Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dies Natalis FMIPA UGM ke-67

Dalam rangka memperingati Dies Natalis FMIPA UGM ke-67, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan, antara lain Pembukaan Dies Natalis FMIPA UGM ke-67, Dekan Cup, Gowes Sivitas Akademika bersama Keluarga Alumni FMIPA UGM (KAMIPAGAMA), Talk Show dan Sharing KAMIPAGAMA, Silaturahmi KAMIPAGAMA, Family Gathering, serta Rapat Terbuka Senat sebagai puncak acara.

Seluruh rangkaian acara perayaan Dies Natalis FMIPA UGM ke-67, resmi dibuka oleh Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si pada 26 Agustus 2022. Acara ini diselenggarakan di halaman gedung baru FMIPA UGM yang ditandai dengan pengibaran bendera Dies Natalis FMIPA UGM ke-67 menggunakan drone oleh mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi. Tidak hanya itu, acara ini juga diisi dengan kegiatan senam pagi dan Pos Pembinaan Kesehatan Terpadu (POSBINDU) yang dimeriahkan oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. 

Rangkaian acara selanjutnya adalah Dekan Cup yang merupakan perlombaan olahraga antar dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Acara ini dimulai dengan perlombaan bulu tangkis pada 27 Agustus 2022 di GOR Lembah UGM. Selain bulu tangkis, berbagai perlombaan olahraga lain, seperti tenis meja, futsal, basket, e-sport, dan seni juga ikut serta memeriahkan kegiatan ini.

Selanjutnya, kegiatan Gowes Dies Natalis FMIPA UGM diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 September 2022 pukul 06:00 WIB. Kegiatan Gowes ini diikuti oleh sivitas akademika dan KAMIPAGAMA yang dibuka secara resmi oleh dekan FMIPA UGM. Adapun titik awal rute perjalanan Gowes ini dimulai dari depan Auditorium A.106 FMIPA UGM menuju Wisma G13 lalu ke Candi Plaosan untuk bersantap pagi menikmati hidangan di Pawon Mbah Noto Plaosan Prambanan sembari menghirup udara Jogja di pagi hari. Tujuan akhir perjalanan Gowes adalah Science Techno Park (UGM STP) dengan acara penutup berupa pembagian doorprize. Setelah kegiatan Gowes, dilanjutkan dengan makan siang bersama di Wisma G13 yang merupakan rumah alumni FMIPA UGM. Pada kesempatan ini, Bapak Stephanus Nuswan Wibowo yang merupakan perwakilan dari KAMIPAGAMA memaparkan rancangan konsep Science Innovation Hub kepada seluruh peserta yang hadir.  Acara dilanjutkan dengan Talk Show dan Sharing KAMIPAGAMA pada pukul 14:00 WIB di Auditorium Lantai 7, Gedung Perkuliahan S1, Fakultas MIPA UGM. Setelah kegiatan Talk Show dan Sharing KAMIPAGAMA, acara dilanjutkan dengan Silaturahmi KAMIPAGAMA di Auditorium A.106 FMIPA UGM. Acara ini diisi dengan makan malam, ramah tamah, dan hiburan. 

Pada hari Minggu, 18 September 2022 pukul 06.45, Fakultas MIPA UGM menyelenggarakan kegiatan Family Gathering yang bertempat di halaman Auditorium A.106 FMIPA UGM. Rangkaian acara pada kegiatan ini, antara lain sambutan dekan FMIPA UGM, jalan sehat, POSBINDU, pembagian doorprize, penyerahan hadiah untuk pemenang dekan cup, makan bersama dan penutup.

Senin, 19 September 2022 pukul 09:00 WIB, sebagai puncak dari acara Dies Natalis FMIPA UGM ke-67 dilaksanakan Rapat Terbuka Senat FMIPA UGM. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran senat FMIPA UGM, rektor dan wakil rektor UGM, perwakilan pengurus KAMIPAGAMA, dekan Fakultas di Lingkungan UGM,, dekan senior FMIPA UGM, Chief Financial Officer – Director PT. Vale Indonesia Tbk ,Bapak Bernadus Irmanto selaku orator pidato ilmiah, pimpinan BSI, Bank Mandiri, BRI dan BNI, serta presiden direktur PT. Astra Argo Lestari, direktur utama PT. PLN, pengurus departemen, dosen dan tenaga kependidikan FMIPA UGM, ketua dan pengurus Dharma Wanita Persatuan FMIPA UGM, ketua dan sekretaris BEM, Himpunan Mahasiswa FMIPA UGM, serta tamu undangan lainnya.

Acara ini, dilaksanakan di Auditorium Lantai 7, Gedung Perkuliahan S1 FMIPA UGM dengan tema “Peran FMIPA dalam Riset dan Perkembangan Industri yang Berkelanjutan” yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube FMIPA UGM. Acara ini diisi dengan sambutan ketua senat, Drs. Mudasir, M.Eng., Ph.D, sekaligus membuka Rapat Terbuka Senat FMIPA UGM. Dilanjutkan dengan laporan Dekan FMIPA UGM yang disampaikan oleh Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. Dalam laporannya, Dekan Fakultas MIPA menyampaikan beberapa perkembangan yang telah dilakukan dan dicapai oleh FMIPA UGM di berbagai bidang. Selanjutnya, sambutan dari Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia,  M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D. Dalam sambutannya, rektor mengucapkan selamat dan sukses atas Dies Natalis ke-67 Fakultas MIPA UGM dengan harapan dapat terus menjadi universitas yang unggul secara nasional dan terkemuka secara internasional untuk memajukan kesejahteraan bangsa dengan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan pancasila. Acara berikutnya adalah  pidato ilmiah oleh Bapak Bernadus Irmanto (Chief Financial Officer – Director PT. Vale Indonesia Tbk yang merupakan alumni FMIPA UGM tahun 1993) dengan tema “Menata Kolaborasi dalam Rangka Meningkatkan Peran FMIPA UGM dalam Menjawab Tantangan Industri”. Dalam orasinya, beliau menyebutkan bahwa tingkat penguasaan ilmu, teknologi, pengetahuan serta inovasi sangatlah penting dalam menentukan daya saing sebuah negara. Oleh karena itu, peran perguruan tinggi dalam menjawab tantangan tersebut sangatlah penting. Dengan banyaknya bidang penelitian yang ada di FMIPA UGM, beliau menyebutkan bahwa fakultas MIPA UGM telah terbukti menghasilkan penelitian-penelitian yang bersifat aplikatif untuk menjawab permasalahan masyarakat dan industri. Beliau berharap agar fakultas MIPA UGM selalu mengambil peran aktif dalam memecahkan masalah-masalah industri di masa mendatang yang tentunya sesuai dengan bidang keilmuan yang ada di FMIPA UGM. Acara ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada dosen, tendik dan mahasiswa berprestasi FMIPA UGM.

 

(TN/SRY)

Other News

Translate