Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Agustus 28, 2024

Presiden BEM FMIPA UGM Ikuti Seruan Aksi Menyalakan Lilin di Pohon Pengetahuan

Guntur, selaku Presiden BEM FMIPA UGM turut mengikuti kolaborasi aksi yang diselenggarakan oleh tim independent inisiasi Fakultas Hukum UGM bersama dengan mahasiswa dan dosen. Acara tersebut diselenggarakan di Halaman Balairung UGM pada hari Senin, 26 Agustus 2024. Dengan membawa isu demokrasi di Indonesia, acara dikemas dengan tema Bawa Lilinmu Nyalakan Asa Kita.

“Forum ini mengajak kita untuk merenung dan melihat kembali perjalanan demokrasi Indonesia sejauh ini. Hikmat sekali. Hanya ada 1 kata, lawan kesewenangan!,” papar Guntur.

Dalam hal ini, Guntur turut mengajak rekan-rekan BEM FMIPA lainnya untuk turut hadir dan bergabung dalam acara tersebut. Dalam rangka mengawal tegaknya demokrasi di tengah situasi hukum, ekonomi, dan politik Indonesia, berbagai kolaborasi BEM di lingkup UGM turut terlibat untuk bertukar pikiran dan merumuskan tindakan yang tepat sebagai mahasiswa.

Partisipasi aktif Guntur selaku Presiden BEM FMIPA UGM sekaligus mahasiswa dalam acara tersebut menjadi cerminan SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam berpikir kritis serta implementasi dari pendidikan untuk keberlanjutan khususnya dalam keberlanjutan demokrasi di Indonesia.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Guntur Pangestu

Read More

Presiden BEM FMIPA UGM Ikuti Tempo Goes to Campus Universitas Gadjah Mada

Guntur, selaku Presiden BEM FMIPA UGM turut mengikuti kegiatan diskusi yang diselenggarakan oleh Tempo bersama dengan mahasiswa dan dosen. Acara tersebut diselenggarakan di Auditorium Fisipol UGM pada hari Senin, 26 Agustus 2024. Dengan membawa isu demokrasi di Indonesia, acara dikemas dengan tema Begal Konstitusi demi Dinasti.

“Di sini ga ada yang namanya tua muda, dosen mahasiswa, laki laki perempuan. Yang ada cuma orang orang yang tidak ingin negara dikuasai oleh 1 keluarga,” papar Guntur.

Dalam hal ini, Guntur turut mengajak rekan-rekan BEM FMIPA lainnya untuk turut hadir dan bergabung dalam acara tersebut. Dalam rangka mengawal tegaknya demokrasi di tengah situasi hukum, ekonomi, dan politik Indonesia, berbagai kolaborasi BEM di lingkup UGM turut terlibat untuk bertukar pikiran dan merumuskan tindakan yang tepat sebagai mahasiswa.

Partisipasi aktif Guntur selaku Presiden BEM FMIPA UGM sekaligus mahasiswa dalam acara tersebut menjadi cerminan SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam berpikir kritis serta implementasi dari pendidikan untuk keberlanjutan khususnya dalam keberlanjutan demokrasi di Indonesia.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Guntur Pangestu

Read More

FMIPA UGM Buka Peluang Magang di NAIST Japan bagi Mahasiswa

FMIPA UGM buka peluang magang di NAIST (Nara Institute of Science and Technology) Japan bagi mahasiswa. Kesempatan ini dibuka untuk mahasiswa yang akan mengikuti program doktor di NAIST-Division Material Science. Selain terbuka untuk mahasiswa lulusan pascasarjana di bidang sains, mahasiswa dengan latar belakang pascasarjana farmasi dan teknik juga dapat mengikuti program tersebut.

Registrasi secara daring dapat dilakukan melalui tautan ugm.id/REGNAIST24 dan panduan pendaftaran dapat diakses melalui tautan ugm.id/NAIST24. Calon peserta dapat mengikuti pendaftaran mulai dari 7 hingga 17 September 2024. Kemudian, pada 18 – 19 September 2024, dokumen peserta akan diseleksi dan pada tanggal 20 – 23 September 2024, peserta akan melakukan presentasi secara bauran. Peserta akan dinyatakan lulus secara daring pada tanggal 24 – 25 September 2025.

