Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Salurkan Hobi Gaya Hidup Sehat, Alumni FMIPA UGM Inisiasi Gerakan Akademi Turgo: Kegiatan Pendakian dan Eksplorasi Lingkungan di Bukit Turgo

Sejumlah alumni FMIPA UGM membentuk gerakan dalam wadah bernama Akademi Turgo. Kegiatan yang digalakan tersebut adalah melakukan pendakian dan eksplorasi di kawasan Bukit Turgo, Sleman. Sejalan dengan anjuran pemerintah untuk mendorong gaya hidup sehat, gerakan Akademi Turgo tersebut turut mewadahi hobi untuk hidup lebih sehat.

Rosidyah dan Mienerva, Alumni Geofisika FMIPA UGM menjadi inisiator dalam gerakan tersebut.

“Awalnya, kami ditanya tempat lari di alam yang enak di mana. Kalau di kota kan banyak orang. Akhirnya, kami cari tempat yang sepi yaitu di Turgo,” papar Rosidyah.

Ke depannya, Rosidyah berharap bisa berlanjut lagi kegiatannya dan berjalan rutin setiap Sabtu serta bisa melakukan eksplorasi di tempat lain.

“Kendalanya sekarang ramai pengunjung dan banyaknya sampah. Semoga olahraganya tetap rutin berjalan,” papar papar Miennerva.

Saat ini Bukit Turgo sudah megalami peningkatan dengan dibangunnya fasilitas toilet di atas karena selama ini toilet ini hanya tersedia di bawah dan cukup jauh aksesnya.

Kegiatan pendakian dan eksplorasi yang dilakukan Alumni FMIPA UGM melalui gerakan Akademi Turgo tersebut menjadi cerminan dari SDGs nomor 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera melalui aktivitas fisik yang menyehatkan dan mengurangi risiko obesitas.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Miennerva Alfanti

Other News

Categories

Translate