Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Peneliti Data Science UGM membantu Kemendikbud RI dalam Pengolahan Ujian Essai Nasional

Pada tanggal 21 September 2018 yang lalu bertempat di Puspendik Kemendibud Republik Indonesia, Jakarta, para peneliti Data Science dari kolaborasi FMIPA UGM dan FT UGM melakukan kegiatan presentasi dan diseminasi hasil kajian dan pengembangan teknologi Big Data dan Artificial Intelligence untuk membantu dalam pengolahan hasil ujian essai nasional. Tim yang terdiri dari Drs. Bambang N Prastowo, M.Sc ( FMIPA UGM), Dr. Mardhani Riasetiawan (FMIPA UGM), Dr. Yunita Sari (FMIPA UGM), Teguh Bharata Adji, Ph.D (FT), Guntur Budi H M.Cs (FMIPA), Isna Alfi Busthoni, M.Eng (FMIPA) dan Indra Hidayatullah MT (UNY) sejak tahun 2017 telah mengembangkan beberapa metode pengolahan dengan pendekatan tersebut.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama yang sinergis antara perguruan tinggi dan kementerian dalam peningkatan kualitas pendidikan dengan memfokuskan pada penyediaan mesin berbasis Big Data dan AI untuk mendukung proses penilaian jawaban essai nasional. Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari penuh berupa presentasi, workshop dan diskusi proses, tahapan dan metode yang dikembangkan oleh tim peneliti kepada pelaksana pengolahan ujian essai tersebut.

Dengan jumlah peserta didik di jenjang SD, SMP, SMA dan SMK tentunya akan terkumpul jutaan data yang tidak terstruktur dan memerlukan cara pengolahan yang specific dengan teknologi modern dan terkini. Pengolahan tidak mungkin dilaksanakan hanya secara manual atau sejenisnya. Selain membutuhkan waktu yang lama tentunya akan membutuhkan sumber daya dan dukungan keuangan yang tidak sedikit. Konsep data jutaan yang terkumpul memunculkan Big Data collection yang membutuhkan pengolahan yang cepat dan reliable. Pada kajian dan pengembangan yang dilakukan telah disodorkan beberapa pendekatan baik menggunakan pendekatan klustering dan klasifikasi, senitiment analysis, hingga scoring menggunakan BLUESCORE, Semantic based dan pendekatan lainnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan perspektifk yang komprehensif bahwa pengolahan data essai dapat ditangani dengan akurasi dan ketepatan yang dapat diterima oleh sebuah mesin pengolahan Big Data dan AI. Artificial Intelligence sendiri menjadi vital untuk mendukung adanya pembelajaran dan wujudnya kecerdasan buatan yang akan selalu update dan membantu proses pengolahan itu sendiri.

Other News

Translate