Dengan dibukanya kesempatan magang di di NAIST (Nara Institute of Science and Technology) Japan bagi mahasiswa bagian NAIST-Division Material Science menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan bagi calon mahasiswa doctoral serta membuka akses pendidikan lebih lanjut bagi mahasiswa. Selain itu, kemitraan antara FMIPA dan NAIST (Nara Institute of Science and Technology) Japan menjadi cerminan SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama yang dilakukan di bidang pendidikan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Gambar: Anugrah Yuwanda Atmaja
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Read More

Bagikan Momen Perdana Kuliah, Intip Keseruan Mahasiswa FMIPA Jalani Kehidupan Kampus

Momen perdana kuliah menjadi pijakan pertama mahasiswa dalam menjalani kehidupan kampus. Pemandangan mahasiswa mencari informasi kelas, keberadaan dosen, dan jajanan di kampus masing-masing cukup terlihat di hari pertama mereka masuk.

“Momen pertama kali kuliah perdana, waktu untuk adaptasi dari lingkungan SMA ke kuliah. Banyak hal yang perlu dipelajari seperti metode belajar. Kalau SMA kan guru yang reach out murid kalau kuliah kan kita yang bergerak aktif,” papar Azriel mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi.

Media FMIPA membuat video singkat yang memberikan gambaran bagaimana kehidupan di kampus FMIPA UGM dengan sentuhan gaya kekinian mahasiswa dalam berinteraksi. Tautan video singkat tersebut dapat diakses pada alamat berikut https://www.instagram.com/p/C-kLhlXS6_a/

“Kuliah pertama penting karena menentukan salah jurusan apa engga. Parameternya ya pelajarannya sih menurutku,” papar Ninis mahasiswa Aktuaria.

Momen perdana kuliah yang dibagikan menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam adaptasi di dunia perkuliahan. Kemudian, hal ini juga menjadi penyemangat bagi mahasiswa angkatan atas untuk terus berusaha menyelesaikan studi dengan semangat mereka saat menjadi mahasiswa baru.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Gambar: Anugrah Yuwanda Atmaja

Read More

Keseruan Warga FMIPA UGM dalam Lomba MC Bahasa Jawa: Melestarikan Budaya di FMIPA UGM dalam Rangka Dies Natalies FMIPA UGM ke-69

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM menggelar Lomba MC Bahasa Jawa, sebuah ajang yang diikuti oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Lomba ini, yang berlangsung pada tanggal 23 Agustus 2024, diadakan sebagai bagian dari rangkaian acara Dies Natalis FMIPA UGM ke-69, dengan tema utama “Family Gathering.”

Salah satu peserta dari kalangan dosen, Bapak Sugeng Raharjo, yang merupakan Dosen Ilmu Komputer, mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk mengikuti lomba ini. “Tidak ada persiapan apapun dari saya untuk lomba ini, karena kami semua sibuk. Bahasa Jawa itu sulit dan memerlukan sense untuk bisa fasih,” jelas Pak Sugeng. Dalam lomba tersebut, beliau menambahkan ungkapan “MIPA UGM Unggul” sebagai bagian dari harapannya agar seluruh warga FMIPA UGM dapat bersatu dan terus berprestasi.

Tidak hanya dari kalangan dosen dan tendik, Yosa dan Chinta Bella, dua mahasiswa dari Program Studi Matematika, juga turut serta dalam perlombaan ini. Chinta Bella menemukan informasi tentang lomba melalui Instagram FMIPA UGM, dan akhirnya mendaftar bersama Yosa, seorang mahasiswa FMIPA UGM asal Bantul. Mereka menyusun naskah MC dengan berkonsultasi kepada teman-teman dari Prodi Sastra Jawa, guna memastikan kesopanan dan kecocokan pembawaan mereka sebagai mahasiswa.

“Kita menganggap diri kita nol, tapi untuk mengikuti lomba seperti ini minimal kita harus nol koma, jadi bisa dapat insight baru dari apa yang kita lihat dan jalani,” ungkap Chinta.

Yosa, yang sudah memiliki pengalaman sebagai MC Bahasa Jawa, berharap agar perlombaan ini lebih diramaikan di masa mendatang. “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, sehingga diperlukan pelestarian budaya yang ada di Yogyakarta,” tambahnya. Chinta pun menambahkan bahwa perlombaan seperti ini bisa membawa inovasi baru dalam melestarikan budaya Jawa.

Kegiatan ini juga berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG nomor 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG nomor 11 (Kota dan Komunitas Berkelanjutan). Melalui pelatihan dan perlombaan seperti ini, FMIPA UGM turut berperan dalam melestarikan budaya lokal serta mengembangkan pendidikan yang menghargai kearifan lokal.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Danendra Azriel Ramdhany
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Lab Visit Pengembangan Riset dan Kolaborasi FMIPA UGM & Pertamina

Pada tanggal 19 Agustus 2024, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM mengadakan kegiatan “Lab Visit” yang bekerja sama dengan Pertamina. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan proyek-proyek riset yang sedang dikembangkan di beberapa laboratorium FMIPA UGM.

Laboratorium pertama yang dikunjungi oleh tim Pertamina adalah Computation Lab, yang dikelola oleh DIKE UGM. Laboratorium ini fokus pada pengembangan sistem komputer dan informasi. Salah satu proyek unggulan yang sedang dikembangkan adalah sistem untuk analisis biaya (cost analysis), yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam efisiensi operasional Pertamina di masa depan.

Selanjutnya, tim Pertamina mengunjungi Lab Self Potential (SP), yang menguji metode pasif dalam Geofisika untuk mendeteksi pergerakan fluida di bawah permukaan tanah. Laboratorium ini menggunakan sensor fosfat sebagai elektroda, serta larutan CO sebagai sensor tambahan. Alat-alat yang ada di lab ini dilengkapi dengan nod yang berfungsi sebagai pengukur data untuk memetakan potensi permukaan tanah, yang sangat berguna untuk identifikasi anomali sebaran air tanah.

Dalam kunjungan ini, juga diperkenalkan alat Pertaboxxi untuk pengukuran suhu di mantel bumi serta alat Enhanced Oil Recovery (EOR) yang dirancang untuk meningkatkan produksi minyak bumi menggunakan tenaga listrik.

Risky Guruh, dari Geoseismal Research Center UGM, turut menjelaskan informasi terkait laboratorium tersebut.

“Revisit pertama hari ini kami menampilkan project team yang dikerjakan bersama Pertamina Hulu Energi. Harapannya, pihak Pertamina cukup puas dengan kinerja selama ini, dan kerjasama ini dapat dilanjutkan di masa mendatang.”

Kegiatan ini juga berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG nomor 4 (Pendidikan Berkualitas), SDG nomor 7 (Energi Bersih dan Terjangkau), dan SDG nomor 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur). Melalui riset dan inovasi, laboratorium FMIPA UGM tidak hanya mendukung keberlanjutan energi dan infrastruktur, tetapi juga memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dengan menyediakan lingkungan penelitian yang mendorong pengembangan kompetensi dan pengetahuan mahasiswa serta tenaga ahli.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Wahyu Micho
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Inovasi Radiografi Digital Karya Prof. Bayu: Siap Dukung Fasilitas Kesehatan Indonesia Hingga Tingkat Desa

Dosen Fisika FMIPA UGM, Prof. Drs. Gede Bayu Suparta, M.S., Ph.D. terus berkomitmen dalam inovasi dan riset yang dilakukan melalui pembuatan alat radiografi digital yaitu X-Ray DDR. Inovasi dan riset yang dilakukan berangkat dari harapan besar Prof. Bayu yaitu mendukung fasilitas kesehatan di Indonesia hingga tingkat desa serta penggunaan alat-alat kesehatan buatan tanah air. Upaya menuju kemandirian bangsa dalam penggunaan alat kesehatan sudah diupayakan melalui usaha beliau di bidang industri alat kesehatan yaitu dengan mendirikan PT. Madeena Karya Indonesia yang memiliki makna “made in Indonesia”.

“Alat ini didesain untuk membantu status kesehatan rakyat Indonesia. Tentunya, lebih banyak yang diperiksa di Puskesmas. Kan, yang diperiksa kesehatannya. Kalau di rumah sakit kan yang diperiksa penyakitnya apa. Pengalaman dalam screening penyakit, kalau sehat ya pasien senang, kalau tidak ya stress. Kalau belum terbukti sakit tentunya boleh pulang,” papar Prof. Bayu

Dengan adanya data pemeriksaan tersebut, masyarakat dan pemerintah jadi mengetahui kondisi kesehatannya serta pemerintah terbantu untuk merumuskan program pembangunan di bidang kesehatan khususnya.

Hingga saat ini, riset dan inovasi mengenai radiografi digital masih dilakukan. Terhitung mulai tahun 2024, sudah lebih dari 30 tahun penelitian ini terus dikembangkan.

“Radiografi digital ini keunggulannya hemat energi karena tidak memerlukan energi besar. Hasil rontgen lebih bagus karena kameranya bisa diganti sesuai dengan kualitas megapiksel kamera serta hasilnya lebih cepat. Teknologi ini akan mengikuti sesuai dengan device (kamera) yang baru. Kalau flat detector yaudah gabisa diupgrade, harus ganti semua body. Kalau alat ini, cuman ganti kamera aja, piranti lainnya sama,” terang Prof. Bayu.

Sebelumnya, alat ini telah diuji coba dengan standar yang ketat karena menyangkut keselamatan manusia. Uji coba dilaksanakan di Universitas Pendidikan Ganesha Bali dengan melibatkan 37 relawan yang akan diperiksa pada bagian thorax dan organ tubuh lainnya.

“Awalnya, kita hanya buka 10 orang saja untuk mencoba tetapi malah semakin ramai orang mau mencoba,” papar Prof. Bayu.

Inovasi dan riset yang dilakukan Prof. Bayu turut melibatkan peran mahasiswa di FMIPA UGM serta rekan industri dan instansi lainnya sehingga mendukung proses hilirisasi hasil penelitian yang dilakukan. Sehubungan dengan hal tersebut, inovasi dan riset yang dilakukan menjadi cerminan dari SDGs nomor 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera dan nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dan masyarakat di bidang kesehatan serta penyediaan fasilitas kesehatan yang lebih terjangkau. Kemudian, hal ini juga menjadi implementasi dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur di bidang teknologi dan inovasi di bidang alat kesehatan serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama untuk hilirisasi hasil penelitian.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Read More

Dorong Kolaborasi Inovasi Industri, FMIPA dan PT. Tesso Tetra Chemika Jalin Kerja Sama

Kolaborasi strategis PT. Tesso Tetra Chemika dengan FMIPA UGM dilakukan melalui penandatanganan pada Jumat 9 Agustus 2024. Dari kerjasama ini, harapannya tidak hanya terbatas pada bidang-bidang tertentu, tetapi juga dapat meluas ke sektor industri kimia lainnya serta membuka peluang bagi pengembangan penelitian dan teknologi baru di Indonesia.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Prof. Kuwat Triyana dengan perwakilan dari PT. Tesso Tetra Chemika. Latar belakang tekanan dari industri hilir untuk mendorong penelitian di semua program studi menjadi salah satu pendorong utama kerja sama ini.

“Dari kerja sama ini, kami tidak hanya mendapatkan input dari industri, tetapi juga menitipkan mahasiswa untuk magang atau program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” papar Prof. Kuwat Triyana dalam sambutannya pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama PT Tesso Tetra Chemika dengan FMIPA UGM, Jumat (9/7).

Salah satu masalah utama yang dihadapi industri kimia di Indonesia adalah keterlambatan dalam mengadopsi teknologi dan inovasi, meskipun negara ini memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan. Oleh karena itu, yang ditawarkan PT. Tesso Tetra Chemika adalah mencari sumber daya, fasilitas penelitian, serta aplikasi dan pasar dari industri untuk mendukung penelitian yang dapat dikomersialkan.

Penandatanganan ini diharapkan menjadi kolaborasi awal yang signifikan bagi kedua belah pihak, baik peneliti di perguruan tinggi maupun industri. Kemudian, kerja sama ini juga diharapkan menjadi kontributor pada substitusi impor yang tengah digalakkan pemerintah.

“Kami ingin kerja sama ini tidak hanya berdampak dalam jangka pendek, tetapi juga memberikan dampak jangka panjang yang nyata,” papar Prof. Kuwat Triyana dalam diskusi.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta sinergi antara akademisi dan industri dalam menciptakan inovasi yang mampu mengangkat inovasi di industri kimia. Penandatanganan ini merupakan implementasi Fakultas MIPA dalam SDGs poin 4 pendidikan berkualitas, SDGs poin 9 kerjasama industri, inovasi dan infrastruktur.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Presiden BEM FMIPA UGM Ikuti Seruan Aksi Menyalakan Lilin di Pohon Pengetahuan

Guntur, selaku Presiden BEM FMIPA UGM turut mengikuti kolaborasi aksi yang diselenggarakan oleh tim independent inisiasi Fakultas Hukum UGM bersama dengan mahasiswa dan dosen. Acara tersebut diselenggarakan di Halaman Balairung UGM pada hari Senin, 26 Agustus 2024. Dengan membawa isu demokrasi di Indonesia, acara dikemas dengan tema Bawa Lilinmu Nyalakan Asa Kita.

“Forum ini mengajak kita untuk merenung dan melihat kembali perjalanan demokrasi Indonesia sejauh ini. Hikmat sekali. Hanya ada 1 kata, lawan kesewenangan!,” papar Guntur.

Dalam hal ini, Guntur turut mengajak rekan-rekan BEM FMIPA lainnya untuk turut hadir dan bergabung dalam acara tersebut. Dalam rangka mengawal tegaknya demokrasi di tengah situasi hukum, ekonomi, dan politik Indonesia, berbagai kolaborasi BEM di lingkup UGM turut terlibat untuk bertukar pikiran dan merumuskan tindakan yang tepat sebagai mahasiswa.

Partisipasi aktif Guntur selaku Presiden BEM FMIPA UGM sekaligus mahasiswa dalam acara tersebut menjadi cerminan SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam berpikir kritis serta implementasi dari pendidikan untuk keberlanjutan khususnya dalam keberlanjutan demokrasi di Indonesia.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Guntur Pangestu

Read More

Presiden BEM FMIPA UGM Ikuti Tempo Goes to Campus Universitas Gadjah Mada

Guntur, selaku Presiden BEM FMIPA UGM turut mengikuti kegiatan diskusi yang diselenggarakan oleh Tempo bersama dengan mahasiswa dan dosen. Acara tersebut diselenggarakan di Auditorium Fisipol UGM pada hari Senin, 26 Agustus 2024. Dengan membawa isu demokrasi di Indonesia, acara dikemas dengan tema Begal Konstitusi demi Dinasti.

“Di sini ga ada yang namanya tua muda, dosen mahasiswa, laki laki perempuan. Yang ada cuma orang orang yang tidak ingin negara dikuasai oleh 1 keluarga,” papar Guntur.

Dalam hal ini, Guntur turut mengajak rekan-rekan BEM FMIPA lainnya untuk turut hadir dan bergabung dalam acara tersebut. Dalam rangka mengawal tegaknya demokrasi di tengah situasi hukum, ekonomi, dan politik Indonesia, berbagai kolaborasi BEM di lingkup UGM turut terlibat untuk bertukar pikiran dan merumuskan tindakan yang tepat sebagai mahasiswa.

Partisipasi aktif Guntur selaku Presiden BEM FMIPA UGM sekaligus mahasiswa dalam acara tersebut menjadi cerminan SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam berpikir kritis serta implementasi dari pendidikan untuk keberlanjutan khususnya dalam keberlanjutan demokrasi di Indonesia.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Guntur Pangestu

Read More

FMIPA UGM Buka Peluang Magang di NAIST Japan bagi Mahasiswa

FMIPA UGM buka peluang magang di NAIST (Nara Institute of Science and Technology) Japan bagi mahasiswa. Kesempatan ini dibuka untuk mahasiswa yang akan mengikuti program doktor di NAIST-Division Material Science. Selain terbuka untuk mahasiswa lulusan pascasarjana di bidang sains, mahasiswa dengan latar belakang pascasarjana farmasi dan teknik juga dapat mengikuti program tersebut.

Registrasi secara daring dapat dilakukan melalui tautan ugm.id/REGNAIST24 dan panduan pendaftaran dapat diakses melalui tautan ugm.id/NAIST24. Calon peserta dapat mengikuti pendaftaran mulai dari 7 hingga 17 September 2024. Kemudian, pada 18 – 19 September 2024, dokumen peserta akan diseleksi dan pada tanggal 20 – 23 September 2024, peserta akan melakukan presentasi secara bauran. Peserta akan dinyatakan lulus secara daring pada tanggal 24 – 25 September 2025.

