Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dosen FMIPA UGM Sosialisasikan Health Promoting University Kepada Mahasiswa Baru di Pionir Pascal 2024

Health Promoting University (HPU) adalah sebuah inisiatif, yang diadopsi oleh Universitas Gadjah Mada untuk menciptakan lingkungan kampus yang mendukung kesehatan serta kesejahteraan seluruh komunitas akademiknya. Dalam upaya membangun budaya kesehatan yang berkelanjutan di

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM), dosen FMIPA UGM sekaligus ketua Health Promoting University  (HPU), Dr. Chotimah, M.Si menyampaikan pesan penting mengenai pendidikan karakter dan kesehatan kepada mahasiswa baru di acara Pionir Pascal 2024 pada 1 Agustus 2024, di Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM.

“Karakter yang ingin ditumbuhkan pada lulusan UGM adalah karakter “SANG JUARA”  yaitu Santun, Adil, Nasionalis, Gembira, Jujur, Unggul, Amanah, Religius, Andal,” ujar Dr. Chotimah, M.Si.

Dr. Chotimah menjelaskan, fokus HPU yakni modifikasi dari zero tolerance area dan promosi kesehatan dengan mempertimbangkan local wisdom. Delapan tema yang dijadikan fokus antara lain literasi kesehatan (safety driving, helmet use, safe sex, social interaction), aktivitas fisik, pola makan sehat, kesehatan mental, zero tolerance narkoba, zero tolerance kekerasan, perundungan, dan pelecahan, pembentukan lingkungan hidup sehat, dan disabled friendly, serta kesehatan reproduksi.

Hingga saat ini, HPU telah melaksanakan berbagai program sebagai bentuk pengimplementasian kedelapan hal tersebut. Mulai dari fasilitas pos pembinaan terpadu (posbindu), senam bersama, jalan sehat, penyediaan fasilitas tenis meja, bulu tangkis, voli, treadmill, hingga kantin DWP menjadi bentuk penunjang dalam mempromosikan aktivitas fisik dan pola makan sehat. Selain itu, HPU juga berperan dalam mempromosikan kesehatan mental melalui Hear Me MIPA yang merupakan lembaga khusus untuk menerima curhatan konseling teman sebaya. Penyediaan ruang hijau, parkir cukup dan teratur, adanya tanda penunjuk keselamatan, kebersihan dalam dan luar gedung, tanda dilarang merokok dibentuk untuk menunjang pembentukan lingkungan hidup sehat, aman, dan disabled friendly.

Adanya promosi kesehatan melalui literasi kesehatan hingga berbagai program yang disediakan oleh HPU telah mencerminkan Tujuan Berkelanjutan (SDGs) poin ke-3 yakni Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Adapun pengintegrasian pendidikan kesehatan dalam kurikulum pendidikan melalui Pionir Pascal juga selaras dengan SDG poin ke-4 yakni Pendidikan Berkualitas.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate