Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Tingkatkan Akademik Unggul Peduli Lingkungan, Geo Dipa dan Geofisika FMIPA UGM Jalin Kerja Sama dalam Mendukung Energi Bersih Berkelanjutan

Program Studi Geofisika FMIPA UGM menjalin kerja sama dengan PT. Geo Dipa Energi melalui Kick-Off Meeting pada hari Jumat, 9 Agustus 2024 di Ruang Rapat 207 FMIPA UGM. Kegiatan dilaksanakan melalui Program Peningkatan Academic Excellence dengan Flagship Transisi Energi yang menjadi cerminan dari SDGs nomor 7 yaitu Energi Bersih dan Terjangkau. Turut hadir dalam acara ini, Djoko Anityo Wibowo selaku penasihat Tim Eksplorasi dan M. Istiawan selaku Head of EPDP Division dari PT Geo Dipa Energi, Wiwit Suryanto selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sekaligus project leader, Herlan Darmawan selaku Sekretaris Program Studi Geofisika Fakultas MIPA UGM, dan beberapa Dosen Geofisika Fakultas MIPA UGM.

Program ini mengangkat judul penelitian “Penentuan Hiposenter Gempa Micro yang Presisi dan Model Kecepatan dengan Resolusi Tinggi di Lapangan Panas Bumi berbasis Waveform Event dan Tremor”. Dalam acara ini, dipaparkan rencana penelitian yang telah terbagi menjadi langkah-langkah proses penelitian dengan strategi yang telah dipersiapkan dalam mencapai tujuan penelitian tersebut. Setiap langkah penelitian memiliki topik fokus terendiri yang nantinya akan melibatkan mahasiswa dalam melakukan project ini melalui penelitian tugas akhir (TA) atau skripsi.

“Terima kasih sudah dilibatkan dalam kerja sama dengan UGM khususnya Fakultas MIPA. Kami ingin menyampaikan bahwa kerja sama dengan Geo Dipa Energi itu terbuka lebar dan hal tersebut menjadi arahan dari Direktur Utama kami agar kami bisa mengembangkan budaya learning, inovasi, dan tranformasi yang sedang berjalan di tempat kami untuk membuka kapasitas dan kapabilitas dalam riset dan pengembangan kami. Harapan kedepannya, semoga ada kesempatan melakukan penelitian-penelitian lain dan harapannya ada kerja sama yang “paten” antara Fakultas MIPA UGM dengan Geo Dipa Energi didorong oleh fasilitas-fasilitas lapangan panas bumi yang kami miliki,” ungkap Djoko Anityo Wibowo dalam sambutan pembuka acara Kick-Off Meeting.

Hubungan mutualisme antara PT Geo Dipa Energi dan Geofisika Fakultas MIPA UGM ini menjadi salah satu program pertama yang memanfaatkan dana hibah UGM dengan melibatkan industri dalam partner riset tersebut. Kerja sama ini juga menjadi media untuk sharing knowledge antara praktisi industri dengan akademik.

“Kerja sama ini merupakan sebuah inisiasi kami untuk terus menjalin engadgement terkait MOU yang ada di Fakultas MIPA dan semoga penelitian ini juga dapat membantu Geo Dipa Energi dalam ranah industri. Kami mengapresiasi support dari teman-teman Geo Dipa Energi, semoga kedepannya menjadi lebih berkembang riset dan penelitian kami dengan industri,” ungkap Wiwit Suryanto selaku Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sekaligus project leader kerja sama dengan PT Geo Dipa Energi (09/08)

Kerja sama yang dijalin ini harapannya juga mendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4 yaitu Pendidikan Berkualitas serta poin 7 yaitu Energi Bersih dan Terjangkau melalui keterlibatan mahasiswa dalam melakukan project ini dengan penelitian tugas akhir (TA) atau skripsi yang berfokus pada pengembangan dan keberlanjutan energi panas bumi bersama pihak PT Geo Dipa Energi. Selain itu, kerja sama ini merupakan implementasi poin 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan yang harapannya mahasiswa sebagai agent of change dapat menjadi penerus keberlanjutan energi bersih demi kestabilan kondisi bumi.

Penulis: Septrilia Restu H.
Foto: Septrilia Restu H.
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate