Search
Search
Search

University of Manchester Jalin Kolaborasi dengan FMIPA UGM untuk Penguatan Kerja Sama Internasional di Bidang Sains dan Teknologi

Pada 15 Oktober 2024, perwakilan dari University of Manchester mengunjungi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM di KPTU lantai 2 untuk membahas penguatan kerja sama internasional di bidang sains dan teknologi. Pertemuan tersebut dihadiri oleh tiga orang representatif dari University of Manchester dan beberapa petinggi dari FMIPA UGM, antara lain Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si., Prof. Drs. Roto, M.Eng, Ph.D., serta perwakilan dari Departemen Matematika dan DIKE (Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika).

Diskusi dalam kunjungan ini mencakup peluang kolaborasi dalam program double degree dan riset. Perwakilan University of Manchester menawarkan program summer course untuk mahasiswa FMIPA UGM dan berencana mendirikan program master spesifik di bidang matematika, fisika, dan kimia. Selain itu, terdapat peluang untuk pertukaran mahasiswa dan dosen yang didukung oleh pendanaan dari LPDP serta pemerintah kedua negara.

Ketua DIKE, Wahyono, S.Kom., Ph.D. pun menyampaikan bahwa DIKE ingin memperluas program pertukaran dan double degree untuk jenjang S1 dan S2, serta memberikan kesempatan bagi staf akademik untuk melakukan penelitian bersama selama dua minggu hingga satu bulan. Salah satu bidang yang sangat diminati oleh UGM adalah data science, meskipun cyber security belum dapat dijalankan karena adanya kendala regulasi di Inggris.

Pihak University of Manchester menyambut baik kolaborasi ini dan berharap dapat melakukan pertemuan lanjutan. “We are very interested in some areas for collaboration in education,” ungkap perwakilan University of Manchester.

Kunjungan ini mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 4 dan 17. SDG 4 berfokus pada pendidikan berkualitas yang inklusif, sementara SDG 17 menekankan pentingnya kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan. Melalui program double degree, pertukaran mahasiswa, dan penelitian bersama, kerja sama antara University of Manchester dan FMIPA UGM diharapkan dapat meningkatkan akses serta kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam sains dan teknologi. Kolaborasi ini juga memperkuat inovasi, berbagi pengetahuan, dan kapasitas institusi pendidikan dalam menghadapi tantangan global, dengan dukungan dari pemerintah dan mitra internasional.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Danendra Azriel Ramdhany
Editor: Sulaiman Nurhidayat

Translate