Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Sosok Inspiratif Ravidho, Lulusan Doktor Termuda, IPK Sempurna, dan Tercepat FMIPA UGM

Kabar gembira dan haru menyelimuti Ravidho dan keluarga pada momen wisuda pascasarjana yang dilaksanakan pada Rabu, 24 Juli 2024 di FMIPA UGM. Mahasiswa doktor dengan program studi fisika tersebut menyabet gelar doktor termuda dan tercepat dengan usia 26 tahun. Laki-laki kelahiran Teluk Balengkong pada tahun 1998 ini akhirnya mampu menuntaskan studinya dengan penelitian berjudul Validasi dan Pemanfaatan Data Satelit Global Precipitation Measurement untuk Analisis Curah Hujan dan Bencana Hidrometeorologi di Indonesia.

Dengan IPK sempurna yaitu 4,00, Dr. Ravidho Ramadhan, M.Si. ini mampu menempuh studi hanya dengan waktu 2 tahun 10 bulan dan 9 hari.

“Penelitian saya dilakukan untuk melengkapi data dari curah hujan yang masih sangat terbatas datanya. Harapan saya, bisa memberikan manfaat dan kontribusi terhadap mitigasi bencana hidromeologi di Indonesia,” papar Ravidho.

Ravidho merasa senang dan bangga atas pencapaian yang diraihnya. Dirinya merasa bahwa banyak sekali bantuan dari orang-orang di sekitar terutama promotor dalam menyelesaikan penelitian dan studinya. Dalam hal ini, pencapaian lainnya dari sosok yang memiliki hobi membaca dan menonton ini adalah jumlah publikasi yang diterbitkan telah cukup banyak.

Dalam hal ini, Ravidho juga memberikan tips dan trik kepada rekan-rekan mahasiswa di semua jenjang dalam menyelesaikan studi.

“Tugas yang sudah diterima adalah tanggung jawab sehingga harus dikerjakan dan diselesaikan,” papar Ravidho.

Hadirnya sosok inspiratif pada wisuda pascasarjana tersebut harapannya menjadi pemantik semangat bagi mahasiswa atau peneliti yang sedang berjuang dalam meraih Impian atau menyelesaikan studi dengan kebermanfaatan yang akan dihasilkan. Dengan ini, kisah Ravidho menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas mengenai pendidikan untuk keberlanjutan di bidang riset dan inovasi hidrometeorologi. Simak cerita inspiratif Ravidho pada tautan https://www.instagram.com/p/C932wnTSdnP/.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate