Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Tim Dosen UGM membuat Sistem Otomatisasi Penskoran berbasis Artifical Intelligence, Ukara.ai

Tim peneliti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Gadjah Mada melalui grup penelitian Natural Language (nlp.mipa.ugm.ac.id) pada hari Senin 14 Oktober 2019 mengadakan Seminar Hasil Penelitian Pengembangan Automatic Essay Scoring. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Kegiatan Riset Terapan “Pengembangan Mesin Penskoran Respon Soal Essay Secara Otomatis” dengan dukungan pendanaan dari Program Penelitian Riset Terapan Bidang Fokus Sosial Humaniora, Seni Budaya, Pendidikan Penelitian Lapangan Dalam Negeri Tahun 2019, Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Tim Peneliti UGM yang diketuai oleh Dr. Mardhani Riasetiawan, dengan anggota peneliti Yunita Sari, Ph.D, Guntur Budi Herwanto, M.Cs, Bambang Nurcahyo Prastowo, M.Sc, Isna Alfi Bustoni, MT dan Indra Hidayatullah, MT (UNY) berhasil mengembangkan aplikasi automatic essay scoring berbasis artificial intelligence yang diberi nama ukara (website : ukara.ai). Aplikasi ini bekerja dengan memproses dataset jawaban dari siswa dalam bentuk essai dari sampel ujian nasional, kemudian dilakukan pemrosesan baik dengan merapikan kesalahan penulisan, keterhubungan kata, dan konteks. Kemudian akan diproses lebih lanjut dengan data yang telah terlabeli oleh ahli untuk membentuk model tertentu. Model inilah yang kemudian dijadikan sebagai pemodelan AI untuk menskor jawaban-jawaban essai yang lainnya secara otomatis.

Kegiatan seminar ini dilaksanakan dengan mengundang ahli yaitu Prof Ricahrdus Eko Indrajit (PERBANAS) dan Dr. Rahmawati (Puspendik Kemdikbud RI) sebagai narasumber yang memberikan masukan terhadap pengembangan Ukara kedepan. Ukara sendiri akan dijadikan platform dari Kemdikbud dalam hal ini Puspendik untuk menjadi baseline pengukuran skor untuk mempermudah penilian ujian nasional berbasis essai kedepan. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA UGM, Dr.rer-nat Nurul Hidayat Aprilita, dan dihadiri oleh Ketua Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM, Drs. Agus Harjoko, Ph.D dan Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof,. Nizam.

Kegiatan seminar ini juga dilengkapi dengan presentasi kompetisi UKARA yang terlibat secara kolaboratif mengembangkan model penskoran otomatis yang menghadirkan 4 tim presentasi. Disesi akhir, dilakukan diseminasi dan evaluasi automatic essay scoring untuk mendapatkan feedback dari peserta seminar. Kegiatan semninar ini juga didukung oleh Praxis Academy.

 

 

 

 

Author:

Other News

Translate