Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Pengukuhan Guru Besar FMIPA UGM Prof. Drs. Bambang Purwono, M.Sc., Ph.D.

Selasa (11/10), Universitas Gadjah Mada mengukuhkan Prof. Drs. Bambang Purwono, M.Sc., Ph.D. sebagai guru besar pada bidang ilmu kimia FMIPA UGM di Balai Senat Universitas Gadjah Mada. Upacara pengukuhan guru besar tersebut dibuka secara langsung oleh ketua senat akademik UGM Prof. Dr. Sulistiowati, S.H., M.Hum.

Dalam pengukuhan tersebut Bambang Purwono membawakan pidato mengenai “Chemosensor, Prospek Pengembangan dan Tantangannya di Era Industri 4.0”. Ia menjelaskan bahwa senyawa Chemosensor dapat diaplikasikan dalam bentuk cairan maupun padatan. Adapun material padat yang biasa digunakan untuk mengembangkan Chemosensors yaitu kertas atau material berpori lainnya yang transparan seperti film maupun polimer. 

Senyawa Chemosensors sendiri sangat berperan penting dalam keamanan pangan. Ia menjelaskan bahwa dengan senyawa Chemosensors dapat mendeteksi bahan pangan yang akan dikonsumsi sehingga bisa menjaga kualitas bahan makanan dari pengawet ilegal yang tidak sesuai dengan standar kesehatan seperti formalin atau borak, dan masih banyak lagi pengaplikasian lainnya.

Prof. Drs. Bambang Purwono, M.Sc, Ph.D. merupakan salah satu dari 355 guru besar aktif di Universitas Gadjah Mada dan di tingkat fakultas termasuk salah satu dari 30 guru besar yang masih aktif dari 48 guru besar di FMIPA UGM dan merupakan salah satu dari 16 guru besar di Departemen Kimia. Beliau saat ini aktif mengajar dan juga menjabat sebagai ketua tim kurikulum program studi Kimia di departemen Kimia Fakultas MIPA.

(TN)

Author:

Other News

Translate