Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dorong hilirisasi penelitian dan pengembangan institusi, FMIPA jalin kerjasama dengan WIMA, Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dan Poltek Siber dan Sandi Negara

Didorong oleh semangat hilirisasi penelitian dan pengembangan institusi yang kuat, Dekan beserta jajaran di FMIPA UGM mengadakan kunjungan dinas ke beberapa mitra strategis pada Rabu-Jumat, 7-9 September 2022. Kunjungan-kunjungan ini dilakukan untuk beragam tujuan. Beberapa untuk penjajagan kerjasama, diskusi teknis follow-up kerjasama, hingga penandatanganan nota kesepahaman maupun perjanjian kerja sama antara FMIPA UGM dan mitra.

Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani pada kesempatan ini diantaranya dengan Politeknik Siber dan Sandi negara tentang pendidikan pengajaran, knowledge sharing, dan penelitian bersama. PKS ini ditandatangani secara elektronik pada tanggal 8 September di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Politeknik Siber dan Sandi Negara Ciseeng Bogor Jawa Barat.

“Di era digital saat ini keamanan data merupakan isu yang sangat penting. Kebocoran data digital yang terjadi dan viral beberapa waktu terakhir menjadi salah satu indikasi bahwa keamanan siber dan kriptografi di Indonesia perlu ditingkatkan kualitasnya. Melalui kerja sama ini diharapkan terjadi sinergi dan kolaborasi antara kedua belah pihak baik dalam bidang pendidikan pengajaran, dan penelitian dalam rangka meningkatkan kemampuan tenaga-tenaga di bidang kemananan siber dan kriptografi” ujar Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana dalam sambutannya pada acara penandatanganan tersebut.

Setelah penandatanganan tersebut, sore harinya tim bertemu dengan Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur (Wima), M. Samyarto, di kantor Wima Tamansari Hive Office Cipinang Jatinegara. Pertemuan ini adalah pertemuan lanjutan dari pertemuan di hari sebelumnya, 7 September 2022 yang mendiskusikan tentang kerjasama pengembangan baterai yang akan digunakan untuk industri kendaraan listrik.

 

“Terbatasnya sumber energi berbasis minyak bumi beberapa tahun terakhir ini menjadi isu yang sangat penting karena hal ini dapat berdampak pada kenaikan harga BBM dan sektor-sektor ekonomi lainnya. Untuk mengurangi dampak dari keterbatasan sumber daya alam ini, Fakultas MIPA UGM mengadakan diskusi dan penandatanganan kerjasama dengan PT WIKA Industri Manufaktur dalam kerjasama pengembangan baterai yang akan digunakan dalam pengembangan kendaraan listrik. Kerjasama ini, selain berdampak pada penguatan kegiatan Tri Dharma PT, juga akan berdampak pada pengembangan green energy untuk pengembangan kendaraan listrik”. Demikian disampaikan oleh Dr. Fajar Adi Kusumo Wakil Dekan bidang Alumni, Kerja Sama, dan Inovasi.

Selain dengan industri dan instansi pendidikan tinggi, dalam kesempatan ini dekanat juga berdiskusi dan menjalin kerjasama dengan lembaga profesi. Lembaga sertifikasi profesi Teknologi Informasi dan Persantuan Aktuaris Indonesia (PAI). Dalam hal ini diharapkan fakultas dapat memfasilitasi peningkatan kompetensi melalui ujian profesi selama kuliah di FMIPA. Perpanjangan kerja sama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia dalam penyetaraan mata kuliah di FMIPA UGM dan modul ujian PAI memberikan keleluasaan bagi mahasiswa FMIPA UGM yang ingin menjadi aktuaris untuk kuliah sekaligus mendapatkan sertifikat Associate dari Persatuan Aktuaris Indonesia. Aktifitas ini diharapkan juga dapat meningkatkan jumlah aktuaris di Indonesia dengan lebih cepat. Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama ini dilakukan di Hotel JS. Luwansa pada hari Kamis, 8 September 2022, dihadiri oleh Ketua PAI Bpk. Ade Bungsu, FSAI, wakil ketua PAI Bpk. Paul Kartono, FSAI dan Direktur Eksekutif PAI Bpk. Handayani, FSAI. (FA-DQ)

Other News

Translate