Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dari Teori ke Aksi, Himatika Buka Peluang PKM bagi Mahasiswa Matematika UGM

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang bergengsi bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide inovatif. Universitas Gadjah Mada (UGM) secara konsisten mengirimkan banyak tim untuk bersaing dalam program ini. Namun, antusiasme mahasiswa S-1 Matematika UGM tidak setinggi antusiasme mahasiswa UGM secara umum terhadap PKM. Hal ini dikarenakan masih banyak mahasiswa Matematika yang merasa kesulitan dalam mengaplikasikan disiplin ilmu mereka dalam PKM. Oleh karena itu, Departemen Penalaran dan Pendidikan (Radian) Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) UGM menyelenggarakan Seminar Program Kreativitas Mahasiswa pada Sabtu, 24 Agustus 2024 di Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa UGM.

Seminar PKM diawali dengan pemaparan materi oleh Uha Isnaini, S.Si., M.Sc., Ph.D selaku dosen Matematika UGM yang berpengalaman membimbing tim PKM dan dilanjutkan oleh Christina Agustin Raphonhita Simbolon selaku mahasiswa S-1 Matematika UGM yang pernah mengikuti PKM. Materi yang disampaikan meliputi penjelasan mengenai PKM, proses penggalian ide, dan pengalaman dalam mengikuti PKM atau membimbing tim PKM. Kegiatan pemaparan materi ditutup dengan sesi tanya jawab yang interaktif.

Setelah mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai PKM, para peserta dibagi ke dalam 3 kelompok untuk kemudian melaksanakan sesi diskusi. Setiap kelompok berdiskusi untuk menggali ide-ide PKM yang kemudian dituangkan dalam selembar kertas. Ide-ide tersebut dipresentasikan di hadapan dewan juri untuk memberikan kesempatan bagi peserta dalam mengasah kemampuan menyampaikan gagasan.

Seminar PKM yang diselenggarakan oleh Departemen Radian Himatika UGM menunjukkan penerapan SDGs poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam penerapan ilmu Matematika ke dalam proyek berupa PKM. Melalui penyampaian materi yang komprehensif dan sesi diskusi yang mendorong kreativitas, diharapkan peserta seminar lebih siap dan termotivasi untuk mengikuti PKM, serta mampu mengembangkan ide-ide inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Penulis: Azzah Nurfatin
Foto: Panitia MathWise 2024
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate