Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Beri Edukasi Literasi Digital, Matematika FMIPA UGM Gelar Workshop Kriptografi dan Aplikasinya dalam Keamanan Siber

Departemen Matematika FMIPA UGM menyelenggarakan Workshop Matematika dalam Kriptografi dan Aplikasinya dalam Keamanan Siber pada Sabtu, 27 Juli 2024 di Ruang Auditorium FMIPA UGM. Acara ini merupakan kolaborasi antara Departemen Matematika UGM dengan Museum Sandi dan Politeknik Sandi dan Siber Negara dalam rangka memberikan edukasi dan sosialisasi perihal literasi digital. Peserta acara terdiri atas pelajar, guru, dan mahasiswa.

Acara ini meghadirkan ahli di bidang kriptografi dan kemanan siber seperti Prof. Dr. Ir. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc., selaku dosen Ilmu Komputer dan Elektronika Instrumentasi FMIPA UGM, Arizal S.T., M.T., selaku dosen Politeknik Siber dan Sandi Negara, Uha Isnaini, S.Si., M.Sc., Ph.D., selaku dosen Matematika FMIPA UGM, dan Nurul Qomariasih, M.Si. selaku dosen Politeknik Siber dan Sandi Negara.

“Kegiatan yang sangat baik dan relevan dengan tantangan di era digital karena kriptografi berakar pada nilai matematika yang kompleks. Tujuan untuk meningkatkan literasi digital tentang keamanan siber di kalangan masyarakat. Peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan serta mendorong kolaborasi antara berbagai instansi dalam menghadapi masalah terkait kriptografi Keamanan Siber. Awal yang baik untuk kolaborasi yang berkelanjutan dengan Poltek BSSN kedepannya,” papar Kuwat Triyana selaku Dekan FMIPA UGM dalam membuka acara.

Rangkaian acara terdiri atas pembukaan, pre-test, pemaparan materi, diskusi dan tanya jawab, serta kunjungan ke Museum Sandi. Berbagai materi yang disampaikan terdiri atas Hardware Security: Kriptografi dalam bentuk Hardware oleh Prof. Jazi, Information Security Awareness oleh Arizal, The Guardians of Privacy: Cryptography Through the Ages oleh Nurul, dan Peran Matematika dan Kriptografi: Perjalanan Menuju Komunikasi yang Aman oleh Uha.

Hadirnya acara Workshop Matematika dalam Kriptografi dan Aplikasinya merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui peningkatan keterampilan di bidang teknologi dan informasi. Di sisi lain, kegiatan ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dalam peningkatan kapasitas di bidang teknologi komunikasi.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Sulaiman Nur Hidayat

Other News

Categories

Translate