Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

September 19, 2024

Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-69 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM menyelenggarakan acara Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-69 di Auditorium FMIPA UGM pada Rabu, 19 September 2024 serta disiarkan langsung dari media Youtube FMIPA UGM. Acara tersebut merupakan acara puncak dari seluruh rangkaian acara dalam memperingati Dies Natalis FMIPA UGM ke-69. Rangkaian acara Rapat Senat Terbuka terdiri atas pembukaan oleh Ketua Senat FMIPA UGM, sambutan Rektor UGM, laporan Dekan FMIPA UGM, orasi ilmiah, penyerahan cinderamata, penyerahan penghargaan kepada mitra kerja sama, doa, dan penutup. Acara turut dihadiri oleh segenap sivitas akademika FMIPA UGM serta bebagai tamu undangan.

Ketua Senat, Prof. Drs. Mudasir, M.Eng., Ph.D. dalam hal ini membuka acara dengan menyampaikan tema Dies Natalis FMIPA yang diangkat pada tahun ini dengan mengacu pada SDGs khususnya pada poin nomor 9 yaitu mengenai Industri, Inovasi, dan Infrastruktur.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada dosen, tendik, mahasiwa, dan mitra yang bahu membahu meningkatkan kinerja fakultas dari tahun ke tahun,” papar Prof. Kuwat Triyana selaku Dekan FMIPA UGM saat memaparkan laporan dekan. Beberapa poin penting yang tercantum dalam laporan dekan adalah persebaran lulusan dan alumni, publikasi dan penelitian dosen, prestasi mahasiswa, kualitas kinerja pegawai, perbaikan fasilitas kampus, dan dukungan terhadap kondisi kesehatan mental baik untuk dosen, mahasiswa, dan pegawai di FMIPA UGM. Laporan Dekan FMIPA UGM dapat diakses melalui tautan https://publuu.com/flip-book/239643/1470848

Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), Ph.D. selaku Rektor UGM turut memberikan sambutan dan turut memberikan apresiasi kepada FMIPA UGM atas kolaborasi dan dampak yang telah dilakukan.

“Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada FMIPA UGM yang telah mengembangkan kolaborasi dengan stakeholder, baik pemerintah, industri, atau alumni. Saya yakin nanti dapat memberikan hasil nyata bagi masyarakat luas,” papar Prof. Ova.

Kemudian acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh Andi Boediman selaku CEO Ideosource Entertainment yang menyampaikan perihal kesiapan inovasi sesuai dengan tema Dies Natalis FMIPA UGM ke-69.

“Jatuh cintalah pada masalahnya bukan pada solusinya. Teknologi itu digunakan untuk memecahkan solusinya,” papar Andi.

FMIPA UGM turut memberikan penghargaan kepada mitra-mitra kerja sama yang selama ini turut berkolaborasi bersama seperti Teguh Suroso (Pertamina Hulu Energi) dan Bakhtiar (Volantis). Acara kemudian diakhiri dengan berdoa yang dipimpin oleh Dr. Chalis Setiadi dan kembali ditutup oleh Ketua Senat.

Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-69 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui agenda pendidikan untuk pembangunan melalui kerja sama dan kolaborasi dengan mitra dalam mencapai tujuan. Kemudian, hal ini juga sejalan dengan SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui kolaborasi inovasi dan teknologi antara FMIPA UGM dengan mitra sekaligus pemberian penghargaan kepada mitra terkait.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Sulaiman Nurhidayat

Read More

Tim Karawitan FMIPA UGM Pentas dalam Acara Rapat Senat Terbuka Dies Natalis FMIPA ke-69

Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM melaksanakan pentas dalam acara Rapat Senat Terbuka Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 di Auditorium FMIPA UGM yang diselenggarakan secara bauran yaitu daring dan luring. Berbagai persiapan telah dilakukan seperti latihan rutin di fakultas, koordinasi teknis pentas, dan koordinasi seragam tim. Pemain gamelan terdiri atas mahasiswa, pegawai, dan dosen di lingkungan FMIPA UGM.

Tantangan yang dihadapi ketika di lapangan adalah adanya risiko gangguan pada pengeras suara yang dapat mengganggu jalannya lagu yang dimainkan. Kemudian, dari konsep yang sedang dibuat, ada kemungkinan pemain gamelan juga turut dalam bermain peran di dalam pementasan drama. Dalam hal ini, beberapa lagu yang akan ditampilkan terdiri atas Babar Layar, Santi Mulya, Mari Kangen, Asmarandana, Pangkur, Ayun-Ayun, Nyidham Sari, Pangatak, Aja Dipleroki, Sarung Jagung, Ojo Lamis, dan Runtung.

Pentas karawitan yang dilakukan oleh Tim Laras Sains di FMIPA UGM menjadi kesempatan bagi para sivitas akademik untuk turut melestarikan budaya serta memberikan edukasi mengenai warisan budaya yang dimiliki. Hal ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan dalam seni karawitan dan nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui pelestarian warisan budaya berupa seni karawitan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Sulaiman Nurhidayat

Read More

FMIPA UGM Gelar Kuliah Tamu bersama Islamic Insurance Society: Peran Aktuaris pada Asuransi Syariah

FMIPA UGM menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema Peran Aktuaris pada Asuransi Syariah besama Islamic Insurance Society pada Rabu, 19 September 2024 di Auditorium FMIPA UGM. Acara tersebut terbuka bagi seluruh mahasiswa FMIPA UGM dan wajib bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengembangan Karir dan Profesi Aktuaris (PKPA). Narasumber pada kuliah tamu tersebut adalah Yetti Rochyatini dengan membawa materi Sekilas tentang Islamic Insurance Society dan Ira Dewi Alfiani, FSAI dengan membawa materi Pengembangan Karir dan Profesi Aktuaris di Perusahaan Asuransi Syariah.

“Acaranya sangat insightful, sangat membuka wawasan Saya sebagai mahasiswa Ilmu Aktuaria tentang dunia perasuransian syariah. Pada umumnya, perkuliahan kami lebih menekankan terkait asuransi konvensional. Oleh karena itu, dengan adanya kuliah tamu ini, Saya bisa lebih menggali dalam apakah perbedaan asuransi syariah dan konvensional, bagaimana sistem bekerjanya hingga apa saja yang tidak boleh dilakukan di asuransi syariah namun boleh dilakukan di asuransi konvensional,” papar Dio selaku mahasiswa Ilmu Aktuaria FMIPA UGM.

Dalam hal ini, Dio juga berharap bahwa semoga akan banyak mata kuliah yang berkaitan dengan asuransi syariah yang diadakan di FMIPA UGM ini.

Kuliah tamu Peran Aktuaris pada Asuransi Syariah yang diselenggarakan oleh FMIPA UGM bersama dengan Islamic Insurance Society merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa di bidang asuransi dan aktuaria serta menjadi cerminan dari SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dan kolaborasi kuliah tamu antara FMIPA UGM dengan Islamic Insurance Society.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Dhanendra Azriel Ramadhany

Read More

Bernostalgia dan Momen Napak Tilas, Alumni FMIPA Meriahkan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69

Pada peringatan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69, alumni dari berbagai kota datang untuk bersilaturahmi dan bernostalgia di acara Family Gathering pada 15 September 2024. Momen ini tidak hanya sekadar merayakan ulang tahun ke-69 FMIPA, tetapi juga menjadi ajang penting untuk memperkuat kolaborasi antara alumni dan fakultas. Alumni yang hadir memanfaatkan kesempatan ini untuk berkontribusi dalam pengembangan program-program di masa mendatang.

Ketua KAGAMA Tangerang Selatan, Didi Purwadi, alumni FMIPA UGM angkatan 1986, sangat mengapresiasi kemajuan yang dicapai FMIPA UGM, baik dalam berkolaborasi dengan industri maupun infrastruktur kampus. Transformasi yang dipimpin oleh Prof. Kuwat dinilai sangat positif, menciptakan suasana yang lebih inklusif bagi mahasiswa dan alumni.

Acara ini berhubungan dengan SDGs poin ke-4, Pendidikan Berkualitas, yang menekankan pentingnya pendidikan berkelanjutan dan kolaborasi antara universitas dan dunia industri untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan di dunia kerja. Selain itu, SDGs poin ke-17 yakni Kemitraan untuk Mencapai Tujuan juga tercermin dalam kemitraan strategis antara alumni, industri, dan kampus untuk menciptakan sinergi yang saling menguntungkan.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Alumni FMIPA UGM Soroti Suksesnya Program MIPA Business Gathering dalam Menghubungkan Dunia Pendidikan dan Industri

Salah satu program FMIPA UGM yang dipandang sukses oleh Didi Purwadi selaku alumni FMIPA UGM Jurusan Biologi Lingkungan angkatan 1986 di perayaan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 adalah MIPA Business Gathering pada 29 Juni 2024 yang mempertemukan universitas dengan pihak industri. Program ini telah membantu menjembatani kesenjangan antara dunia akademik dan dunia kerja, dengan menciptakan peluang kerja sama yang saling menguntungkan.

Acara business gathering menjadi wadah penting bagi kampus untuk mempererat kolaborasi dengan berbagai perusahaan, menciptakan peluang kerja sama yang saling menguntungkan. Alumni seperti Didi Purwadi sangat mengapresiasi inisiatif ini karena mampu menjembatani kesenjangan antara lulusan yang siap kerja dengan kebutuhan industri.

Dalam Business Gathering tersebut, beberapa MoU (Memorandum of Understanding) berhasil ditandatangani antara FMIPA UGM dan berbagai perusahaan. Program ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa yang mendapatkan peluang lebih besar untuk memasuki dunia kerja, tetapi juga bagi industri yang memperoleh tenaga kerja berkualitas yang siap pakai. Selain itu, acara ini juga menjadi langkah strategis bagi FMIPA UGM dalam meningkatkan sumber daya dan mendukung keberlanjutan finansial fakultas serta memberikan kesejahteraan lebih baik bagi civitas akademika.

Program ini sangat berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang mendorong terciptanya pekerjaan yang bermartabat dan produktif bagi semua. Selain itu, Business Gathering mendukung SDG 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan karena memperkuat kolaborasi antara universitas dan dunia industri demi mencapai manfaat yang saling menguntungkan.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Workshop Finalisasi Hibah Akreditasi ASIIN di FMIPA UGM Sukses Digelar dalam Diskusi Aktif untuk Mewujudkan Kesetaraan Kualitas Akademik Jenjang S2 dan S3

Acara Workshop Finalisasi Laporan Akreditasi ASIIN pada 14 September 2024 yang dipimpin oleh Prof. Drs. Roto, M.Eng, Ph.D. berlangsung dengan lancar dengan memberikan ruang diskusi terbuka untuk penyusunan dokumen yang diperlukan. Workshop tersebut kemudian dibuka oleh Prof. Sri Wahyuni yang mengarahkan pembahasan pada berbagai poin kritis.

Pembahasan utama meliputi masukan dari Widya selaku narasumber terkait program S2 dan S3. Untuk program S2, terdapat concern mengenai diploma supplement dengan data kohort, lulusan, dan penjelasan mengenai kesetaraan ECTS. Sementara itu, untuk program S3, dibahas tentang kesetaraan antara jalur reguler dan by research yang masih menjadi perhatian selama ini, terutama terkait target proses dan output yang berbeda. Selain itu, isu mengenai workload dan panduan regulasi akademik juga dibahas mendalam. Dalam evaluasi, Widya juga menyoroti pentingnya siklus QA (Quality Assurance) yang hasilnya harus disampaikan kepada mahasiswa.

Dengan diskusi mendalam yang berlangsung produktif, berbagai isu penting terkait penyusunan laporan akreditasi kembali dibahas untuk menyempurnakan program studi di Fakultas MIPA. Untuk Pembahasan utama meliputi panduan akademik S3 yang menekankan pentingnya penyesuaian SKS antara program reguler dan by research, hasil survei menunjukkan perbedaan beban kerja dan durasi studi sehingga penting untuk merevisi hitungan SKS agar lebih sesuai dengan beban akademik.

Selain itu, Widya juga menekankan pentingnya mengintegrasikan peminatan dalam program S2. Dalam rapat tersebut, disarankan agar SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) dapat mencakup peminatan, untuk membantu mahasiswa lebih mudah mencari pekerjaan.

Workshop yang diselenggarakan FMIPA UGM berperan penting dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4: Pendidikan Berkualitas, yang menggarisbawahi pentingnya akses pendidikan tinggi yang inklusif dan setara, serta peningkatan kualitas pendidikan melalui akreditasi internasional.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi:  Wahyu Micho Indrawan
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Cerita Rosa, Alumnus FMIPA UGM Bagikan Pengalaman Misa Kudus bersama Paus Fransiskus

Kedatangan Paus Fransiskus, pemuka agama Katolik tertinggi di dunia menjadi sorotan di media masa Indonesia. Sosok Margareta Rosemary yang akrab dipanggil Rosa, Alumnus FMIPA UGM program studi Fisika membagikan pengalaman berharganya saat mendapatkan kesempatan mengikuti Misa Kudus bersama Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Pengalaman tersebut menjadi impian banyak umat Katolik yang mendambakan sosok bersahaja dan mulia dari Paus Fransiskus.

Misa Kudus dilaksanakan pada awal bulan September yang merupakan salah satu rangkaian Kunjungan Apostolik Bapa Suci ke Indonesia. Menurut Rosa, momen tersebut merupakan momen langka karena kunjungan Paus terakhir ke Indonesia adalah 35 tahun yang lalu yaitu pada tahun 1989. Pada momen tersebut, tentunya Rosa belum lahir.

“Bersyukur atas pengalaman iman ini, Saya semakin diteguhkan akan kesatuan Gereja Katolik. “Viva il Papa! Viva Papa Francesco! Welcome to Indonesia Papa Francesco”. Delapan puluh tujuh ribu umat Katolik dari seluruh penjuru tanah air antusias bersorak menyambut Bapa Paus di GBK. Misa kudus berjalan dengan hikmat dan penuh syukur. Salah satu pesan Bapa Suci yang saya bawa pulang:  Jangan lelah untuk terus menabur kebaikan, walaupun kita belum tentu menuai hasilnya. Kiranya pesan ini juga baik untuk bangsa kita yang Bhinneka Tunggal Ika. Benih-benih kebaikan mempererat persaudaraan dan kesatuan kita sebagai Bangsa Indonesia,” papar Rosa.

Rosa juga bercerita mengenai pengalaman yang didapat setelah rangkaian misa usai.

“Setelah rangkaian misa kudus selesai, kami semua pulang dengan penuh suka cita dan siap diutus menabur kebaikan. Acara berlangsung sampai malam, dari semua orang yang saya jumpai tidak ada satupun yang mengeluh lelah apalagi menyesal menjadi bagian dari momen bersejarah ini. Hari itu begitu mudah mendapatkan foto bagus, kegembiraan ‘overflow’ dari dalam hati kami,” ungkap Rosa.

Dalam hal ini Rosa memiliki harapan bahwa semoga teladan kesederhanaan Bapa Paus dan pesan untuk senantiasa menabur kebaikan selalu mengutamakan dialog dalam keberagaman menginspirasi banyak orang. Dari cerita Alumnus FMIPA tersebut menjadi cerminan dari SDGs nomor 16 yaitu Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh melalui pesan damai yang disampaikan agar tidak menimbulkan konflik di Indonesia khususnya konflik antar umat beragama.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Margareta Rosemary

Read More

Membanggakan! Intip Seluk Beluk Penciptaan Karya Musik Mahasiwa Prodi Ilmu Komputer: “Where the Day Go”

Salah satu hal yang disoroti pada penampilan Malam Kangen Temu Alumni adalah karya musik yang dibawakan oleh band dari Prodi Ilmu Komputer pada Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 yaitu lagu berjudul Where the Day Go. Lagu ini diciptakan oleh Farrel Fauzan, salah satu anggota band yang merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Komputer, Farrel mulai menulis lagu tersebut sejak tahun 2021. Setelah melalui proses panjang, lagu tersebut akhirnya selesai diproduksi pada Agustus 2024 dan kini sudah dirilis di YouTube, Spotify, Apple Music serta berbagai platform musik lainnya.

Farrel, yang sudah tertarik dengan genre modern rap sejak SD telah aktif menciptakan musik sejak duduk di bangku SMA bersama teman-teman bandnya. Keunikan dari Where the Day Go terletak pada teknik musik kontemporer dan modern rap yang mampu menambahkan elemen segar dalam musik mereka.

Karya ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Ilmu Komputer FMIPA UGM tidak hanya berprestasi di bidang teknologi, tetapi juga memiliki kreativitas tinggi dalam menciptakan karya seni yang inspiratif.

Kreativitas dalam seni musik seperti ini mendukung SDGs poin ke-4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan di bidang seni musik serta poin ke-8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, di mana inovasi dalam industri kreatif dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi. Selain itu, SDGs poin ke-9, Inovasi, Infrastruktur, dan Industri, juga tercermin dalam cara mahasiswa mengombinasikan teknologi dan seni untuk menciptakan karya musik yang unik dan berkelanjutan.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-69 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM menyelenggarakan acara Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-69 di Auditorium FMIPA UGM pada Rabu, 19 September 2024 serta disiarkan langsung dari media Youtube FMIPA UGM. Acara tersebut merupakan acara puncak dari seluruh rangkaian acara dalam memperingati Dies Natalis FMIPA UGM ke-69. Rangkaian acara Rapat Senat Terbuka terdiri atas pembukaan oleh Ketua Senat FMIPA UGM, sambutan Rektor UGM, laporan Dekan FMIPA UGM, orasi ilmiah, penyerahan cinderamata, penyerahan penghargaan kepada mitra kerja sama, doa, dan penutup. Acara turut dihadiri oleh segenap sivitas akademika FMIPA UGM serta bebagai tamu undangan.

Ketua Senat, Prof. Drs. Mudasir, M.Eng., Ph.D. dalam hal ini membuka acara dengan menyampaikan tema Dies Natalis FMIPA yang diangkat pada tahun ini dengan mengacu pada SDGs khususnya pada poin nomor 9 yaitu mengenai Industri, Inovasi, dan Infrastruktur.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada dosen, tendik, mahasiwa, dan mitra yang bahu membahu meningkatkan kinerja fakultas dari tahun ke tahun,” papar Prof. Kuwat Triyana selaku Dekan FMIPA UGM saat memaparkan laporan dekan. Beberapa poin penting yang tercantum dalam laporan dekan adalah persebaran lulusan dan alumni, publikasi dan penelitian dosen, prestasi mahasiswa, kualitas kinerja pegawai, perbaikan fasilitas kampus, dan dukungan terhadap kondisi kesehatan mental baik untuk dosen, mahasiswa, dan pegawai di FMIPA UGM. Laporan Dekan FMIPA UGM dapat diakses melalui tautan https://publuu.com/flip-book/239643/1470848

Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), Ph.D. selaku Rektor UGM turut memberikan sambutan dan turut memberikan apresiasi kepada FMIPA UGM atas kolaborasi dan dampak yang telah dilakukan.

“Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada FMIPA UGM yang telah mengembangkan kolaborasi dengan stakeholder, baik pemerintah, industri, atau alumni. Saya yakin nanti dapat memberikan hasil nyata bagi masyarakat luas,” papar Prof. Ova.

Kemudian acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh Andi Boediman selaku CEO Ideosource Entertainment yang menyampaikan perihal kesiapan inovasi sesuai dengan tema Dies Natalis FMIPA UGM ke-69.

“Jatuh cintalah pada masalahnya bukan pada solusinya. Teknologi itu digunakan untuk memecahkan solusinya,” papar Andi.

FMIPA UGM turut memberikan penghargaan kepada mitra-mitra kerja sama yang selama ini turut berkolaborasi bersama seperti Teguh Suroso (Pertamina Hulu Energi) dan Bakhtiar (Volantis). Acara kemudian diakhiri dengan berdoa yang dipimpin oleh Dr. Chalis Setiadi dan kembali ditutup oleh Ketua Senat.

Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-69 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui agenda pendidikan untuk pembangunan melalui kerja sama dan kolaborasi dengan mitra dalam mencapai tujuan. Kemudian, hal ini juga sejalan dengan SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui kolaborasi inovasi dan teknologi antara FMIPA UGM dengan mitra sekaligus pemberian penghargaan kepada mitra terkait.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Sulaiman Nurhidayat

Read More

Tim Karawitan FMIPA UGM Pentas dalam Acara Rapat Senat Terbuka Dies Natalis FMIPA ke-69

Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM melaksanakan pentas dalam acara Rapat Senat Terbuka Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 di Auditorium FMIPA UGM yang diselenggarakan secara bauran yaitu daring dan luring. Berbagai persiapan telah dilakukan seperti latihan rutin di fakultas, koordinasi teknis pentas, dan koordinasi seragam tim. Pemain gamelan terdiri atas mahasiswa, pegawai, dan dosen di lingkungan FMIPA UGM.

Tantangan yang dihadapi ketika di lapangan adalah adanya risiko gangguan pada pengeras suara yang dapat mengganggu jalannya lagu yang dimainkan. Kemudian, dari konsep yang sedang dibuat, ada kemungkinan pemain gamelan juga turut dalam bermain peran di dalam pementasan drama. Dalam hal ini, beberapa lagu yang akan ditampilkan terdiri atas Babar Layar, Santi Mulya, Mari Kangen, Asmarandana, Pangkur, Ayun-Ayun, Nyidham Sari, Pangatak, Aja Dipleroki, Sarung Jagung, Ojo Lamis, dan Runtung.

Pentas karawitan yang dilakukan oleh Tim Laras Sains di FMIPA UGM menjadi kesempatan bagi para sivitas akademik untuk turut melestarikan budaya serta memberikan edukasi mengenai warisan budaya yang dimiliki. Hal ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan dalam seni karawitan dan nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui pelestarian warisan budaya berupa seni karawitan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Sulaiman Nurhidayat

Read More

FMIPA UGM Gelar Kuliah Tamu bersama Islamic Insurance Society: Peran Aktuaris pada Asuransi Syariah

FMIPA UGM menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema Peran Aktuaris pada Asuransi Syariah besama Islamic Insurance Society pada Rabu, 19 September 2024 di Auditorium FMIPA UGM. Acara tersebut terbuka bagi seluruh mahasiswa FMIPA UGM dan wajib bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengembangan Karir dan Profesi Aktuaris (PKPA). Narasumber pada kuliah tamu tersebut adalah Yetti Rochyatini dengan membawa materi Sekilas tentang Islamic Insurance Society dan Ira Dewi Alfiani, FSAI dengan membawa materi Pengembangan Karir dan Profesi Aktuaris di Perusahaan Asuransi Syariah.

“Acaranya sangat insightful, sangat membuka wawasan Saya sebagai mahasiswa Ilmu Aktuaria tentang dunia perasuransian syariah. Pada umumnya, perkuliahan kami lebih menekankan terkait asuransi konvensional. Oleh karena itu, dengan adanya kuliah tamu ini, Saya bisa lebih menggali dalam apakah perbedaan asuransi syariah dan konvensional, bagaimana sistem bekerjanya hingga apa saja yang tidak boleh dilakukan di asuransi syariah namun boleh dilakukan di asuransi konvensional,” papar Dio selaku mahasiswa Ilmu Aktuaria FMIPA UGM.

Dalam hal ini, Dio juga berharap bahwa semoga akan banyak mata kuliah yang berkaitan dengan asuransi syariah yang diadakan di FMIPA UGM ini.

Kuliah tamu Peran Aktuaris pada Asuransi Syariah yang diselenggarakan oleh FMIPA UGM bersama dengan Islamic Insurance Society merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa di bidang asuransi dan aktuaria serta menjadi cerminan dari SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dan kolaborasi kuliah tamu antara FMIPA UGM dengan Islamic Insurance Society.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Dhanendra Azriel Ramadhany

Read More

Bernostalgia dan Momen Napak Tilas, Alumni FMIPA Meriahkan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69

Pada peringatan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69, alumni dari berbagai kota datang untuk bersilaturahmi dan bernostalgia di acara Family Gathering pada 15 September 2024. Momen ini tidak hanya sekadar merayakan ulang tahun ke-69 FMIPA, tetapi juga menjadi ajang penting untuk memperkuat kolaborasi antara alumni dan fakultas. Alumni yang hadir memanfaatkan kesempatan ini untuk berkontribusi dalam pengembangan program-program di masa mendatang.

Ketua KAGAMA Tangerang Selatan, Didi Purwadi, alumni FMIPA UGM angkatan 1986, sangat mengapresiasi kemajuan yang dicapai FMIPA UGM, baik dalam berkolaborasi dengan industri maupun infrastruktur kampus. Transformasi yang dipimpin oleh Prof. Kuwat dinilai sangat positif, menciptakan suasana yang lebih inklusif bagi mahasiswa dan alumni.

Acara ini berhubungan dengan SDGs poin ke-4, Pendidikan Berkualitas, yang menekankan pentingnya pendidikan berkelanjutan dan kolaborasi antara universitas dan dunia industri untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan di dunia kerja. Selain itu, SDGs poin ke-17 yakni Kemitraan untuk Mencapai Tujuan juga tercermin dalam kemitraan strategis antara alumni, industri, dan kampus untuk menciptakan sinergi yang saling menguntungkan.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Alumni FMIPA UGM Soroti Suksesnya Program MIPA Business Gathering dalam Menghubungkan Dunia Pendidikan dan Industri

Salah satu program FMIPA UGM yang dipandang sukses oleh Didi Purwadi selaku alumni FMIPA UGM Jurusan Biologi Lingkungan angkatan 1986 di perayaan Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 adalah MIPA Business Gathering pada 29 Juni 2024 yang mempertemukan universitas dengan pihak industri. Program ini telah membantu menjembatani kesenjangan antara dunia akademik dan dunia kerja, dengan menciptakan peluang kerja sama yang saling menguntungkan.

Acara business gathering menjadi wadah penting bagi kampus untuk mempererat kolaborasi dengan berbagai perusahaan, menciptakan peluang kerja sama yang saling menguntungkan. Alumni seperti Didi Purwadi sangat mengapresiasi inisiatif ini karena mampu menjembatani kesenjangan antara lulusan yang siap kerja dengan kebutuhan industri.

Dalam Business Gathering tersebut, beberapa MoU (Memorandum of Understanding) berhasil ditandatangani antara FMIPA UGM dan berbagai perusahaan. Program ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa yang mendapatkan peluang lebih besar untuk memasuki dunia kerja, tetapi juga bagi industri yang memperoleh tenaga kerja berkualitas yang siap pakai. Selain itu, acara ini juga menjadi langkah strategis bagi FMIPA UGM dalam meningkatkan sumber daya dan mendukung keberlanjutan finansial fakultas serta memberikan kesejahteraan lebih baik bagi civitas akademika.

Program ini sangat berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang mendorong terciptanya pekerjaan yang bermartabat dan produktif bagi semua. Selain itu, Business Gathering mendukung SDG 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan karena memperkuat kolaborasi antara universitas dan dunia industri demi mencapai manfaat yang saling menguntungkan.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Workshop Finalisasi Hibah Akreditasi ASIIN di FMIPA UGM Sukses Digelar dalam Diskusi Aktif untuk Mewujudkan Kesetaraan Kualitas Akademik Jenjang S2 dan S3

Acara Workshop Finalisasi Laporan Akreditasi ASIIN pada 14 September 2024 yang dipimpin oleh Prof. Drs. Roto, M.Eng, Ph.D. berlangsung dengan lancar dengan memberikan ruang diskusi terbuka untuk penyusunan dokumen yang diperlukan. Workshop tersebut kemudian dibuka oleh Prof. Sri Wahyuni yang mengarahkan pembahasan pada berbagai poin kritis.

Pembahasan utama meliputi masukan dari Widya selaku narasumber terkait program S2 dan S3. Untuk program S2, terdapat concern mengenai diploma supplement dengan data kohort, lulusan, dan penjelasan mengenai kesetaraan ECTS. Sementara itu, untuk program S3, dibahas tentang kesetaraan antara jalur reguler dan by research yang masih menjadi perhatian selama ini, terutama terkait target proses dan output yang berbeda. Selain itu, isu mengenai workload dan panduan regulasi akademik juga dibahas mendalam. Dalam evaluasi, Widya juga menyoroti pentingnya siklus QA (Quality Assurance) yang hasilnya harus disampaikan kepada mahasiswa.

Dengan diskusi mendalam yang berlangsung produktif, berbagai isu penting terkait penyusunan laporan akreditasi kembali dibahas untuk menyempurnakan program studi di Fakultas MIPA. Untuk Pembahasan utama meliputi panduan akademik S3 yang menekankan pentingnya penyesuaian SKS antara program reguler dan by research, hasil survei menunjukkan perbedaan beban kerja dan durasi studi sehingga penting untuk merevisi hitungan SKS agar lebih sesuai dengan beban akademik.

Selain itu, Widya juga menekankan pentingnya mengintegrasikan peminatan dalam program S2. Dalam rapat tersebut, disarankan agar SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) dapat mencakup peminatan, untuk membantu mahasiswa lebih mudah mencari pekerjaan.

Workshop yang diselenggarakan FMIPA UGM berperan penting dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4: Pendidikan Berkualitas, yang menggarisbawahi pentingnya akses pendidikan tinggi yang inklusif dan setara, serta peningkatan kualitas pendidikan melalui akreditasi internasional.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi:  Wahyu Micho Indrawan
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Cerita Rosa, Alumnus FMIPA UGM Bagikan Pengalaman Misa Kudus bersama Paus Fransiskus

Kedatangan Paus Fransiskus, pemuka agama Katolik tertinggi di dunia menjadi sorotan di media masa Indonesia. Sosok Margareta Rosemary yang akrab dipanggil Rosa, Alumnus FMIPA UGM program studi Fisika membagikan pengalaman berharganya saat mendapatkan kesempatan mengikuti Misa Kudus bersama Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Pengalaman tersebut menjadi impian banyak umat Katolik yang mendambakan sosok bersahaja dan mulia dari Paus Fransiskus.

Misa Kudus dilaksanakan pada awal bulan September yang merupakan salah satu rangkaian Kunjungan Apostolik Bapa Suci ke Indonesia. Menurut Rosa, momen tersebut merupakan momen langka karena kunjungan Paus terakhir ke Indonesia adalah 35 tahun yang lalu yaitu pada tahun 1989. Pada momen tersebut, tentunya Rosa belum lahir.

“Bersyukur atas pengalaman iman ini, Saya semakin diteguhkan akan kesatuan Gereja Katolik. “Viva il Papa! Viva Papa Francesco! Welcome to Indonesia Papa Francesco”. Delapan puluh tujuh ribu umat Katolik dari seluruh penjuru tanah air antusias bersorak menyambut Bapa Paus di GBK. Misa kudus berjalan dengan hikmat dan penuh syukur. Salah satu pesan Bapa Suci yang saya bawa pulang:  Jangan lelah untuk terus menabur kebaikan, walaupun kita belum tentu menuai hasilnya. Kiranya pesan ini juga baik untuk bangsa kita yang Bhinneka Tunggal Ika. Benih-benih kebaikan mempererat persaudaraan dan kesatuan kita sebagai Bangsa Indonesia,” papar Rosa.

Rosa juga bercerita mengenai pengalaman yang didapat setelah rangkaian misa usai.

“Setelah rangkaian misa kudus selesai, kami semua pulang dengan penuh suka cita dan siap diutus menabur kebaikan. Acara berlangsung sampai malam, dari semua orang yang saya jumpai tidak ada satupun yang mengeluh lelah apalagi menyesal menjadi bagian dari momen bersejarah ini. Hari itu begitu mudah mendapatkan foto bagus, kegembiraan ‘overflow’ dari dalam hati kami,” ungkap Rosa.

Dalam hal ini Rosa memiliki harapan bahwa semoga teladan kesederhanaan Bapa Paus dan pesan untuk senantiasa menabur kebaikan selalu mengutamakan dialog dalam keberagaman menginspirasi banyak orang. Dari cerita Alumnus FMIPA tersebut menjadi cerminan dari SDGs nomor 16 yaitu Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh melalui pesan damai yang disampaikan agar tidak menimbulkan konflik di Indonesia khususnya konflik antar umat beragama.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Margareta Rosemary

Read More

Membanggakan! Intip Seluk Beluk Penciptaan Karya Musik Mahasiwa Prodi Ilmu Komputer: “Where the Day Go”

Salah satu hal yang disoroti pada penampilan Malam Kangen Temu Alumni adalah karya musik yang dibawakan oleh band dari Prodi Ilmu Komputer pada Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 yaitu lagu berjudul Where the Day Go. Lagu ini diciptakan oleh Farrel Fauzan, salah satu anggota band yang merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Komputer, Farrel mulai menulis lagu tersebut sejak tahun 2021. Setelah melalui proses panjang, lagu tersebut akhirnya selesai diproduksi pada Agustus 2024 dan kini sudah dirilis di YouTube, Spotify, Apple Music serta berbagai platform musik lainnya.

Farrel, yang sudah tertarik dengan genre modern rap sejak SD telah aktif menciptakan musik sejak duduk di bangku SMA bersama teman-teman bandnya. Keunikan dari Where the Day Go terletak pada teknik musik kontemporer dan modern rap yang mampu menambahkan elemen segar dalam musik mereka.

Karya ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Ilmu Komputer FMIPA UGM tidak hanya berprestasi di bidang teknologi, tetapi juga memiliki kreativitas tinggi dalam menciptakan karya seni yang inspiratif.

Kreativitas dalam seni musik seperti ini mendukung SDGs poin ke-4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan di bidang seni musik serta poin ke-8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, di mana inovasi dalam industri kreatif dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi. Selain itu, SDGs poin ke-9, Inovasi, Infrastruktur, dan Industri, juga tercermin dalam cara mahasiswa mengombinasikan teknologi dan seni untuk menciptakan karya musik yang unik dan berkelanjutan.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More
Translate