbagai kalangan. Di antara berbagai suguhan penampilan, pertunjukan ketoprak menjadi sebuah kolaborasi apik antara dosen, mahasiswa, dan alumni. Salah satu alumni yang turut serta dalam penampilan ini adalah Mif Ardianata, alumni Elektronika dan Instrumentasi angkatan 2019.

“Sebelumnya, saya diminta tampil dalam pertunjukan ketoprak oleh Mas Oscar, Ketua Keluarga Alumni FMIPA UGM (KAMIPAGAMA). Dalam pertunjukan ini, Saya berperan sebagai pengombyong lamaran,” ujar Mif.

Mif menambahkan bahwa motivasinya berpartisipasi dalam acara ini bukan hanya untuk tampil, tetapi juga sebagai kesempatan memperluas jaringan dan belajar dari para alumni senior tentang dunia industri.

“Acaranya sangat meriah, hangat, dan guyub. Ini menjadi kesempatan emas untuk bertukar informasi,” ujar Mif.

Kemeriahan Malam Kangen tak hanya terletak pada pertunjukan, tetapi juga pada suasana hangat dan kebersamaan yang terjalin. Selain menjadi ajang silaturahmi, Malam Kangen juga merupakan wadah bagi mahasiswa, dosen, dan alumni untuk berjejaring, bertukar cerita, dan pengetahuan. Hal ini selaras dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4, yaitu Pendidikan Berkualitas, melalui peningkatan keterampilan sivitas akademika di berbagai bidang, tak terkecuali dalam bidang seni dan budaya. Acara ini juga menjadi implementasi dari SDGs ke-17, yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, dengan terjalinnya banyak kolaborasi di dalamnya.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Dokumentasi: Tim Media FMIPA UGM
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Refleksi Nostalgia Alumni 1987: Menghidupkan Kembali Kenangan Melalui Seni dan Parodi

Dalam acara reuni yang meriah, sosok alumni angkatan 1987 yaitu Arif perwakilan dari pengurus KAMIPAGAMA (Keluarga Alumni MIPA UGM) berbagi kisah kenangan masa kuliahnya yang penuh dengan kreativitas dan semangat kebersamaan.

Saat gamelan dimainkan di acara Malam Kangen, Arif mengaku teringat masa ketika ia bersama teman-temannya aktif dalam kegiatan Interpolate, sebuah kelompok parodi yang kerap mengkritik politik, sosial, hingga kehidupan kampus dengan cara yang kreatif.

“Ini mengingatkan saya pada tahun 1987, saat kami sering berkumpul, membuat parodi, lagu, dan teater. Gamelan juga menjadi bagian dari hiburan kami, terutama saat stres menghadapi tugas-tugas kampus,” ujar Arif selaku pengurus KAMIPAGAMA.

Interpolate bukan hanya menjadi tempat untuk bersenang-senang baginya, tetapi juga sebagai sarana bagi para mahasiswa untuk berpikir kritis terhadap lingkungan sekitar mereka. Ia juga menambahkan bahwa parodi adalah cara mereka mengekspresikan pandangan terhadap isu-isu sosial dan politik.

Kegiatan ini telah menjadi bagian dari kehidupan kampus yang menyenangkan bagi mereka. Membentuk ikatan persahabatan yang kuat dan terus dikenang hingga saat ini. Acara reuni tersebut berhasil menghidupkan kembali kenangan akan masa-masa penuh tawa dan kreativitas yang tidak terlupakan.

Kegiatan reuni Malam Kangen FMIPA UGM ini turut mengimplementasikan SDGs poin 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keanekaragaman budaya dan SDGs poin 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui tema besar acara Dies Natalis FMIPA ke-69.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Pentingnya Kesadaran Kesehatan Mental, Alumni FMIPA Berbagi Pengalaman Pribadi dan Pesan Inspiratif

Di tengah acara reuni yang penuh nostalgia, sosok alumni angkatan 1987 yaitu Arif perwakilan dari pengurus KAMIPAGAMA (Keluarga Alumni MIPA UGM) memberikan pesan penting mengenai kesehatan mental. Ia menceritakan pengalamannya tentang tantangan mental yang pernah dihadapinya selama masa kuliah serta peristiwa tragis yang baru-baru ini terjadi di kalangan mahasiswa.

“Mungkin sebagian dari kalian tahu bahwa beberapa bulan lalu ada teman kalian yang hampir melakukan bunuh diri Tapi, untungnya bisa diselamatkan. Ini menunjukkan betapa pentingnya kita saling mendukung dan memperhatikan kesehatan mental,” papar Arif perwakilan dari pengurus KAMIPAGAMA.

Arif juga berbagi pengalaman pribadinya dalam menghadapi masa-masa sulit. Ia menegaskan bahwa melanjutkan hidup adalah pilihan terbaik dan meski hidup penuh dengan rintangan, selalu ada harapan di depan.

“Saya sendiri pernah mengalami masa yang sangat sulit, tetapi Saya memilih untuk melanjutkan hidup. Sekarang, 40 tahun kemudian, Saya masih berdiri di sini. Kalian juga bisa melaluinya, jangan ragu untuk mencari bantuan,” papar Arif penuh semangat.

Pesan inspiratif tersebut disambut dengan hangat oleh para hadirin. Arif mengingatkan bahwa penting untuk selalu menjaga kesehatan mental, terutama di tengah tekanan hidup yang semakin berat. Ini adalah momen refleksi penting yang mengajak semua orang untuk peduli terhadap diri sendiri dan orang lain.

Kegiatan reuni Malam Kangen FMIPA UGM ini turut mengimplementasikan SDGs poin 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera melalui dukungan terhadap kesehatan mental, SDGs poin 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keanekaragaman budaya dan SDGs poin 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui tema besar acara Dies natalis FMIPA ke-69.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Hero Prakosa
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Lengkapi Keseruan Malam Kangen, Band Aktuaria Tampilkan Lagu Love Story Karya Taylor Swift

Acara Malam Kangen Dies Natalis FMIPA UGM tahun ini semakin meriah dengan penampilan band dari berbagai program studi salah satunya adalah Aktuaria. Band ini dipimpin oleh vokalis Aurelia Felisha, mahasiswa Aktuaria angkatan 2023. Meskipun band ini terbentuk secara dadakan yaitu sehari sebelum acara karena kebutuhan mendesak, Aurelia berhasil menampilkan vokal yang memukau.

“Kami akan membawakan lagu Love Story dari Taylor Swift kami hanya membawa satu lagu karena keterbatasan waktu,” papar Aurelia Felisha.

Aurel bercerita soal tantangannya menjadi vokalis band dari Aktuaria. Ia ditarik menjadi vokalis ketika H-1 sebelum tampil. Aurel mempersiapkan dirinya dengan latihan intensif bersama anggota band lainnya. Selain latihan bersama, ia juga meluangkan waktu untuk berlatih sendiri. Meskipun persiapan singkat, penampilan band ini mampu menarik perhatian para hadirin, termasuk para mahasiswa, alumni, dan dosen yang hadir.

“Malam Kangen seru banget dan memorable karena kesempatan yang memorable buat aku tampil dan bernyanyi di depan khalayak luas,” papar Aurelia Felisha.

Bagi Aurelia, kesempatan ini menjadi pengalaman berharga selama perkuliahan karena ia bisa kembali tampil dan bernyanyi di depan khalayak luas. Kesempatan untuk menyapa para alumni dan dosen melalui musik menjadi momen yang akan diingatnya dengan penuh kebanggaan.

Mengenai peluang menang, Aurelia merasa optimis dengan penampilan band mereka. Meskipun belum sempat melihat penampilan band lain, ia memberi nilai 7 dari 10 untuk rasa percaya dirinya. Sementara untuk acara keseluruhan, Aurelia memberikan rating sempurna, 10 dari 10, menggambarkan betapa serunya suasana Malam Kangen tahun ini.

Kegiatan ini turut mengimplementasikan SDGs poin 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan mahasiswa di bidang seni musik serta keanekaragaman budaya. Kemudian, acara tersebut menjadi implementasi dari SDGs poin 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui tema besar acara Dies natalis FMIPA ke-69.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More
Translate