Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Mahasiswa FMIPA UGM Raih Medali Perunggu dalam ONMIPA-PT 2024 Bidang Fisika

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) merupakan salah satu kejuaraan bergengsi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Tahun ini, ONMIPA-PT tingkat nasional diselenggarakan pada 12-17 Mei 2024 di Makassar, Sulawesi Selatan, dengan 4 bidang perlombaan yaitu Kimia, Biologi, Fisika, dan Matematika. Universitas Gadjah Mada tak absen dalam membawa pulang medali kejuaraan, termasuk Muhammad Raihannafi Fadhel (Fisika angkatan 2021) yang berhasil meraih medali perunggu.

“Sudah sejak tahun 2022 mengikuti ONMIPA-PT, tetapi belum bisa lolos seleksi ke tingkat nasional. Tahun 2023 ikut lagi dan berhasil lolos ke tingkat nasional di Bandung,” ujar Fadhel

Fadhel termotivasi untuk mengikuti olimpiade sebagai bentuk untuk meningkatkan kemampuan dan performanya yang kurang memuaskan dalam dunia olimpiade ketika di SMA. Medali ini merupakan medali pertama yang diraihnya setelah berkali-kali gagal di ajang olimpiade tahun-tahun sebelumnya.

Fadhel melalui persiapan sejak awal tahun hingga Maret 2024 dengan mereview ulang soal-soal seleksi internal UGM maupun soal seleksi wilayah. Untuk memaksakan dirinya terus belajar, Fadhel bahkan aktif menjadi asisten dosen mata kuliah wajib di Fisika. Meskipun mengalami kesulitan pada tes kedua karena sakit, ia tetap berhasil lolos sebagai kontingen Fisika untuk UGM.

Dalam keberhasilannya meraih juara di ONMIPA-PT 2024, ia dibimbing oleh sejumlah dosen dari Departemen Fisika FMIPA UGM yakni Dr.Chotimah,M.Si, Muhamad Darwis Umar S.Si., M.Si., Dr.Chalis Setyadi,S.Si., M.Sc., Prof. Sholihun,S.Si., M.Sc., Ph.D.Sc., Muhammad Arifin, S.Si., M.Sc., Ph.D., Dr. Juliasih Partini S.Si., M.Si., Adhib Ulil Absor S.Si., M.Sc., Ph.D, dan Idham Syah Alam S.Si., M.Sc., Ph.D.

Tak langsung puas, ia berencana untuk berpartisipasi kembali di ONMIPA-PT tahun depan dan berharap dapat meraih medali emas di kesempatan terakhirnya ini. Semangat dan prestasi membanggakannya mencerminkan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) nomor 4, yaitu Pendidikan Berkualitas. Dengan prestasi ini, ia pun berharap dapat memotivasi teman-teman lainnya untuk ikut serta dalam ONMIPA dan membawa kebanggaan bagi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM di ajang kompetisi tingkat regional, nasional, dan internasional sehingga menciptakan budaya belajar yang berkualitas. Begitupula dengan FMIPA UGM yang berkontribusi pada pengembangan potensi mahasiswa secara inklusif juga mencerminkan SDGs nomor 4 dengan menyediakan program pendidikan yang berkualitas, pelatihan, dan bimbingan bagi mahasiswa.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Dokumentasi: Muhammad Raihannafi Fadhel
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate