Visi dan Misi

VISI
FMIPA yang dikenal baik secara internasional dan unggul secara nasional dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidangnya, literate dalam teknologi informasi, berjiwa wirausaha, dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

 

MISI

  1. Menumbuhkembangkan semua jurusan dan program studi di lingkungannya agar mampu menyelenggarakan pendidikan MIPA di garis depan sampai ke jenjang Pascasarjana dengan lulusan yang berpotensi maju dan bertaraf internasional untuk warga semua lapisan masyarakat Indonesia dan semua negara di dunia
  2. Menumbuhkembangkan semua jurusan di lingkungannya agar mampu menyelenggarakan penelitian dasar maupun terapannya secara terpadu dan bertaraf internasional yang menunjang pengembangan IPTEK untuk kesejahteraan bangsa dan umat manusia.
  3. Meningkatkan peran FMIPA sebagai institusi yang mempunyai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui rangkaian kegiatan pemanfaatan MIPA untuk menunjang kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat dalam aspek material maupun spiritual.
  4. Meningkatkan peran FMIPA dalam industri, teknologi sistem informasi dan komunikasi, lingkungan hidup, kesehatan, dan ekonomi, sehingga dunia industri dapat diyakinkan dan diajak bersama-sama (corporate) untuk lebih mengembangkan ilmu dan terapan MIPA
  5. Menjadikan FMIPA sebagai pusat layanan penelitian, pelatihan, konsultasi, dan jasa dalam bidang keilmuan MIPA dan terapannya.
  6. Menjadikan FMIPA sebagai insitusi yang mempunyai tatakelola yang baik dalam rangka
    mendukung penuntasan transisi UGM menjadi universitas yang mandiri.

TUJUAN

  1. Meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan sarjana dan pascasarjana berbasis riset untuk menghasilkan lulusan FMIPA UGM yang memiliki perilaku, sikap mental, etika profesi,pengetahuan, ketrampilan, kreativitas, dan kepemimpinan yang unggul, serta bijaksana dalam menyelesaikan masalah.
  2. Meningkatkan kualitas dan relevansi penelitian yang bertaraf internasional dan pelayanan masyarakat.
  3. Mengembangkan kemandirian organisasi dan jaringan kerjasama untuk meningkatkan posisi di tingkat global dengan dukungan masyarakat kampus, alumni, industri dan masyarakat.
  4. Menumbuhkan budaya masyarakat Pancasila dengan menumbuhkembangkan: sikap toleran dan saling menghormati, jiwa dan semangat kebangsaan, serta disiplin diri di kalangan sivitas
    akademika dan masyarakat, untuk mendukung kemandirian serta keutuhan bangsa dan negara.
  5. Menyediakan sarana prasarana untuk meningkatkan layanan dalam mendukung mutu fakultas sebagai bagian dari universitas penelitian yang bertaraf internasional.
  6. Menjadi fakultas yang bertata kelola yang baik, efisien dan produktif.

SASARAN

  1. Terwujudnya pembelajaran berbasis riset.
  2. Tercapainya peningkatan reputasi dan akreditasi internasional di bidang pendidikan, riset,dan pengabdian pada masyarakat.
  3. Tercapainya peningkatan jejaring kerjasama internasional.
  4. Tercapainya peran FMIPA UGM yang selalu meningkat dalam penyelesaian masalah bangsa dengan pendekatan kerakyatan dan sosio-budaya Indonesia mencakup advokasi keunggulan lokal ke tingkat dunia.
  5. Tuntas status transfer aset tetap.
  6. Tuntas penyiapan sistem manajemen dan tahapan menuju pengelolaan SDM PT BHMN.
  7. Tersusunnya laporan keuangan sesuai dengan standar akuntasi yang berlaku bagi universitas yang mandiri.
  8. Tercapainya good governance dalam sistem manajemen.
  9. Tercapainya peningkatan berkelanjutan kapasitas kerjasama dan pengembangan usaha.