Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Delegasi UGM Sabet Juara Pertama Fun Mathematics Competition 2024

Tim yang terdiri dari 3 mahasiswa UGM menginjakkan kaki di Malang untuk mengikuti babak final Fun Mathematics Competition (FMC). FMC merupakan lomba tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Matematika Vektor Universitas Negeri Malang. Pelaksanaan babak final FMC 2024 diselenggarakan secara luring di Universitas Negeri Malang pada Senin, 12 Agustus 2024,

Babak final FMC 2024 terdiri dari 3 sesi, yaitu sesi wajib jawab, sesi presentasi, dan sesi cerdas cermat. Pada sesi wajib jawab, setiap tim akan mengerjakan soal yang ditampilkan di layar. Pada sesi ini, setiap tim diharuskan menjawab 5 soal isian singkat dengan jawaban akhir dituliskan pada papan tulis, dan 1 soal uraian dengan jawaban akhir dituliskan pada kertas. Setelah mengikuti sesi wajib jawab, setiap finalis akan mengikuti sesi presentasi. Pada sesi ini, setiap tim akan terlebih dahulu mengerjakan soal selama 30 menit. Setelah waktu pengerjaan habis, setiap tim akan mempresentasikan hasil pengerjaannya di hadapan dewan juri secara bergiliran. Sesi cerdas cermat menjadi penutup babak final FMC 2024. Pada sesi cerdas cermat, setiap tim berebutan menjawab soal dengan sistem taruhan poin.

Delegasi UGM pada FMC 2024 yang terdiri dari Muhammad Fatkhurrohman (Matematika 2021), Aditya Yoga Sadana (Matematika 2022), dan Fajar Arif Shodiqin (Matematika 2022) mampu melewati ketiga babak tersebut dengan baik. Pada saat pengumuman, tim UGM disebut sebagai peraih juara pertama FMC 2024 mengalahkan 4 tim lainnya.

Keberhasilan para mahasiswa UGM dalam FMC 2024 menunjukkan penerapan SDGs poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas. Hal ini menunjukkan bahwa akses untuk belajar dan meningkatkan keterampilan bermatematika sudah terfasilitasi dengan baik di UGM sehingga delegasi UGM pada FMC 2024 mampu meraih juara pertama. Harapannya, prestasi tersebut mampu memotivasi dan meningkatkan semangat belajar maupun berlomba di kalangan mahasiswa FMIPA UGM.

Penulis: Azzah Nurfatin
Dokumentasi: Panitia Fun Mathematics Competition 2024
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate