Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

DIKE FMIPA Bentuk Asosiasi Program Studi Elins

Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada menggelar Reuni Akbar pada Hari Sabtu (14/9). Reuni Akbar DIKE dengan tajuk Alumni Bersinergi diisi berbagai rangkaian acara antara lain Talkshow, Expo Bidang Teknologi, Kongres Alumni, Pembentukan Asosiasi Program Studi di bidang Elektronika dan Instrumentasi dan ditutup dengan acara makan malam. Acara dibuka oleh Dekan FMIPA UGM, Prof.Dr.Triyono., S.U. Sedangkan untuk hasil asosiasi dan kongres diumumkan oleh Ketua DIKE, Drs. Agus Harjoko, M.Sc., Ph.D.

Talkshow dengan tema Sinergi Akademik, Pemerintah dan Industri di Era Transformasi dan Disrupsi Digital menghadirkan 4 pembicara, yaitu Eko Suryo Prihantoro (Kepala Kominfo Kab. Sleman), Luthfi Rahman (Karyawan Google Indonesia), Mardhani Riasetiawan (Dosen DIKE FMIPA UGM), dan Malik Khidir (Founder STECHOQ Robotika Indonesia) dengan moderator Idham Ananta Timur (Dosen DIKE FMIPA UGM). Keempat pembicara merupakan alumni dari Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika.

Sementara Expo Bidang Teknologi menampilkan hasil penelitian 5 Laboratorium Riset yang ada di Departemen Ilmu Komputer, Kelompok Riset di UGM. Selain itu, juga beberapa perusahaan startup di bidang teknologi serta ekonomi kreatif. Mereka yang tampil diantaranya Lab Riset Sistem Cerdas, Lab Riset Algoritma dan Komputasi, Lab Riset Elektronika dan Instrumentasi, Lab Riset Sistem Komputer dan Jaringan, Lab Riset Rekayasa Perangkat Lunak dan Data, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (HIMAKOM), dan Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi (HMEI). Tampil pula stan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komputer (HIMPASIKOM), Himpunan Mahasiswa Doktoral Ilmu Komputer (HIMADIKOM), Gamaforce, AMX UAV TECHNOLOGIES, Catapa (GDPLabs), BNI Life KP Yogyakarta, PT KARYA SOLUSI ANGKASA/PT ASTANA INDRA KARYA dan Roemah CreaSHE.

Sementara itu, dalam Kongres Alumni yang dihadiri dosen, mahasiswa, serta alumni Ilmu Komputer (S1, S2, S3), diperoleh beberapa masukan antara lain mengenai kurikulum Prodi S1/S2/S3 agar lebih inline dengan kebutuhan industri dan akademik. Dalam kongres ini juga telah terpilih Adityo Hidayat (S1 ILMU KOMPUTER ANGKATAN 1996) sebagai Ketua Alumni Ilmu Komputer. Sedangkan dalam Kongres Alumni Elektronika dan Instrumentasi (ELINS) disepakati untuk membentuk Badan Organisasi Ikatan Alumni dengan nama KAELINS (Keluarga Alumni Elins) dengan ketua dalam bentuk kolegial dan terpilih Ahmad Azhari sebagai Ketua Prodi, M. Taqi Ramadhan sebagai Ketua HMEI, Wirawan Alex untuk Angkatan ’90an Ke atas dan Ardian Rafiq untuk Angkatan Muda ‘2000an.

Harapannya, dengan terbentuknya KAELINS sebagai role model akan terhubung jejaring seperti kuliah umum (workshop), jaringan kerja praktik, maupun workshop industri. Selain itu, KAELINS sebagai wadah alumni untuk memberikan dukungan kepada Program Studi terkait hal-hal akademik, seperti kurikulum, ekosistem pengajaran, dan juga untuk kepentingan akreditasi. (Humas UGM/ Agung)

Sumber: https://ugm.ac.id/id/berita/18453-reuni-dike-bentuk-asosiasi-program-studi-elins

Author:

Other News

Translate