Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Studium Generale “Machine Learning for Detecting Code Smells”

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Machine Learning for Detecting Code Smells” pada Rabu, 10 Mei 2023. Acara kuliah umum ini dilaksanakan di Auditorium FMIPA UGM Gedung KPTU serta dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari berbagai program studi di FMIPA UGM. Pada kuliah umum ini, FMIPA UGM berkolaborasi dengan Universitas Leiden, Belanda, menghadirkan Profesor Marcello Bonsangue sebagai pembicara.

Kuliah umum di awali dengan pembukaan oleh pembawa acara, yaitu saudari Aisha Salsabilla, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Bapak Dr. Fajar Adi Kusumo, S.Si., M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Alumni, Kerjasama, dan Inovasi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapannya semoga acara kuliah umum ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi kita untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai topik yang akan dibahas.

Acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh Profesor Marcello. Pada awal presentasinya, beliau terlebih dahulu memperkenalkan diri sekaligus memperkenalkan Universitas Leiden kepada para hadirin. Profesor Marcello memulai penyampaian materi dengan mengenalkan kita pada software maintenance atau pemeliharaan perangkat lunak. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kehidupan kita sudah banyak bergantung pada sistem perangkat lunak. Seiring dengan berkembangnya teknologi, diperlukan adanya proses pemeliharaan perangkat lunak yang dapat berupa perbaikan kerusakan, pengadaptasian pada lingkungan baru, atau penambahan fungsi perangkat lunak. Kemudian Code smells itu sendiri merupakan bagian dari code source (komponen dasar dari program computer yang dibuat oleh programmer) yang dapat mengindikasikan adanya kekurangan pada desain kodenya atau adanya kemungkinan pengimplementasian yang buruk. Berbeda dengan bug (kesalahan pemograman), code smells tidak selalu mempengaruhi teknis suatu program, tetapi code smells kemungkinan merupakan gejala dari pola desain kode yang buruk dan dapat mempengaruhi kualitas sebuah sistem perangkat lunak. Dengan dataset (kumpulan data) yang telah diperoleh sedemikian rupa, dapat dilakukan pengujian pada model machine learning dan membuat model machine learning itu dapat mendeteksi code smells.

Setelah sesi penyampain materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta. Sesi tanya jawab berjalan cukup aktif dan peserta terlihat antusias untuk bertanya. Kuliah umum ditutup dengan sesi penyerahan kenang-kenangan kepada Profesor Marcello oleh Bapak Dr. Fajar Adi Kusumo, S.Si., M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Alumni, Kerjasama, dan Inovasi. Penyerahan kenang-kenangan ini sebagai lambing ucapan terima kasih telah berkenan berbagi ilmu bersama dosen dan mahasiswa FMIPA UGM.

Penulis: Mivo A.

Other News

Translate