Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

PkM Departemen Matematika “Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Matematika SMA dan SMP Ternate Maluku Utara”

Departemen Matematika FMIPA UGM selalu mendukung UGM dalam upaya mewujudkan visinya. UGM sebagai perguruan tinggi Pembina telah banyak melakukan Kerjasama dengan PT mitra di daerah 3T melalui berbagai bentuk diantaranya melalui kegiatan PkM. Dalam pelaksanaan PkM Departemen Matematika FMIPA UGM melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi mitra, Universitas Khairun Ternate dalam rangka “Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Matematika SMA dan MGMP Matematika SMP Kota Ternate Maluku Utara”.

Tim PkM Departemen Matematika FMIPA UGM terdiri dari Prof. Dr. Sri Wahyuni, Prof. Dr. Rini Indrati, Dr. Lina Aryati, Dr. Fajar Adi Kusmo, Dr. Adhitya Ronnie Effendi, Dr. Noorma Yulia Megawati, dan diperkuat oleh Dr. Pekik Nurwantoro dari Departemen Fisika FMIPA UGM, serta dibantu oleh seorang Wira Kurniawan (staf tendik Departemen Matematika FMIPA UGM), serta 3 (tiga) mahasiswa: Johanes Frans Gomgom Tambunan  (mhs PS Sarjana Matematika), Mudzakar Rifai Alam, S.Pd. (mhs PS Magister Matematika), M. Syamsuddin Wisnubroto, S.Si., M.Si. (mhs PS Doktor Matematika FMIPA UGM). Sedangkan tim Unkhair terdiri dari satu orang narasumber (Dr. Karman La Nani SPd., MPd. / Ketua PS Pendidikan Matematika Unkhair), panitia lokal sebagai moderator (Ahmad Afandi, SPd., MPd., Dr. Soleman Saidi, SPd., MSc., Ida Kurnia Wahyudi, SSi., MSi.); sekaligus bertindak narahubung dan penyedia sarana-prasarana. Proses Kerjasama kegiatan PkM UGM – Unkhair Ternate ini dipermudah oleh adanya 11 alumni PS Magister Matematika FMIPA UGM yang berkarir di Unkhair, juga memperoleh dukungan 3 orang alumni PS Magister Matematika FMIPA UGM yang berkarir di PS Tadris Matematika IAIN Ternate, 1 alumni PS Matematika yang berkarir di UMMU Ternate, serta 4 orang alumni PS Magister Matematika yang berkarir sebagai guru di Ternate yang sangat solid.

Sasaran PkM bertema “Matematika UGM dan Pendidikan Matematika Unkhair Go to School” adalah MGMP Matematika Ternate baik tingkat SMA maupun SMP. Total Peserta kegiatan sebanyak 51 orang terdiri dari 15 orang anggota MGMP Matematika SMA, dan 26 orang anggota MGMP Matematika SMP, dan mahasiswa PS Pendidikan Matematika 10 orang. Inti kegiatan berupa “Sharing Pembelajaran Matematika Siswa Aktif dan Pemanfaatan Teknologi Informasi”. PkM dilaksanakan pada 24 Oktober 2022 secara luring dan pada 25 Oktober 2022 secara daring. Pada hari pertama (24 Oktober 2022) dilaksanakan secara luring (offline) kedua PT bersinergi menampilkan 4 pembicara narasumber, yaitu 1) Dr. Adhitya Ronnie Effendie (Dep. Matematika FMIPA UGM)  menyajikan “Pengenalan LaTex dan Overleaf” 2) Dr. Fajar Adikusumo, MSi. (Dep. Matematika FMIPA UGM) menyajikan “Pemodelan Matematika untuk Influensa : Peningkatan Wawasan Guru terkait Aplikasi Matematika”; 3) Prof. Dr. Sri Wahyuni (Dep. Matematika FMIPA UGM) menyajikan “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontruktivisme”; dan 4) Dr. Karman La Nani SPd., MPd. (Unkhair Ternate) menyajikan “Pembelajaran Matematika dengan Model Cettar Membahana”. Setelah berakhir presentasi oleh para narasumber dianjutkan tanya jawab dan diskusi selama kurang lebih satu jam.

Pada hari kedua (25 Oktober 2022) secara daring (online) disajikan 1) “Pemanfaatan Kerja Kolaboratif Daring (Google Collaboratory/Colab) menggunakan Aproksimasi untuk Memudahkan Pembelajaran Konsep Fisika : Peningkatan wawasan Guru” oleh Dr. Pekik Nurwantoro  (Dept Fisika FMIPA UGM); 2) “Sharing Pembelajaran tentang Limit Fungsi” oleh Dr. Lina Aryati (Dept Matematika FMIPA UGM); 3) “sharing Pembelajaran tentang Trigonometri” oleh Prof. Rini Indrati (Dept Matematika FMIPA UGM). Setelah berakhir presentasi 3 pembicara dilanjutkan tanya jawab dan diskusi selama kurang-lebih satu jam. Dari dua hari diskusi yang terselenggara terdapat harapan, baik dari PT mitra (Unkhair) maupun para peserta dari MGMP Matematika SMA dan MGMP Matematika SMP, yaitu hendaknya PkM terus dilaksanakan di masa mendatang, terdapat materi bidang Matematika SMP, dan PkM tidak hanya untuk bidang Matematika, IAIN Ternate dan Universitas Muhammadiyah Ternate bisa menjadi bagian dari mitra kerjasama.

Disamping kegiatan kuliah umum dan PkM yang sangat saintifik namun disajikan dengan narasi yang cair, kunjungan tim PkM Dep Matematika FMIPA UGM dimanfaatkan untuk memperkokoh jalinan kerjasama dalam bentuk penandatanganan MoU antar 4 pihak, yaitu FMIPA UGM, FKIP Unkhair, MGMP Matematika SMA dan MGMP Matematika SMP Kota Ternate. Pengokohan kerjasama dalam bentuk penandatangan MoU juga dilaksanakan antara FMIPA UGM dan Sekolah Pascasarjana Unkhair.

Adapun Ruang lingkup kerja sama berupa peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat   meliputi:

  • Penyelenggaraan kegiatan bersama dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang dilakukan oleh Para Pihak, seperti kegiatan dalam rangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pembimbingan bersama tugas akhir mahasiswa, dan lain-lain.
  • Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Keilmuan yang dilakukan secara kolaboratif oleh Para Pihak.
  • Kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat sesuai dengan kesepakatan para pihak.

Kunjungan tim PkM Dep Matematika FMIPA untuk melakukan PkM juga dimanfatkan untuk memberikan kuliah umum di Universitas Maluku Utara. Kuliah umum yang disampaikan Dr. Aditya Ronnie Affandi, MSc. dengan topik “Matematika di Era Disrupsi Teknologi: Data Sains Dalam Industri Keuangan”, Dr. Noorma Yulia Megawati, SSi., MSc., dengan topik “Optimal Placing and Sizing EV Charging Station” dan oleh Prof. Dr. Sri Wahyuni, SU. dengan topik “Abstraksi dan Generalisasi: Sebagai Salah Satu Alat Untuk Memunculkan Conjecture Dalam Penelitian Matematika”.

Meskipun kegiatan ini telah berakhir, kedua belah pihak (Departemen Matematika UGM dan Program Studi Pendidkan Matematika Universitas Khairun Ternate) berharap kerja sama akan terus berlanjut pada masa-masa mendatang sehingga dapat memberikan kemanfaatan yang semakin luas, khususnya untuk perkembangan matematika di wilayah Maluku Utara.

 

Dokumentasi kegiatan PkM hari ke 1 di Unkhair

Dokumentasi kegiatan PkM hari ke 2 di Unkhair

Dokumentasi kegiatan Kuliah Umum di UMMU Ternate

Other News

Translate