Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Perkuat Mental Anak Sejak Dini, FMIPA UGM Hadirkan Dongeng untuk Anak Bertema Percaya Diri

Riuh tawa dan ceria anak-anak menghiasi ruangan kuliah di FMIPA UGM. Mereka bernyanyi, bersenandung, dan bercerita mengenai sosok makhluk-makhluk di hutan belantara yang sedang berjuang menemukan rasa percaya dirinya. Dengan petikan ukulele dari Kak Dinu dan untaian lagu dari Kak Syakira, anak-anak diajak berpetualangan bersama Rubby, sosok Rubah yang berpetualang mencari rasa percaya dirinya. Dongeng Bunga-Bunga di Kepala Rubby mampu menarik puluhan anak-anak yang sebelumnya lebih tertarik dengan jajanan ketimbang mendengar sebuah kisah penuh makna. Bim bam bam bim bim bam bam bim bim, anak-anak mulai bersenandung kembali bersama duo pendongeng yang handal.

“Ceritanya tentang menerima teman dalam kondisi apapun dan menyanyangi teman. Kami menceritakan efek pembullyan tetapi ga vulgar. Tadi dinasehatin kura-kura untuk nerima diri sendiri. Kalau masih tergantung omongan orang, berarti ga nerima diri sendiri,” papar Syakira.

Di samping itu, Dinu turut mengungkapkan kekagumannya pada anak-anak yang awalnya sempat terdistraksi oleh kantong panganan yang berwarna-warni tetapi pada akhirnya mereka malah fokus saat dongeng berlangsung.

“Senang karena pertemuan dengan anak-anak selalu menyenengkan. Punya energi yang berlebih, tenaga berlebih, kami ikut fun juga, saling bertukar kebahagiaan. Tidak menyangka sebanyak ini peserta anak-anaknya, tapi Aku seneng anak-anak antusias dan interaktif,” papar Dinu.

Dinu juga berharap ke depannya anak-anak dapat lebih paham tentang menerima diri sendiri dan selalu percaya diri kapan pun dan di mana pun mereka berada. Hadirnya dongeng anak di FMIPA UGM dengan tema memperkuat mental anak menjadi cerminan SDGs di bidang 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses pendidikan dan pendidikan untuk keberlanjutan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Sulaiman Nurhidayat

Other News

Categories

Translate