Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dekatkan Cita-Cita Siswa sebagai Saintis Muda, SD Bias Ajak Siswa Praktik Sains di FMIPA UGM

SD Bias melaksanakan kunjungan ke Laboratorium Departemen Fisika FMIPA UGM pada Rabu, 21 Agustus 2024. Kunjungan terdiri atas 100 siswa kelas 6 dan 11 guru pendamping dengan siswa bauran SD Bias se- Jawa Tengah yang berasal dari Tegal, Cilacap, Sampang, Purwokerto, Gombong, Temanggung, Magelang, Muntilan, Jogja, Klaten, Solo, dan Semarang. 100 siswa tersebut kemudian dibagi menjadi 10 kelompok dengan sistem kloter. Lima kelompok berada di Laboratorium Fisika dan kelompok sisanya berada di Laboratorium Geofisika.

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah sejalan dengan tema kegiatan yang diangkat yaitu “Membangun Cita-Cita” dengan arahan ke konteks ilmuwan muslim yang sudah dipelajari di sekolah.

“Di Al-Quran kan ada ya, mengenai ilmu-ilmu sains dan penerapannya di kehidupan sehari-hari. Tapi, anak-anak banyak yang belum memahami. Dari kegiatan ini, anak-anak punya kesempatan untuk learning by doing,” tutur Tika selaku guru pendamping SD Bias.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan, para siswa akan diminta mengerjakan lembar tugas dari sekolah sehingga menjadi media untuk belajar mandiri anak-anak.

Saat di Laboratorium Geofisika, siswa mendapat kesempatan untuk mengenal dan mempelajari mengenai fenomena alam seperti gempa bumi dan gunung meletus.

“Siapa di sini tahu nama-nama gunung api?” tanya Dr. rer. nat. Ade Anggraini selaku dosen Geofisika sekaligus pemateri.

Kemudian, para siswa mulai menyebutkan nama-nama gunung api yang diketahui. Setelah itu, para siswa diajak berdiskusi mengenai adanya bencana alam gempa bumi dan gunung meletus serta melalukan percobaan dengan alat yang tersedia di laboratorium.

Sementara itu, di Laboratorium Fisika, Idham Syah Alam selaku dosen Fisika sekaligus pemateri memberikan wawasan terkait fisika dan fenomenanya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kalau menelpon lama-lama rasanya bagaimana?” tanya Idham.

“Panaaaas,”, serempak jawab para siswa.

Kemudian Idham memberikan pesan jika gelombang pada telepon genggam bisa membahayakan bagi otak dan kesehatan sehingga diarahkan untuk tidak berlama-lama menggunakan telepon genggam.

Dalam menerima kunjungan dari sekolah yang dilakukan FMIPA UGM menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan di bidang sains bagi para siswa. Selain itu, hal ini menjadi cerminan dari SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan antara FMIPA UGM dan SD Bias dalam memajukan pendidikan.

Penulis: Febriska Noor Fitiana
Foto: Danendra Azriel Ramdhany

Other News

Categories

Translate