Dengan dibukanya kesempatan magang di di NAIST (Nara Institute of Science and Technology) Japan bagi mahasiswa bagian NAIST-Division Material Science menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan bagi calon mahasiswa doctoral serta membuka akses pendidikan lebih lanjut bagi mahasiswa. Selain itu, kemitraan antara FMIPA dan NAIST (Nara Institute of Science and Technology) Japan menjadi cerminan SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama yang dilakukan di bidang pendidikan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Gambar: Anugrah Yuwanda Atmaja
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Read More

Bagikan Momen Perdana Kuliah, Intip Keseruan Mahasiswa FMIPA Jalani Kehidupan Kampus

Momen perdana kuliah menjadi pijakan pertama mahasiswa dalam menjalani kehidupan kampus. Pemandangan mahasiswa mencari informasi kelas, keberadaan dosen, dan jajanan di kampus masing-masing cukup terlihat di hari pertama mereka masuk.

“Momen pertama kali kuliah perdana, waktu untuk adaptasi dari lingkungan SMA ke kuliah. Banyak hal yang perlu dipelajari seperti metode belajar. Kalau SMA kan guru yang reach out murid kalau kuliah kan kita yang bergerak aktif,” papar Azriel mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi.

Media FMIPA membuat video singkat yang memberikan gambaran bagaimana kehidupan di kampus FMIPA UGM dengan sentuhan gaya kekinian mahasiswa dalam berinteraksi. Tautan video singkat tersebut dapat diakses pada alamat berikut https://www.instagram.com/p/C-kLhlXS6_a/

“Kuliah pertama penting karena menentukan salah jurusan apa engga. Parameternya ya pelajarannya sih menurutku,” papar Ninis mahasiswa Aktuaria.

Momen perdana kuliah yang dibagikan menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam adaptasi di dunia perkuliahan. Kemudian, hal ini juga menjadi penyemangat bagi mahasiswa angkatan atas untuk terus berusaha menyelesaikan studi dengan semangat mereka saat menjadi mahasiswa baru.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Gambar: Anugrah Yuwanda Atmaja

Read More

Keseruan Warga FMIPA UGM dalam Lomba MC Bahasa Jawa: Melestarikan Budaya di FMIPA UGM dalam Rangka Dies Natalies FMIPA UGM ke-69

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM menggelar Lomba MC Bahasa Jawa, sebuah ajang yang diikuti oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Lomba ini, yang berlangsung pada tanggal 23 Agustus 2024, diadakan sebagai bagian dari rangkaian acara Dies Natalis FMIPA UGM ke-69, dengan tema utama “Family Gathering.”

Salah satu peserta dari kalangan dosen, Bapak Sugeng Raharjo, yang merupakan Dosen Ilmu Komputer, mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk mengikuti lomba ini. “Tidak ada persiapan apapun dari saya untuk lomba ini, karena kami semua sibuk. Bahasa Jawa itu sulit dan memerlukan sense untuk bisa fasih,” jelas Pak Sugeng. Dalam lomba tersebut, beliau menambahkan ungkapan “MIPA UGM Unggul” sebagai bagian dari harapannya agar seluruh warga FMIPA UGM dapat bersatu dan terus berprestasi.

Tidak hanya dari kalangan dosen dan tendik, Yosa dan Chinta Bella, dua mahasiswa dari Program Studi Matematika, juga turut serta dalam perlombaan ini. Chinta Bella menemukan informasi tentang lomba melalui Instagram FMIPA UGM, dan akhirnya mendaftar bersama Yosa, seorang mahasiswa FMIPA UGM asal Bantul. Mereka menyusun naskah MC dengan berkonsultasi kepada teman-teman dari Prodi Sastra Jawa, guna memastikan kesopanan dan kecocokan pembawaan mereka sebagai mahasiswa.

“Kita menganggap diri kita nol, tapi untuk mengikuti lomba seperti ini minimal kita harus nol koma, jadi bisa dapat insight baru dari apa yang kita lihat dan jalani,” ungkap Chinta.

Yosa, yang sudah memiliki pengalaman sebagai MC Bahasa Jawa, berharap agar perlombaan ini lebih diramaikan di masa mendatang. “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, sehingga diperlukan pelestarian budaya yang ada di Yogyakarta,” tambahnya. Chinta pun menambahkan bahwa perlombaan seperti ini bisa membawa inovasi baru dalam melestarikan budaya Jawa.

Kegiatan ini juga berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG nomor 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG nomor 11 (Kota dan Komunitas Berkelanjutan). Melalui pelatihan dan perlombaan seperti ini, FMIPA UGM turut berperan dalam melestarikan budaya lokal serta mengembangkan pendidikan yang menghargai kearifan lokal.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Danendra Azriel Ramdhany
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Lab Visit Pengembangan Riset dan Kolaborasi FMIPA UGM & Pertamina

Pada tanggal 19 Agustus 2024, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM mengadakan kegiatan “Lab Visit” yang bekerja sama dengan Pertamina. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan proyek-proyek riset yang sedang dikembangkan di beberapa laboratorium FMIPA UGM.

Laboratorium pertama yang dikunjungi oleh tim Pertamina adalah Computation Lab, yang dikelola oleh DIKE UGM. Laboratorium ini fokus pada pengembangan sistem komputer dan informasi. Salah satu proyek unggulan yang sedang dikembangkan adalah sistem untuk analisis biaya (cost analysis), yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam efisiensi operasional Pertamina di masa depan.

Selanjutnya, tim Pertamina mengunjungi Lab Self Potential (SP), yang menguji metode pasif dalam Geofisika untuk mendeteksi pergerakan fluida di bawah permukaan tanah. Laboratorium ini menggunakan sensor fosfat sebagai elektroda, serta larutan CO sebagai sensor tambahan. Alat-alat yang ada di lab ini dilengkapi dengan nod yang berfungsi sebagai pengukur data untuk memetakan potensi permukaan tanah, yang sangat berguna untuk identifikasi anomali sebaran air tanah.

Dalam kunjungan ini, juga diperkenalkan alat Pertaboxxi untuk pengukuran suhu di mantel bumi serta alat Enhanced Oil Recovery (EOR) yang dirancang untuk meningkatkan produksi minyak bumi menggunakan tenaga listrik.

Risky Guruh, dari Geoseismal Research Center UGM, turut menjelaskan informasi terkait laboratorium tersebut.

“Revisit pertama hari ini kami menampilkan project team yang dikerjakan bersama Pertamina Hulu Energi. Harapannya, pihak Pertamina cukup puas dengan kinerja selama ini, dan kerjasama ini dapat dilanjutkan di masa mendatang.”

Kegiatan ini juga berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG nomor 4 (Pendidikan Berkualitas), SDG nomor 7 (Energi Bersih dan Terjangkau), dan SDG nomor 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur). Melalui riset dan inovasi, laboratorium FMIPA UGM tidak hanya mendukung keberlanjutan energi dan infrastruktur, tetapi juga memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dengan menyediakan lingkungan penelitian yang mendorong pengembangan kompetensi dan pengetahuan mahasiswa serta tenaga ahli.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Wahyu Micho
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More

Inovasi Radiografi Digital Karya Prof. Bayu: Siap Dukung Fasilitas Kesehatan Indonesia Hingga Tingkat Desa

Dosen Fisika FMIPA UGM, Prof. Drs. Gede Bayu Suparta, M.S., Ph.D. terus berkomitmen dalam inovasi dan riset yang dilakukan melalui pembuatan alat radiografi digital yaitu X-Ray DDR. Inovasi dan riset yang dilakukan berangkat dari harapan besar Prof. Bayu yaitu mendukung fasilitas kesehatan di Indonesia hingga tingkat desa serta penggunaan alat-alat kesehatan buatan tanah air. Upaya menuju kemandirian bangsa dalam penggunaan alat kesehatan sudah diupayakan melalui usaha beliau di bidang industri alat kesehatan yaitu dengan mendirikan PT. Madeena Karya Indonesia yang memiliki makna “made in Indonesia”.

“Alat ini didesain untuk membantu status kesehatan rakyat Indonesia. Tentunya, lebih banyak yang diperiksa di Puskesmas. Kan, yang diperiksa kesehatannya. Kalau di rumah sakit kan yang diperiksa penyakitnya apa. Pengalaman dalam screening penyakit, kalau sehat ya pasien senang, kalau tidak ya stress. Kalau belum terbukti sakit tentunya boleh pulang,” papar Prof. Bayu

Dengan adanya data pemeriksaan tersebut, masyarakat dan pemerintah jadi mengetahui kondisi kesehatannya serta pemerintah terbantu untuk merumuskan program pembangunan di bidang kesehatan khususnya.

Hingga saat ini, riset dan inovasi mengenai radiografi digital masih dilakukan. Terhitung mulai tahun 2024, sudah lebih dari 30 tahun penelitian ini terus dikembangkan.

“Radiografi digital ini keunggulannya hemat energi karena tidak memerlukan energi besar. Hasil rontgen lebih bagus karena kameranya bisa diganti sesuai dengan kualitas megapiksel kamera serta hasilnya lebih cepat. Teknologi ini akan mengikuti sesuai dengan device (kamera) yang baru. Kalau flat detector yaudah gabisa diupgrade, harus ganti semua body. Kalau alat ini, cuman ganti kamera aja, piranti lainnya sama,” terang Prof. Bayu.

Sebelumnya, alat ini telah diuji coba dengan standar yang ketat karena menyangkut keselamatan manusia. Uji coba dilaksanakan di Universitas Pendidikan Ganesha Bali dengan melibatkan 37 relawan yang akan diperiksa pada bagian thorax dan organ tubuh lainnya.

“Awalnya, kita hanya buka 10 orang saja untuk mencoba tetapi malah semakin ramai orang mau mencoba,” papar Prof. Bayu.

Inovasi dan riset yang dilakukan Prof. Bayu turut melibatkan peran mahasiswa di FMIPA UGM serta rekan industri dan instansi lainnya sehingga mendukung proses hilirisasi hasil penelitian yang dilakukan. Sehubungan dengan hal tersebut, inovasi dan riset yang dilakukan menjadi cerminan dari SDGs nomor 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera dan nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dan masyarakat di bidang kesehatan serta penyediaan fasilitas kesehatan yang lebih terjangkau. Kemudian, hal ini juga menjadi implementasi dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur di bidang teknologi dan inovasi di bidang alat kesehatan serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama untuk hilirisasi hasil penelitian.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Read More

Dorong Kolaborasi Inovasi Industri, FMIPA dan PT. Tesso Tetra Chemika Jalin Kerja Sama

Kolaborasi strategis PT. Tesso Tetra Chemika dengan FMIPA UGM dilakukan melalui penandatanganan pada Jumat 9 Agustus 2024. Dari kerjasama ini, harapannya tidak hanya terbatas pada bidang-bidang tertentu, tetapi juga dapat meluas ke sektor industri kimia lainnya serta membuka peluang bagi pengembangan penelitian dan teknologi baru di Indonesia.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Prof. Kuwat Triyana dengan perwakilan dari PT. Tesso Tetra Chemika. Latar belakang tekanan dari industri hilir untuk mendorong penelitian di semua program studi menjadi salah satu pendorong utama kerja sama ini.

“Dari kerja sama ini, kami tidak hanya mendapatkan input dari industri, tetapi juga menitipkan mahasiswa untuk magang atau program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” papar Prof. Kuwat Triyana dalam sambutannya pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama PT Tesso Tetra Chemika dengan FMIPA UGM, Jumat (9/7).

Salah satu masalah utama yang dihadapi industri kimia di Indonesia adalah keterlambatan dalam mengadopsi teknologi dan inovasi, meskipun negara ini memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan. Oleh karena itu, yang ditawarkan PT. Tesso Tetra Chemika adalah mencari sumber daya, fasilitas penelitian, serta aplikasi dan pasar dari industri untuk mendukung penelitian yang dapat dikomersialkan.

Penandatanganan ini diharapkan menjadi kolaborasi awal yang signifikan bagi kedua belah pihak, baik peneliti di perguruan tinggi maupun industri. Kemudian, kerja sama ini juga diharapkan menjadi kontributor pada substitusi impor yang tengah digalakkan pemerintah.

“Kami ingin kerja sama ini tidak hanya berdampak dalam jangka pendek, tetapi juga memberikan dampak jangka panjang yang nyata,” papar Prof. Kuwat Triyana dalam diskusi.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta sinergi antara akademisi dan industri dalam menciptakan inovasi yang mampu mengangkat inovasi di industri kimia. Penandatanganan ini merupakan implementasi Fakultas MIPA dalam SDGs poin 4 pendidikan berkualitas, SDGs poin 9 kerjasama industri, inovasi dan infrastruktur.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Read More
Translate