Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

September 17, 2024

Mahasiswa Aktuaria FMIPA UGM dan Actuarial Student UiTM Malaysia Gelar Kegiatan Sosial Kebencanaan

Mahasiswa Aktuaria FMIPA UGM dan Actuarial Student UTiM Malaysia menyelenggarakan kegiatan sosial bersama melalui agenda Natural Cultural Visit and Community Volunteerism pada Kamis, 12 September 2024 di kawasan Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Staff and Student Mobility Program yang berlangsung dari 9 – 13 September 2024 di FMIPA UGM. Terdapat 15 mahasiswa dan 8 dosen dari Universiti Teknologi Mara Malaysia.

“Ekskursi ini sangat berkaitan dengan dunia Ilmu Aktuaria. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui, bagian riset aktuaria ada yang berfokus pada asuransi bencana. Oleh karena itu, pemilihan Merapi dapat menjadi alasan kuat untuk belajar bagaimana cara memitigasi risiko bencana baik itu menggunakan Ilmu Aktuaria ataupun pengetahuan terhadap gunung itu sendiri. Pada acara kali ini, kami juga mengajak teman-teman dari Geofisika untuk menjadi tour guide dan menjelaskan mengenai permasalahan gunung dan mitigasi risiko bencana,” papar Dio selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Aktuaria FMIPA UGM.

“Semoga acara senang-senang sambil belajar ini terus diadakan guna membangun chemistry yang baik antara beberapa pihak mulai dari dosen, mahasiswa, pihak eksternal dan segala pihak yang mungkin bisa terkait,” papar Dio.

Kegiatan FMIPA UGM bersama dengan UiTM dalam Staff and Student Mobility Program merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses pendidikan berkelanjutan bagi mahasiswa dan dosen kedua pihak serta peningkatan keterampilan bagi mahasiswa dan dosen baik FMIPA UGM atau UiTM. Kemudian, hal ini menjadi cerminan dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur serta nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan 17 yaitu Kemitraan untu Mencapai tujuan melalui kerja sama di bidang inovasi dan penelitian khsuusnya di bidang Aktuaria khususnya di bidang manajemen risiko bencana.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Tim Media Himpunan Mahasiswa Aktuaria FMIPA UGM

Read More

Mahasiswa FMIPA UGM Ikuti Pembekalan KKN PPM UGM Periode IV

Wahyu Micho bersama mahasiswa FMIPA lainnya mengikuti pembekalan KKN PPM UGM Periode IV yang diselenggarakan pada Sabtu – Minggu, 7 -8 September 2024 di Fakultas Pertanian UGM. Dalam hal ini, pembekalan KKN PPM UGM Periode IV akan diselenggarakan 20 Desember 2024 – 7 Februari 2025. Pada hari pertama, materi yang diberikan adalah penerapan ilmu di masyarakat, tujuan KKN, teknologi tepat guna, komunikasi masyarakat, serta sejarah dan paradigma KKN.

“Sangat membuka insight sekali karena pembekalan secara luring lebih mudah diterima dan interaktif. Dosennya menyampaikan dengan guyonan sehingga menyenangkan,” papar Micho, mahasiswa Elins FMIPA UGM.

Pada hari kedua, materi yang disampaikan adalah mengenai etika dan tata tertib KKN, prinsip etika pergaulan, studi kasus di lokasi KKN, dan administrasi KKN seperti laporan dan asuransi kesehatan mahasiswa. Setelah mengikuti pembekalan, mahasiswa akan melakukan pengecekan kesehatan di GMC untuk memastikan kondisi mahasiswa prima untuk melaksanakan KKN. Kemudian mahasiswa akan melakukan tes untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa memahami seluruh materi yang sudah diberikan.

Kegiatan pembekalan KKN yang diikuti oleh Micho beserta mahasiswa FMIPA lainnya merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan dalam memajukan desa lokasi penempatan KKN.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Wahyu Micho

Read More

MIPAnet School of Leaders Hari Kedua: Dorong Penjaminan Mutu Kampus Sains Indonesia

Lima puluh pimpinan dari berbagai instansi yang tergabung dalam Jaringan Kerja Sama Nasional Lembaga Pendidikan Tinggi Bidang MIPA di seluruh Indonesia mengikuti MIPAnet School of Leaders pada Rabu – Sabtu, 4 – 7 September 2024 di Ruang Auditorium FMIPA UGM. Acara ini dihadiri berbagai pimpinan instansi seperti Dekan FMIPA Unsoed, Dekan FMIPA IPB, Dekan FMIPA UNP, Dekan FST Undana, Dekan FMIPA USU, Dekan FMIPA IPB, dan lainnya. Beberapa pemateri berasal dari pihak UGM seperti Rektor UGM, Ketua HPU UGM, dan Kepala Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi UGM.

Pada hari kedua yaitu 5 September 2024, materi yang dipaparkan terdiri atas Akreditasi Perguruan Tinggi di Bidang MIPA (LAM/ASIIN/RSC) oleh Prof Drs. Roto, M.Sc., Ph.D. (LAMSAMA), Strategi Mengelola Konflik oleh Indrayanti, S.Psi., M.Si., Ph.D. (Fakultas Psikologi UGM), Pembelajaran Jarak Jauh oleh Dr. Subekti Nurmawati, M.Si. (Dekan FST Universitas Terbuka), dan Strategi Kerja Sama Luar Negeri oleh Prof. Dr. Puji Astuti (Direktur Kemitraan dan Relasi Global UGM). Materi-materi yang diberikan serta diskusi yang dilakukan turut memperkaya wawasan masing-masing pihak serta mendorong pemecahan masalah yang ada untuk melakukan peningkatan dan pengembangan di masing-masing instansi. Selain itu, peserta MIPAnet mendapatkan kesempatan dalam melakukan tur di berbagai hasil penelitian FMIPA UGM.

Hadirnya MIPAnet School of Leaders menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan kepemimpinan dan manajemen bagi pemimpin di kampus sains serta mendorong pendidikan untuk keberlanjutan dan pembangunan. Selain itu, agenda tersebut menjadi implementasi dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dan inovasi dalam mendongkrak kualitas kampus sains di Indonesia dengan sharing session yang dilakukan untuk berbagi ide dan pandangan serta mencari solusi yang tepat bagi masing-masing instansi.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Read More

Fisika FMIPA UGM Gelar International Conference on Magnetism and Its Applications (ICMIA) 2024

Fisika FMIPA UGM menggelar agenda International Conference on Magnetism and Its Applications (ICMIA) 2024 yang diselenggarakan pada tanggal 5 – 6 September 2024, di Loman Park Hotel Yogyakarta. Agenda ini telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Pada tahun 2024, Departemen Fisika FMIPA UGM menjadi tuan rumah dengan Prof. Edi Suharyadi sebagai ketua pelaksananya. Agenda tahunan ini berada pada naungan Indonesian Magnetic Society.

Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada turut hadir dalam memberikan sambutan dan membuka acara tersebut. Dalam hal ini, Prof. Kuwat turut mendukung dan menyambut baik kegiatan yang memberikan peluang dan kesempatan pada riset dan inovasi di bidang magnetik dan aplikasinya di kehidupan sehari-hari.

Secara umum, kegiatan yang dilakukan adalah presentasi dan diskusi dari hasil riset di bidang Fisika yang terdiri atas 8 kategori seperti magnetic thin films, advanced and functional magnetic materials, superconductivity, geo-paleo-rock envinronmental magneticsm, dan lainnya. Kegiatan ini diikuti berbagai instansi seperti Institut Teknik Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Solo, Institut Sepuluh November, BRIN, dan lainnya. Beberapa peneliti termasuk mahasiswa dan dosen turut melakukan presentasi.

Kegiatan International Conference on Magnetism and Its Applications (ICMIA) 2024 yang diselenggarakan oleh Departemen Fisika FMIPA UGM menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses pendidikan keberlanjutan di bidang magnetik dan aplikasinya serta implementasi dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui riset, inovasi, dan teknologi pada presentasi yang dilakukan. Selain itu, hadirnya instansi lainnya pada wadah tersebut membuka peluang kerja sama di bidang inovasi dan riset untuk keberlanjutan sehingga menjadi implementasi dari SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untu Mencapai Tujuan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Reportase: Sulaiman Nurhidayat
Dokumentasi: Danendra Azriel Ramadhany

Read More

FMIPA UGM Gelar Charity Fun Run: Berlari Bersama Dukung Dana Pendidikan dan Gaya Hidup Sehat Berkelanjutan

FMIPA UGM menggelar kegiatan berlari bersama dengan tema acara Charity Fun Run pada Senin, 16 September 2024 dengan garis start di FMIPA UGM. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 yang bertujuan untuk turut mendukung gaya hidup sehat berkelanjutan melalui berlari, menjadi wadah untuk menyalurkan hobi berlari, dan menjadi ajang untuk menggalang dana untuk pendidikan. Acara dibuka oleh Dekan FMIPA UGM, Prof. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. dengan mengibarkan bendera pertanda lari dimulai.

“Jadi tujuan dari FMIPA UGM Charity Fun Run ini adalah untuk mendorong Health Promoting University. Jadi, kami ingin agar civitas akademika di FMIPA terutama mempunyai tubuh yang sehat. Nah, salah satunya adalah dengan melaksanakan lari jarak menengah agar teman-teman mulai memikirkan tentang kesehatan dirinya melalui olahraga lari, olahraga yang paling mudah dan murah meriah,” papar Dr. Wiwit Suryanto, selaku Wakil Dekan FMIPA UGM sekaligus Ketua Dies Natalis FMIPA UGM.

Peserta akan menempuh jarak sejauh 6,9 kilometer dengan garis awal dan akhir di FMIPA UGM. Kemudian, peserta akan mendapatkan fasilitas berupa jersey, BIB number, medical team, finisher medal, dan goodie bag. Kegiatan ini dibuka untuk umum sehingga harapannya akan berdampak lebih luas ke masyarakat dalam mendorong gaya hidup sehat dan berkelanjutan dengan berlari sekaligus dalam penggalangan donasi untuk pendidikan.

Kegiatan Charity Fun Run yang diselenggarakan FMIPA UGM merupakan cerminan dari SDGs nomor 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera melalui dukungan kegiatan hidup sehat dengan berlari yang turut menyokong pencegahan penyakit seperti diabetes melitus dan obesitas serta mendorong gaya hidup berkelanjutan. Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses pendidikan lewat penggalangan donasi atau dana yang dilakukan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Tim Media FMIPA UGM.

Read More

Tim Karawitan FMIPA UGM Gelar Gladi Bersih Jelang Rapat Senat FMIPA

Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM melaksanakan gladi bersih latihan gamelan pada Selasa, 17 September 2024 dalam rangka persiapan acara pentas dalam rangka memeriahkan Rapat Senat Terbuka FMIPA UGM pada 19 September mendatang di Auditorium FMIPA UGM. Berbagai persiapan telah dilakukan seperti latihan rutin di fakultas, koordinasi teknis pentas, dan koordinasi seragam tim. Pemain gamelan terdiri atas mahasiswa, pegawai, dan dosen di lingkungan FMIPA UGM.

Tantangan yang dihadapi ketika di lapangan adalah adanya risiko gangguan pada pengeras suara yang dapat mengganggu jalannya lagu yang dimainkan. Kemudian, dari konsep yang sedang dibuat, ada kemungkinan pemain gamelan juga turut dalam bermain peran di dalam pementasan drama. Dalam hal ini, beberapa lagu yang akan ditampilkan terdiri atas Babar Layar, Santi Mulya, Mari Kangen, Asmarandana, Pangkur, Ayun-Ayun, Nyidham Sari, Pangatak, Aja Dipleroki, Sarung Jagung, Ojo Lamis, dan Runtung.

Latihan karawitan yang dilakukan oleh Tim Laras Sains di FMIPA UGM menjadi kesempatan bagi para sivitas akademik untuk turut melestarikan budaya serta memberikan edukasi mengenai warisan budaya yang dimiliki. Hal ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan dalam seni karawitan dan nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui pelestarian warisan budaya berupa seni karawitan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Sulaiman Nur Hidayat

Read More

Menuju Puncak Perayaan Dies Natalis ke-69, FMIPA UGM Gelar Family Gathering

FMIPA UGM menyelenggarakan Family Gathering 2024 yang merupakan salah satu rangkaian acara dari dies natalis ke-69 pada Minggu, 15 September 2024 di lingkungan kampus FMIPA UGM. Kegiatan ini bertujuan dalam mempertemukan alumni FMIPA UGM serta mempererat silahturahmi antar alumni dalam balutan acara santai dengan membawa anggota keluarga.

“Senang sekali bisa ikut terlibat dan mendapatkan doorprize. Dua kali ikut dies natalis dan dapet doorprize terus. Dulu dapet kipas angin portable sekarang dapet sepeda lipat. Dies makin seru, makin rame, hadiahe makin banyak serta acaranya ga monoton,” papar Rini selaku alumni FMIPA UGM.

Beragam suguhan acara dan hiburan disajikan mulai pukul 6 pagi hingga siang hari. Berbagai alumni dari berbagai tahun turut hadir baik sebagai tamu atau pengisi acara. Beberapa acara Family Gathering  terdiri atas jalan sehat, sambutan, pemotongan kue, kelas dongeng untuk anak, pembagian hadiah, sek kesehatan, hiburan, dan makan-makan. Acara dibuka oleh beberapa pihak seperti Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si.

“MIPA menjadi kebanggan kita bersama. MIPA sedang menjadi percontohan transformasi bagi fakultas-fakultas lain. Sekarang, kalau ditanya ga perlu malu lagi ditanya alumni mana. Saya MIPA UGM. Semoga masih berlanjut transformasinya. Selamat ulang tahun FMIPA UGM!” papar Arif, selaku pengurus Kamipagama (Keluarga Alumni MIPA UGM).

Family Gathering yang diselenggarakan oleh FMIPA UGM menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui peningkatan keterampilan mahasiswa, dosen, dan pegawai FMIPA untuk berkolaborasi dalam acara. Kemudian, acara ini menjadi implementasi dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui perluasan kerja sama di bidang inovasi dan industri antara FMIPA UGM dengan alumni dan mitra.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Tim Media FMIPA UGM

Read More

Gemar Bermain Tenis Meja Hingga Kini Menjadi Wasit, Intip Kisah Cipto Driyo Peraih Juara 2

Kegemaran Cipto Driyo dalam perlombaan tenis meja tak perlu diragukan lagi. Cipto merupakan pegawai Departemen Fisika sekaligus bagian dari pengurus PTMSI dan menjabat sebagai humas serta kormasit, berbagi pengalamannya.

“Biasanya kami latihan 2 kali seminggu menjelang pertandingan. Jika tidak berlatih, pemain bisa kehilangan feel permainan,” papar Cipto.

Salah satu kesulitan yang dihadapinya adalah perubahan jadwal persiapan yang harus dipersingkat menjadi 1 minggu. Meskipun baru bermain tenis meja sejak 3 tahun lalu, Cipto telah menunjukkan kemahiran yang mengesankan.

“Saya mulai bermain saat pandemi Covid-19 dan caranya menjaga stamina sebelum lomba, saya memprioritaskan pola makan dan tidur yang teratur. Di tengah pekerjaan banyak, saya memastikan tidur maksimal jam 11 malam. Pengambilan job wasit biasanya di akhir pekan sehingga saya masih bisa menyeimbangkan pekerjaan,” papar Cipto.

Ketika ditanya tentang tingkat kesulitan perlombaan tenis meja dalam rangka dies natalis hari ini, Cipto memberi nilai 6 dari 10. Hal ini karena ia mengaku belum cukup istirahat setelah pertandingan sebelumnya sehingga langsung bertanding dalam kondisi belum optimal. Kegiatan tenis meja yang diselenggarakan FMIPA UGM tersebut turut mengimplementasikan SDGs poin 3 yaitu kehidupan sehat dan sejahtera dengan mengadakan lomba tenis meja untuk tubuh yang lebih sehat.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Indara Nurwulandari
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Mahasiswa Aktuaria FMIPA UGM dan Actuarial Student UiTM Malaysia Gelar Kegiatan Sosial Kebencanaan

Mahasiswa Aktuaria FMIPA UGM dan Actuarial Student UTiM Malaysia menyelenggarakan kegiatan sosial bersama melalui agenda Natural Cultural Visit and Community Volunteerism pada Kamis, 12 September 2024 di kawasan Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Staff and Student Mobility Program yang berlangsung dari 9 – 13 September 2024 di FMIPA UGM. Terdapat 15 mahasiswa dan 8 dosen dari Universiti Teknologi Mara Malaysia.

“Ekskursi ini sangat berkaitan dengan dunia Ilmu Aktuaria. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui, bagian riset aktuaria ada yang berfokus pada asuransi bencana. Oleh karena itu, pemilihan Merapi dapat menjadi alasan kuat untuk belajar bagaimana cara memitigasi risiko bencana baik itu menggunakan Ilmu Aktuaria ataupun pengetahuan terhadap gunung itu sendiri. Pada acara kali ini, kami juga mengajak teman-teman dari Geofisika untuk menjadi tour guide dan menjelaskan mengenai permasalahan gunung dan mitigasi risiko bencana,” papar Dio selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Aktuaria FMIPA UGM.

“Semoga acara senang-senang sambil belajar ini terus diadakan guna membangun chemistry yang baik antara beberapa pihak mulai dari dosen, mahasiswa, pihak eksternal dan segala pihak yang mungkin bisa terkait,” papar Dio.

Kegiatan FMIPA UGM bersama dengan UiTM dalam Staff and Student Mobility Program merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses pendidikan berkelanjutan bagi mahasiswa dan dosen kedua pihak serta peningkatan keterampilan bagi mahasiswa dan dosen baik FMIPA UGM atau UiTM. Kemudian, hal ini menjadi cerminan dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur serta nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan 17 yaitu Kemitraan untu Mencapai tujuan melalui kerja sama di bidang inovasi dan penelitian khsuusnya di bidang Aktuaria khususnya di bidang manajemen risiko bencana.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Tim Media Himpunan Mahasiswa Aktuaria FMIPA UGM

Read More

Mahasiswa FMIPA UGM Ikuti Pembekalan KKN PPM UGM Periode IV

Wahyu Micho bersama mahasiswa FMIPA lainnya mengikuti pembekalan KKN PPM UGM Periode IV yang diselenggarakan pada Sabtu – Minggu, 7 -8 September 2024 di Fakultas Pertanian UGM. Dalam hal ini, pembekalan KKN PPM UGM Periode IV akan diselenggarakan 20 Desember 2024 – 7 Februari 2025. Pada hari pertama, materi yang diberikan adalah penerapan ilmu di masyarakat, tujuan KKN, teknologi tepat guna, komunikasi masyarakat, serta sejarah dan paradigma KKN.

“Sangat membuka insight sekali karena pembekalan secara luring lebih mudah diterima dan interaktif. Dosennya menyampaikan dengan guyonan sehingga menyenangkan,” papar Micho, mahasiswa Elins FMIPA UGM.

Pada hari kedua, materi yang disampaikan adalah mengenai etika dan tata tertib KKN, prinsip etika pergaulan, studi kasus di lokasi KKN, dan administrasi KKN seperti laporan dan asuransi kesehatan mahasiswa. Setelah mengikuti pembekalan, mahasiswa akan melakukan pengecekan kesehatan di GMC untuk memastikan kondisi mahasiswa prima untuk melaksanakan KKN. Kemudian mahasiswa akan melakukan tes untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa memahami seluruh materi yang sudah diberikan.

Kegiatan pembekalan KKN yang diikuti oleh Micho beserta mahasiswa FMIPA lainnya merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan dalam memajukan desa lokasi penempatan KKN.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Wahyu Micho

Read More

MIPAnet School of Leaders Hari Kedua: Dorong Penjaminan Mutu Kampus Sains Indonesia

Lima puluh pimpinan dari berbagai instansi yang tergabung dalam Jaringan Kerja Sama Nasional Lembaga Pendidikan Tinggi Bidang MIPA di seluruh Indonesia mengikuti MIPAnet School of Leaders pada Rabu – Sabtu, 4 – 7 September 2024 di Ruang Auditorium FMIPA UGM. Acara ini dihadiri berbagai pimpinan instansi seperti Dekan FMIPA Unsoed, Dekan FMIPA IPB, Dekan FMIPA UNP, Dekan FST Undana, Dekan FMIPA USU, Dekan FMIPA IPB, dan lainnya. Beberapa pemateri berasal dari pihak UGM seperti Rektor UGM, Ketua HPU UGM, dan Kepala Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi UGM.

Pada hari kedua yaitu 5 September 2024, materi yang dipaparkan terdiri atas Akreditasi Perguruan Tinggi di Bidang MIPA (LAM/ASIIN/RSC) oleh Prof Drs. Roto, M.Sc., Ph.D. (LAMSAMA), Strategi Mengelola Konflik oleh Indrayanti, S.Psi., M.Si., Ph.D. (Fakultas Psikologi UGM), Pembelajaran Jarak Jauh oleh Dr. Subekti Nurmawati, M.Si. (Dekan FST Universitas Terbuka), dan Strategi Kerja Sama Luar Negeri oleh Prof. Dr. Puji Astuti (Direktur Kemitraan dan Relasi Global UGM). Materi-materi yang diberikan serta diskusi yang dilakukan turut memperkaya wawasan masing-masing pihak serta mendorong pemecahan masalah yang ada untuk melakukan peningkatan dan pengembangan di masing-masing instansi. Selain itu, peserta MIPAnet mendapatkan kesempatan dalam melakukan tur di berbagai hasil penelitian FMIPA UGM.

Hadirnya MIPAnet School of Leaders menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan kepemimpinan dan manajemen bagi pemimpin di kampus sains serta mendorong pendidikan untuk keberlanjutan dan pembangunan. Selain itu, agenda tersebut menjadi implementasi dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dan inovasi dalam mendongkrak kualitas kampus sains di Indonesia dengan sharing session yang dilakukan untuk berbagi ide dan pandangan serta mencari solusi yang tepat bagi masing-masing instansi.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Read More

Fisika FMIPA UGM Gelar International Conference on Magnetism and Its Applications (ICMIA) 2024

Fisika FMIPA UGM menggelar agenda International Conference on Magnetism and Its Applications (ICMIA) 2024 yang diselenggarakan pada tanggal 5 – 6 September 2024, di Loman Park Hotel Yogyakarta. Agenda ini telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Pada tahun 2024, Departemen Fisika FMIPA UGM menjadi tuan rumah dengan Prof. Edi Suharyadi sebagai ketua pelaksananya. Agenda tahunan ini berada pada naungan Indonesian Magnetic Society.

Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada turut hadir dalam memberikan sambutan dan membuka acara tersebut. Dalam hal ini, Prof. Kuwat turut mendukung dan menyambut baik kegiatan yang memberikan peluang dan kesempatan pada riset dan inovasi di bidang magnetik dan aplikasinya di kehidupan sehari-hari.

Secara umum, kegiatan yang dilakukan adalah presentasi dan diskusi dari hasil riset di bidang Fisika yang terdiri atas 8 kategori seperti magnetic thin films, advanced and functional magnetic materials, superconductivity, geo-paleo-rock envinronmental magneticsm, dan lainnya. Kegiatan ini diikuti berbagai instansi seperti Institut Teknik Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Solo, Institut Sepuluh November, BRIN, dan lainnya. Beberapa peneliti termasuk mahasiswa dan dosen turut melakukan presentasi.

Kegiatan International Conference on Magnetism and Its Applications (ICMIA) 2024 yang diselenggarakan oleh Departemen Fisika FMIPA UGM menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses pendidikan keberlanjutan di bidang magnetik dan aplikasinya serta implementasi dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui riset, inovasi, dan teknologi pada presentasi yang dilakukan. Selain itu, hadirnya instansi lainnya pada wadah tersebut membuka peluang kerja sama di bidang inovasi dan riset untuk keberlanjutan sehingga menjadi implementasi dari SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untu Mencapai Tujuan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Reportase: Sulaiman Nurhidayat
Dokumentasi: Danendra Azriel Ramadhany

Read More

FMIPA UGM Gelar Charity Fun Run: Berlari Bersama Dukung Dana Pendidikan dan Gaya Hidup Sehat Berkelanjutan

FMIPA UGM menggelar kegiatan berlari bersama dengan tema acara Charity Fun Run pada Senin, 16 September 2024 dengan garis start di FMIPA UGM. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis FMIPA UGM ke-69 yang bertujuan untuk turut mendukung gaya hidup sehat berkelanjutan melalui berlari, menjadi wadah untuk menyalurkan hobi berlari, dan menjadi ajang untuk menggalang dana untuk pendidikan. Acara dibuka oleh Dekan FMIPA UGM, Prof. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. dengan mengibarkan bendera pertanda lari dimulai.

“Jadi tujuan dari FMIPA UGM Charity Fun Run ini adalah untuk mendorong Health Promoting University. Jadi, kami ingin agar civitas akademika di FMIPA terutama mempunyai tubuh yang sehat. Nah, salah satunya adalah dengan melaksanakan lari jarak menengah agar teman-teman mulai memikirkan tentang kesehatan dirinya melalui olahraga lari, olahraga yang paling mudah dan murah meriah,” papar Dr. Wiwit Suryanto, selaku Wakil Dekan FMIPA UGM sekaligus Ketua Dies Natalis FMIPA UGM.

Peserta akan menempuh jarak sejauh 6,9 kilometer dengan garis awal dan akhir di FMIPA UGM. Kemudian, peserta akan mendapatkan fasilitas berupa jersey, BIB number, medical team, finisher medal, dan goodie bag. Kegiatan ini dibuka untuk umum sehingga harapannya akan berdampak lebih luas ke masyarakat dalam mendorong gaya hidup sehat dan berkelanjutan dengan berlari sekaligus dalam penggalangan donasi untuk pendidikan.

Kegiatan Charity Fun Run yang diselenggarakan FMIPA UGM merupakan cerminan dari SDGs nomor 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera melalui dukungan kegiatan hidup sehat dengan berlari yang turut menyokong pencegahan penyakit seperti diabetes melitus dan obesitas serta mendorong gaya hidup berkelanjutan. Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses pendidikan lewat penggalangan donasi atau dana yang dilakukan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Tim Media FMIPA UGM.

Read More

Tim Karawitan FMIPA UGM Gelar Gladi Bersih Jelang Rapat Senat FMIPA

Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM melaksanakan gladi bersih latihan gamelan pada Selasa, 17 September 2024 dalam rangka persiapan acara pentas dalam rangka memeriahkan Rapat Senat Terbuka FMIPA UGM pada 19 September mendatang di Auditorium FMIPA UGM. Berbagai persiapan telah dilakukan seperti latihan rutin di fakultas, koordinasi teknis pentas, dan koordinasi seragam tim. Pemain gamelan terdiri atas mahasiswa, pegawai, dan dosen di lingkungan FMIPA UGM.

Tantangan yang dihadapi ketika di lapangan adalah adanya risiko gangguan pada pengeras suara yang dapat mengganggu jalannya lagu yang dimainkan. Kemudian, dari konsep yang sedang dibuat, ada kemungkinan pemain gamelan juga turut dalam bermain peran di dalam pementasan drama. Dalam hal ini, beberapa lagu yang akan ditampilkan terdiri atas Babar Layar, Santi Mulya, Mari Kangen, Asmarandana, Pangkur, Ayun-Ayun, Nyidham Sari, Pangatak, Aja Dipleroki, Sarung Jagung, Ojo Lamis, dan Runtung.

Latihan karawitan yang dilakukan oleh Tim Laras Sains di FMIPA UGM menjadi kesempatan bagi para sivitas akademik untuk turut melestarikan budaya serta memberikan edukasi mengenai warisan budaya yang dimiliki. Hal ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan dalam seni karawitan dan nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui pelestarian warisan budaya berupa seni karawitan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Sulaiman Nur Hidayat

Read More

Menuju Puncak Perayaan Dies Natalis ke-69, FMIPA UGM Gelar Family Gathering

FMIPA UGM menyelenggarakan Family Gathering 2024 yang merupakan salah satu rangkaian acara dari dies natalis ke-69 pada Minggu, 15 September 2024 di lingkungan kampus FMIPA UGM. Kegiatan ini bertujuan dalam mempertemukan alumni FMIPA UGM serta mempererat silahturahmi antar alumni dalam balutan acara santai dengan membawa anggota keluarga.

“Senang sekali bisa ikut terlibat dan mendapatkan doorprize. Dua kali ikut dies natalis dan dapet doorprize terus. Dulu dapet kipas angin portable sekarang dapet sepeda lipat. Dies makin seru, makin rame, hadiahe makin banyak serta acaranya ga monoton,” papar Rini selaku alumni FMIPA UGM.

Beragam suguhan acara dan hiburan disajikan mulai pukul 6 pagi hingga siang hari. Berbagai alumni dari berbagai tahun turut hadir baik sebagai tamu atau pengisi acara. Beberapa acara Family Gathering  terdiri atas jalan sehat, sambutan, pemotongan kue, kelas dongeng untuk anak, pembagian hadiah, sek kesehatan, hiburan, dan makan-makan. Acara dibuka oleh beberapa pihak seperti Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si.

“MIPA menjadi kebanggan kita bersama. MIPA sedang menjadi percontohan transformasi bagi fakultas-fakultas lain. Sekarang, kalau ditanya ga perlu malu lagi ditanya alumni mana. Saya MIPA UGM. Semoga masih berlanjut transformasinya. Selamat ulang tahun FMIPA UGM!” papar Arif, selaku pengurus Kamipagama (Keluarga Alumni MIPA UGM).

Family Gathering yang diselenggarakan oleh FMIPA UGM menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui peningkatan keterampilan mahasiswa, dosen, dan pegawai FMIPA untuk berkolaborasi dalam acara. Kemudian, acara ini menjadi implementasi dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui perluasan kerja sama di bidang inovasi dan industri antara FMIPA UGM dengan alumni dan mitra.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Tim Media FMIPA UGM

Read More

Gemar Bermain Tenis Meja Hingga Kini Menjadi Wasit, Intip Kisah Cipto Driyo Peraih Juara 2

Kegemaran Cipto Driyo dalam perlombaan tenis meja tak perlu diragukan lagi. Cipto merupakan pegawai Departemen Fisika sekaligus bagian dari pengurus PTMSI dan menjabat sebagai humas serta kormasit, berbagi pengalamannya.

“Biasanya kami latihan 2 kali seminggu menjelang pertandingan. Jika tidak berlatih, pemain bisa kehilangan feel permainan,” papar Cipto.

Salah satu kesulitan yang dihadapinya adalah perubahan jadwal persiapan yang harus dipersingkat menjadi 1 minggu. Meskipun baru bermain tenis meja sejak 3 tahun lalu, Cipto telah menunjukkan kemahiran yang mengesankan.

“Saya mulai bermain saat pandemi Covid-19 dan caranya menjaga stamina sebelum lomba, saya memprioritaskan pola makan dan tidur yang teratur. Di tengah pekerjaan banyak, saya memastikan tidur maksimal jam 11 malam. Pengambilan job wasit biasanya di akhir pekan sehingga saya masih bisa menyeimbangkan pekerjaan,” papar Cipto.

Ketika ditanya tentang tingkat kesulitan perlombaan tenis meja dalam rangka dies natalis hari ini, Cipto memberi nilai 6 dari 10. Hal ini karena ia mengaku belum cukup istirahat setelah pertandingan sebelumnya sehingga langsung bertanding dalam kondisi belum optimal. Kegiatan tenis meja yang diselenggarakan FMIPA UGM tersebut turut mengimplementasikan SDGs poin 3 yaitu kehidupan sehat dan sejahtera dengan mengadakan lomba tenis meja untuk tubuh yang lebih sehat.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Indara Nurwulandari
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More
Translate