Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Mitigasi Penyebaran Corona Virus (COVID-19) dengan Big Data

Penyebaran Virus Corona yang saat ini sudah menjangkiti banyak negara, menganggu aktivitas masyarakat dan menunculkan banyak spekulasi memang tidak dapat dihindari. Pemerintah, Kementerian, Lembaga, dan institusi Pendidikan serta masyarakat berusaha untuk menahan dan mencegah penyebaran virus ini menjadi lebih massif dan berimplikasi luas. Promosi kesehatan, informasi public dan cara lain terus digalakkan untuk hal ini.

Teknologi informasi dan komunikasi dalam hal ini data yang bersumber dari sumber terpercaya (valid), media social, dan portal berita juga memberikan informasi yang cukup banyak dan luas mengenai virus corona. Melihat hal ini, penelitia dan Ketua Lab Riset Sistem Komputer dan Jaringan, DIKE FMIPA UGM beserta tim, mencoba berkontribusi dengan mengembangkan pendekatan big data analisis untuk membantu mitigasi penyebaran virus corona di Indonesia. Hal ini ditujukan untuk memberikan informasi yang baik, edukatif, dan berbasis fakta data ketika meihat virus corona dari hari ke hari. Harapannya dengan informasi yang baik, masyarakat dan stakeholeder mendapatkan informasi yang proporsinya pas untuk bereaksi dalam mengambil langkah-langah penting baik untuk pencegahan dan kewaspadaan kedepan.

Pendekatan yang dilakukan saat ini sudah bisa diakses di http://covid19.gamabox.id/

Sebagai portal/landing page hasil visualisasi  dan analisis big data yang diolah dari berbagai sumber secara valid dan terukur. Data dan informasi yang tersedia berupa informasi kejadian dalam angka, pertumbuhan dan pergerakan kejadian, dan proyeksi di waktu dekat mendatang. Dalam pengembangan yang masih berjalan akan dilengkapi dengan analisis kejadian global, analisis kejadian per provinsi sampai dengan kota, dan analisis lain terkait pola penyebaran berbasis public transport dan factor resiko kerentanan.

Inisiasi dan inovasi ini juga mengajak berbagai pihak untuk bergabung menjadi volunteer yang membantu proses pengumpulan data, pengolahan data dan penyiapan menjadi aplikasi mobile yang nantinya mudah digunakan masyarakat awam dimana saja. Peneliti, contributor dari masyarakat umum, startup dan industry dapat bergabung dalam inisiasi ini. Inisiasi ini didukung saat ini oleh Universitas Gadjah Mada, Lab Riset Sistem Komputer dan Jaringan, Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA UGM, dan startup dalam bidang analytic yaitu Widya Analytic.

Other News

Translate