Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Mahasiswa UGM Optimalkan Sumber Daya Lokal dan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Ibun

Tim Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) Pesona Ibun telah melaksanakan kegiatan KKN di Desa Laksana dan Desa Ibun, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan sumber daya lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua desa tersebut.

“Ada potensi dari desa-desa yang berada di daerah Kecamatan Ibun yang dapat kami optimalisasi untuk pengembangan yang  berkeberlanjutan bagi desa-desa di sini,” ujar Annissya selaku Kormanit Tim KKN-PPM Pesona Ibun.

Pada lokasi KKN Kecamatan Ibun ini, tim mereka melaksanakan berbagai program kerja untuk mengoptimalkan potensi di desa tersebut yang disusun sesuai dengan ilmu yang dikuasai oleh masing-masing anggota dari berbagai jurusan. Program kerja yang dilaksanakan mencakup 149 kegiatan seperti pembinaan kopi geothermal yang menjadi kolaborasi Pertamina Geothermal Energy dalam pengolahan kopi geothermal. Selain itu, tim mereka juga membantu kelompok binaan UMKM wisata di Kecamatan Ibun, membantu peningkatan fasilitas pariwisata dan UMKM, hingga sosialisasi mitigasi bencana.

“Kondisi sosial masyarakat di kedua desa ini cukup stabil dalam hal ekonomi karena merupakan salah satu pusat produksi pakaian bayi, kopi, dan borondong ketan. Namun, masih ada beberapa daerah terpencil yang membutuhkan perbaikan dalam fasilitas kesehatan,” terang Annissya.

Annissya menjelaskan, meskipun desa tersebut cukup stabil dari segi ekonomi, tetapi dalam dalam hal pendidikan Desa Ibun masih sangat kurang dalam ketersediaan fasilitas pendidikan. Desa Ibun hanya memiliki satu SD, sedangkan SMP dan SMA berpusat di daerah kantor Kecamatan Ibun, yang memiliki akses yang cukup curam.

Berangkat dari permaslahan tersebut, Tim KKN-PPM UGM Pesona Ibun mengangkat tema  mengenai optimalisasi di bidang agroekologi, sumber daya lokal dan pariwisata, serta ekonomi kreatif untuk strategi inovasi pengoptimalan, serta pendekatan pengembangan berbasis comunnity based development.

“Kendala yang dihadapi tim KKN-PPM UGM antara lain adalah kondisi geografis yang curam dan akses yang terbatas ke beberapa daerah. Namun, tim kami berhasil mengatasi kendala tersebut dengan kerja sama dan solidaritas yang kuat,” terang Annissya.

Semangat dan motivasi tim KKN-PPM UGM berasal dari kerja sama yang kuat dan dukungan dari orang tua serta pihak-pihak lain. Mereka berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi jembatan untuk mengembangkan potensi-potensi di berbagai wilayah Indonesia. Dengan demikian, kegiatan KKN-PPM UGM di Desa Laksana dan Desa Ibun diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengoptimalkan sumber daya lokal di kedua desa tersebut.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Dokumentasi: Tim KKN-PPM Pesona Ibun
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate