Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Perjuangan William, Ukir Berbagai Kejuaraan Kompetisi Matematika Sekaligus Bekerja Paruh Waktu untuk Bertahan Hidup

William, salah satu wisudawan terbaik tahun 2024 dari Program Studi S1 Matematika FMIPA UGM berbagi kisah perjuangannya selama menempuh pendidikan tinggi. Dalam wawancara, ia menceritakan bahwa dirinya tak ragu untuk mengambil pekerjaan paruh waktu guna membantu meringankan beban ekonomi keluarga, meski di tengah padatnya kegiatan akademis.

“Ketika ada kesempatan untuk membantu ekonomi keluarga melalui pekerjaan paruh waktu, Saya langsung mengambil tawaran tersebut tanpa banyak berpikir. Harus diakui, membagi waktu antara kegiatan akademik, non-akademik, dan pekerjaan paruh waktu bukanlah hal yang mudah,” ungkap William.

Di tengah kesibukan tersebut, William tetap mampu meraih prestasi gemilang di bidang matematika, seperti Medali Perak Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tahun 2022 dan 2023, Juara 1 Calculus Cup UNJ, serta Juara 3 Mathematical Analysis and Geometry Day ITB tahun 2022.

Perjuangan inspiratif William dalam meraih prestasi ini sejalan dengan nilai Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4, yaitu Pendidikan Berkualitas, yang menunjukkan bahwa pendidikan dan prestasi dapat diraih meskipun dihadapkan pada tantangan ekonomi. Kisahnya menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk tetap berprestasi, di mana kondisi ekonomi bukanlah penghalang untuk meraih impian.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Dokumentasi: Direktorat Kemahasiswaan
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate