Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Semarakkan Dies Natalis Ke-68, FMIPA UGM Ajak Masyarakat Bersepeda

Rayakan Dies Natalis ke-68, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM mengadakan  rangkaian acara bersama dosen dan alumni FMIPA UGM pada Sabtu (16/9). Paginya, acara tersebut diawali dengan “FMIPA Fun Bike”, bersepeda bersama sepanjang 40-100 km dengan berbagai komunitas. Acara ini sekaligus menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi serta mengenalkan FMIPA UGM pada masyarakat.

“Senang sekali pada pagi ini, kita bisa berkumpul untuk bersepeda bersama. Terima kasih pada dosen, alumni, dan berbagai komunitas yang telah hadir. Saya harap, acara ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, namun juga mengingatkan kita agar sama-sama mengingat pentingnya kesehatan,” ucap Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. Sebanyak 208 peserta yang turut memeriahkan FMIPA Fun Bike terbagi menjadi dua kategori, yaitu MIPA Fun Ride 40 km dan Gran Fondo Ride 100 km. Tak hanya itu, acara olahraga bersama ini juga diikuti oleh beberapa komunitas, seperti Jogja Punya Road Bike, Jogja Pit Ringkes, Honda Cycling Club, dan masyarakat dari berbagai kalangan.

Kegiatan bersepeda sengaja dipilih untuk menumbuhkan budaya olahraga di masyarakat yang penting bagi kebugaran tubuh. Terlebih di era ini, baik tuntutan pekerjaan ataupun pola hidup membuat banyak orang kekurangan waktu untuk berolahraga. Bagi beberapa dosen dan civitas akademika FMIPA UGM, ajang ini menjadi tempat untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari dan memperbarui suasana hati dengan silaturahmi. Adanya doorprize dan hadiah menarik bagi peserta yang berhasil menuntaskan rute bersepeda pun turut mengundang antusiasme peserta.

Keseruan acara berlanjut hingga malam hari, puncaknya pada “Malam Kangen FMIPA UGM 2023” yang diikuti oleh mahasiswa FMIPA UGM untuk merasakan euforia perayaan Dies Natalis ke-68. “Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-68 untuk FMIPA UGM. Saya juga ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, karena fakultas juga telah memberikan dukungan yang besar bagi para mahasiswa, khususnya kami dari BEM. Setahun sekali acara ini terselenggara, dan semoga acara ini nantinya bisa menjadi tempat untuk mengakrabkan hubungan antar mahasiswa dan dosen,” kata Nicholas Gilang, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM UGM.

Malam pentas tersebut dimeriahkan oleh serangkaian tampilan oleh perwakilan mahasiswa dan alumni FMIPA UGM. Berbagai pertunjukkan memukau pun menjadi puncak kemeriahan acara pada malam itu. Selain itu, hadir pula obrolan TED Talk yang mengundang Prof. Dr. Ir. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc.,  F. Heru Sukrisna, dan Ayu Ardelia Putri. Selipan gelar wicara di tengah panggung hiburan memang dikhususkan untuk memberi pembelajaran dengan cara yang menarik dan unik bagi mahasiswa. Sehingga, tak hanya kesenangan saja yang didapat, namun juga ada manfaat yang bisa dipetik dari malam puncak tersebut.

Perayaan Dies Natalis ke-68 FMIPA UGM tahun ini berlangsung sukses dan meriah melalui kolaborasi antara civitas akademika FMIPA UGM, komunitas, dan masyarakat. Harapannya, sinergi ini dapat terus terjalin sebagai dasar dari kontribusi akademisi UGM bagi masyarakat.

Penulis: Tasya

Sumber: https://ugm.ac.id/id/berita/semarakkan-dies-natalis-ke-68-fmipa-ugm-ajak-masyarakat-bersepeda/

Other News

Translate