Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Syawalan Keluarga Besar Fakultas MIPA UGM 1444 H

Hari Rabu, 3 Mei 2023, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) menyelenggarakan acara Syawalan Keluarga Besar secara luring yang juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube FMIPA UGM. Acara syawalan bertempat di ruang Auditorium Gedung KPTU FMIPA UGM Lantai 1 dan dihadiri oleh kurang lebih 400 tamu undangan keluarga besar FMIPA UGM yang di antaranya adalah keluarga dosen, tenaga kependidikan, purna tugas, serta perwakilan mahasiswa.

Acara Syawalan Keluarga Besar FMIPA UGM di awali dengan pembukaan oleh pembawa acara, yaitu Ibu Susiana dan Ibu Dwi Isnawati, yang kemudian dilanjutkan dengan Gema Wahyu Ilahi atau pembacaan ayat suci Al-Qur’an beserta artinya oleh saudara Riyan Korinaldi. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang mana sambutan pertama diberikan oleh Bapak Idham Ananta Timur, M.Kom., selaku ketua panitia syawalan keluarga besar FMIPA UGM. Dalam sambutannya, Pak Idham mengharapkan bahwa acara syawalan ini dapat menjadi akselerator kebahagiaan dan produktifitas sehingga menjadikan keluarga besar FMIPA semakin harmonis, produktif, dan berprestasi. Sambutan kedua diberikan oleh Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si., yang menyampaikan beberapa hal mengenai perkembangan fakultas MIPA selama ini serta rencana terkait akreditasi internasional untuk seluruh program studi di FMIPA UGM.

Pada acara syawalan kali ini juga terdapat pemberian kenang-kenangan bagi dosen dan tenaga kependidikan FMIPA UGM yang purna tugas periode 1 Mei 2022 s.d. 1 Mei 2023. Terdapat empat dosen dan empat tenaga kependidikan yang purna tugas dalam periode satu tahun terakhir, yaitu Almarhumah Dr. Herni Utami, S.Si., M.Si., Drs. Wagini R., M.S., Almarhum Prof. Dr. Karyono, S.U., Prof. Dr. Iip Izul Falah, Erles Nina, S.IP., Nurharini, Widyastuti, dan Haryanta. Setelah pemberian kenang-kenangan, acara dilanjutkan dengan sambutan perwakilan purna tugas oleh Prof. Dr. Iip Izul Falah. Dalam sambutannya, Prof. Iip menyampaikan ucapan terima kasih karena telah ikut dilibatkan dalam proses kemajuan fakultas MIPA dan berharap semoga semua yang telah dikerjakan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Hikmah Syawalan atau sesi tausyiah (ceramah kajian) menjadi acara utama dalam syawalan ini. Tausyiah disampaikan oleh Ustadz Nanung Danar Dono, S.Pt., M.Sc., Ph.D., dengan tajuk “Bulan Syawal: Momen Tepat Meningkatkan Kesalehan Sosial”. Dalam tausyiahnya, Ustadz Nanung menyampaikan bahwa penting untuk senantiasa meningkatkan keimanan setelah bulan Ramadhan, dimulai dari bulan Syawal ini. Salah satunya adalah memastikan bahwa rezeki yang kita konsumsi bukan rezeki yang haram karena sudah menjadi kebutuhan kita untuk menjaga agar makanan dan rezeki yang kita konsumsi bersifat halal. Ustadz Nanung membawakan tausyiah dengan cara yang interaktif serta menggunakan beberapa candaan yang membuat suasana syawalan lebih seru dan tetap memberi hikmah. Setelah sesi tausyiah, beliau memimpin doa penutup syawalan dengan khidmat.

Acara Syawalan Keluarga Besar FMIPA UGM 1444 H diakhiri dengan pembacaan ikrar syawalan oleh Prof. Drs. Roto, M.Eng., Ph.D., yang kemudian dilanjutkan dengan sesi berjabatan tangan atau halal bihalal.

 

Penulis: Mivo A.

Other News

Translate