Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Mahasiswa FMIPA UGM Lakukan Ekspedisi Merah Putih di Gunung Sangkareang

Dimas Dhanur, mahasiswa program studi Geofisika dan Wirawan, mahasiswa Elektronika Instrumentasi FMIPA UGM melakukan pendakian di Gunung Sangkareang, Pulau Lombok dalam rangka kegiatan Ekspedisi Merah Putih. Dengan melakukan pendakian bersama 4 mahasiswa lainnya yang tergabung dalam Tim KKN PPM UGM Lombok, Dimas dan Wirawan sukses mencapai puncak tertinggi nomor 2 di Pulau Lombok dengan ketinggian 3200 mdpl.

“Alasan kami mengadakan ekspedisi itu di antaranya mendukung wisata pendakian Gunung Sangkareang yang berada di wilayah sub unit kami. Kemudian, dalam rangka bulan Kemerdekaan Republik Indonesia yang merepresentasikan kontribusi UGM untuk Indonesia di puncak tertinggi kedua di Pulau Lombok,” papar Dimas.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 5 Agustus 2024 dengan membawa berbagai atribut kampus yang merepresentasikan semangat kebersamaan dalam melaksanakan pengabdian masyarakat sekaligus memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

“Harapannya, dari kegiatan ini teman-teman jadi lebih termotivasi untuk melakukan pengabdian yang dapat mendukung pariwisata yang belum terlalu terjamah oleh wisatawan dan juga turut serta melestarikan gunung-gunung di Indonesia supaya dapat dinikmati oleh anak cucu kita nantinya,” papar Dimas.

Kegiatan ekspedisi yang dilakukan mahasiswa FMIPA UGM dengan Tim KKN PPM UGM tersebut menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam melakukan pengabdian masyarakat. Kemudian, menjadi refleksi dari SDGs nomor 15 yaitu Ekosistem Daratan dalam perlindungan lingkungan khususnya di kawasan gunung.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Dimas Dhanur

Other News

Categories

Translate