Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

MIPAnet School of Leaders Hari Ketiga: Tingkatkan Kualitas Gaya Kepemimpinan dan Daya Hilirisasi Inovasi

FMIPA UGM menyelenggarakan kegiatan MIPAnet School of Leaders pada Rabu – Sabtu, 4 – 7 September 2024 di Ruang Auditorium FMIPA UGM. Acara ini dihadiri oleh 50 pimpinan dari berbagai instansi yang tergabung dalam Jaringan Kerja Sama Nasional Lembaga Pendidikan Tinggi Bidang MIPA di seluruh Indonesia seperti Dekan FMIPA Unsoed, Dekan FMIPA IPB, Dekan FMIPA UNP, Dekan FST Undana, Dekan FMIPA USU, Dekan FMIPA IPB, dan lainnya. Beberapa pemateri berasal dari pihak UGM seperti Rektor UGM, Ketua HPU UGM, dan Kepala Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi UGM.

Pada hari ketiga, materi yang dipaparkan yaitu Membangun Riset Kolaboratif oleh Dr. Berry Juliandi, S.Si., M.Si., (Dekan FMIPA IPB), Hilirisasi dan Inovasi oleh Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, S.Si., M.Agr.Sc., Ph.D.
(Dekan Fakultas Biologi UGM), Health Promoting University oleh Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D. (Ketua HPU UGM), Communication in Organization oleh Elisabeth Evaty Dewi (Chief Human Capital Officer AXA Mandiri), dan Servant Leadership oleh Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D. (Rektor UGM). Materi-materi yang diberikan serta diskusi yang dilakukan turut memperkaya wawasan masing-masing pihak serta mendorong pemecahan masalah yang ada untuk melakukan peningkatan dan pengembangan di masing-masing instansi.

“Teman-teman di perguruan tinggi dan riset berhenti di hilirisasi dan cenderung tidak memasarkan produk hasil risetnya. Contohnya di Fakultas Biologi ada pemasaran melon, shampo, dan telur hasil riset dari peneliti kami,” papar Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, S.Si., M.Agr.Sc., Ph.D. (Dekan Fakultas Biologi UGM) dalam membawakan materi Hilirisasi dan Inovasi.

Pada sesi selanjutnya, Prof. Ova yang merupakan Rektor UGM sekaligus pemateri turut menekankan pentingnya gaya kepemimpinan yang bersifat melayani.

“Prof Kuwat ngurusin masalah UKT juga. Ada 3 hal yang perlu dilakukan yaitu pertama leader harus memiliki visi, keterlibatan dan mengetahui pendekatan-pendekatan terhadap orang lain dengan treatment yang berbeda,” papar Prof. Ova.

Hadirnya MIPAnet School of Leaders menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan kepemimpinan dan manajemen bagi pemimpin di kampus sains serta mendorong pendidikan untuk keberlanjutan dan pembangunan. Selain itu, agenda tersebut menjadi implementasi dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dan inovasi dalam mendongkrak kualitas kampus sains di Indonesia dengan sharing session yang dilakukan untuk berbagi ide dan pandangan serta mencari solusi yang tepat bagi masing-masing instansi.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Danendra Azriel Ramdhany

Other News

Categories

Translate