Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

FMIPA UGM Sajikan Konten Edukasi Megathrust di Indonesia

Isu potensi terjadinya megathrust atau dikenal juga sebagai gempa besar di Indonesia menjadi topik yang ramai dibahas oleh masyarakat saat ini. Di berbagai media sosial, masyarakat memiliki pandangan dan prediksi-prediksis tersendiri hingga menimbulkan cocoklogi dengan isu sosial yang ada. Namun, yang paling penting adalah mengenai mitigasi bencana yang harus disiapkan oleh masyarakat seperti penyediaan tas bencana dan wawasan tanda-tanda alam.

Merujuk pada isu tersebut, FMIPA UGM menyajikan konten edukasi mengenai megathrust di Indonesia. Konten tersebut terdiri atas pengertian mengenai megathrust atau gempa besar, lokasi yang berpotensi mengalami megathrust, kilas balik bencana alam di Indonesia, dan upaya mitigasi bencana yang dilakukan.

Dalam konten yang disajikan, masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan sadar bencana secara mandiri untuk mengurangi potensi tingginya dampak korban akibat bencana. Sebaran lokasi yang berpotensi mengalami megathrust seperti di Jawa, Sulawesi, Sumatera, dan Papua diharapkan akan membuka wawasan masyarakat untuk tetap waspada saat berada di lokasi tersebut terlebih ketika berpegian ke tempat baru.

Hadirnya konten edukasi mengenai megathrust di Indonesia menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu peningkatan keterampilan bagi masyarakat termasuk mahasiswa mengenai wawasan kebencanaan dan menghindari arus disinformasi di media mengenai megathrust. Hal ini juga menjadi benteng literasi bagi masyarakat yang terus terpapar beragam isu-isu miring yang dikaitkan dengan megathrust. Selain itu, hal ini juga menjadi cerminan dari SDGs nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui pengurangan risiko bencana terutama gempa bumi melalui edukasi yang diberikan. Simak konten tersebut selengkapnya melalui tautan berikut https://www.instagram.com/p/C-zNVDnyzQ3/?img_index=3

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Gambar: Anugrah Yuwanda Atmaja

Other News

Categories

Translate