Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Hari Anak Nasional, FMIPA UGM Ajak Refleksi Kehadiran Anak-Anak

Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Dalam hal ini, FMIPA UGM melalui unggahan yang dibuat mengajak masyarakat untuk merefleksikan anak-anak yang ada di sekitar. Hari Anak Nasional adalah waktu yang tepat untuk merayakan keunikan setiap anak.

“Anak-anak bukanlah benda yang bisa dibentuk, tetapi adalah individu yang perlu dikembangkan.” – Jess Lair

Dalam hal ini, FMIPA UGM turut memberikan ruang tumbuh dan kreasi bagi anak-anak melalui berbagai kegiatan seperti kunjungan ke sekolah, menerima kunjungan ke kampus, dan KKN melalui mahasiswa dan dosen. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang pernah dilaksanakan dalam rangka mengakomodasi kebutuhan anak khususnya di bidang pendidikan.

Potret di atas adalah saat KKN yang dilakukan di Rinjani oleh mahasiswa FMIPA UGM mengenai percobaan sains gunung api. Konteks pendidikan didapat karena lokasi tempat tinggal anak-anak dekat dengan kawasan gunung api aktif yang memiliki fenomena dan risiko gunung Meletus.

Potret di atas adalah kegiatan ekspersimen di laboratorium Fisika FMIPA UGM oleh rombongan pelajar sekolah dasar. Kegiatan dilakukan untuk mengenalkan dunia sains dan meningkatkan keterampilan anak-anak di bidang sains.

Penyediaan akses ruang dan kesempatan pendidikan dari FMIPA UGM menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses terhadap pendidikan yang diberikan kepada anak-anak untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan khususnya di bidang sains. Selain itu, refelksi di Hari Anak Nasional ini diharapkan menjadi moment apt untuk memahami anak-anak di sekitar kita.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Gambar: Tim Media FMIPA UGM
Foto: Tim KKN Rinjani dan Tim Media Fisika FMIPA UGM

Other News

Categories

Translate