Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dongkrak Lulusan Saintek di Bidang Industri dan Kesehatan, FMIPA UGM Gelar Pelatihan Non-Destructive Testing

FMIPA UGM menggelar Pelatihan Non-Destructive Testing atau Uji Tak Rusak pada Sabtu – Minggu, 21 -22 September 2024 di Auditorium FMIPA UGM. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah mahasiswa, dosen, dan pegawai khususnya di bidang Fisika. Dalam hal ini, narasumber yang dihadirkan merupakan ahli di bidang Non-Destructive Testing atau Uji Tak Rusak yaitu Baskan Hanurajie yang merupakan lulusan Fisika Univeristas Padjajaran dan Material Safety Engineering di Yokohama University, membawanya hingga ke dunianya saat ini sebagai pengajar dan instruktur di bidang NDT.

“Temen-temen Fisika, ini ada jalan yang mungkin kalian ikuti akan sukses. Jarang sekali orang yang ambil Fisika di oil and gas. Ketika kita punya kualifikasi ini kita bisa berpeluangan masuk dengan mudaj. Ibarat masuk ke rumah tidak lewat pintu depan tetapi lewat garasi,” papar Baskan.

Selain itu, Baskan juga menjelaskan bahwa pentingnya lulusan di bidang saintek tidak hanya sebatas mendapat ijazah tetapi juga mendapatkan sertifikat kualifikasi kompetensi khususnya di bidang NDT. Para lulusan tersebut diharapkan mampu siap bekerja di bidang industri dan juga kesehatan yang membutuhkan kompetensi dasar Fisika dalam pengembangan teknologi baik di industri atau kesehatan.

Dalam acara 2 hari tersebut, Prof. Kuwat Triyana, selaku Dekan FMIPA UGM turut menghadiri acara tersebut secara penuh dan mendukung acara tersebut.

“Setelah ini harapannya FMIPA bisa menjadi pusat NDT. Saya mohon komitmen, bapak ibu dosen, mahasiswa untuk mengikuti acara ini hingga akhir. Kita berharap setelah ini, untuk dosen-dosen untuk ada training sungguh-sungguh. Nanti sebagian kalau memungkinkan ada dosen hingga level 3 tidak hanya di Indonesia tapi juga Asia dan Timur Tengah,” papar Prof. Kuwat.

Pada hari pertama, pelatihan akan fokus pada pemaparan materi. Kemudian, pada hari kedua, peserta akan mendapatkan pengalaman langsung untuk melakukan praktikum. Terdapat 6 praktikum yang dilakukan yaitu uji cairan penetran, uji partikel magnetik, uji radiografi, uji ultrasonik, dan uji Eddy Current.

Pelatihan Non-Destructive Testing atau Uji Tak Rusak yang diselenggarakan oleh FMIPA UGM merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa, dosen, dan pegawai FMIPA pada keterampilan NSDT atau UTR. Selain itu, pelatihan tersebut menjadi wujud kerja sama antara FMIPA UGM dengan mitra yaitu Baskan Hanurajie selaku narasumber dan CEO PT. Intergy Global Forma di bidang pelatihan NDT yang merupakan implementasi SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Sulaiman Nurhidayat

Other News

Categories

Translate