Program Pascasarjana Ilmu Kimia

Dibuka pada tahun 1981 Program Pascasarjana Kimia UGM, dikukuhkan dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud Republik Indonesia No. 580/DIKTI/Kep/1993, tanggal 29 September 1993.Lima minat yang berada dalam Program Studi Kimia adalah

  • Minat Studi Kimia Analitik
  • Minat Studi Kimia Anorganik
  • Minat Studi Kimia Fisika
  • Minat Studi Kimia Organik
  • Minat Studi Kimia Lingkungan

BAN (Badan Akrasi editasi Nasional) memberikan nilai A
PERSYARATAN ADMISI
Asal mahasiswa adalah lulusan S1. Apabila mahasiswa adalah sarjana kimia lulusan MIPA dengan IPK 2,7 dan telah menyandang gelar kesarjanaan tidak lebih dari 8 tahun, maka calon tersebut dapat langsung diterima.Apabila calon mahasiswa adalah sarjana dari luar ketentuan, maka mahasiswa diharuskan mengikuti program defisiensi dengan cara mengikuti beberapa perkuliahan di program S1.Persyaratan administrasi sesuai dengan ketentuan dari Direktorat Administrasi Akademik UGM yang dapat diakses di http://daa.ugm.ac.id/daftar Mahasiswa yang berasal dari dosen tetap di PTN/PTS yang memenuhi syarat dimungkinkan untuk memperoleh beasiswa dari BPPS DepDikNas atau dari institusi lain selama proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Kimia.

KURIKULUM
Kurikulum disusun dengan visi, misi, sasaran dan tujuan Program Studi Ilmu Kimia. Magister Ilmu Kimia harus dapat menyelesaikan minimum 42 SKS termasuk tesis, dengan IPK minimum 2,75 yang dapat diselesaikan selama 3 sampai 4 semester. Matakuliah Program Studi Ilmu Kimia terdiri

  • Mata Kuliah Wajib Program Studi (20 SKS)
  • Mata Kuliah Minat Studi yang berupa pilihan anjuran dan pilihan bebas

Batas maksimum masa studi adalah 4 tahun. Kalender Akademik Semester I dimulai awal September sampai akhir Janunari dan Semester II dimulai awal Februari sampai akhir Juni.

FASILITAS
Kampus
Program Studi Ilmu Kimia menempati bangunan berlantai dua dengan luas lebih dari 4000 M2 yang terdiri dari ruang kuliah,laboratorium, ruang seminar, ruang dosen, ruang komputer, dan ruang perpustakaan. Perkuliahan juga dilakukan di gedung Sekolah Pascasarjana.
Laboratorium

Program Studi Ilmu Kimia merupakan bagian integral dari pendidikan di Jurusan Kimia FMIPA UGM memiliki 5 laboratorium penelitian yaitu:

  1. Laboratorium Kimia Analitik yang dilengkapi dengan peralatan AAS, UV-Vis, DTA-TGA, HPLC, GC, GC, Elektroforesis, Potensiometer dll
  2. Laboratorium Kimia Anorganik yang dilengkapi dengan peralatan AAS, UV-vis dll
  3. Laboratorium Kimia Fisika yang dilengkapi dengan peralatan HPLC, GC, Bomb Kalorimeter, Reaktor Perengkahan, Reaktor Uji Katalis, dll
  4. Laboratorium Organik yang dilengkapi dengan peralatan GC, GC-MS, HPLC, H-NMR, IR, UV-Vis, TLC Scanner dan lain-lain
  5. Laboratorium Kimia Komputasi yang merupakan Pusat Kimia Komputasi Indonesia Austria (PKKIA) dilengkapi lebih dari 40 Komputer dan 10 Server yang terhubung dalam komputer kluster. Program Kimia Komputasi yang tersedia antara lain, HyperChem, Gaussian 98, Autodock, Amber, Rasmol dan koneksi Internet 24 jam. Selain lima laboratorium di Jurusan Kimia FMIPA UGM, mahasiswa dapat melakukan penelitian di beberapa laboratorium di lingkungan UGM, seperti PSLH, PAU Bioteknologi, PAU Pangan dan Gizi dan lain-lain.

Perpustakaan

Ribuan buku tersedia di Perpustakaan Referensi Jurusan Kimia dan lebih dari 30 Jurnal Kimia Internasional dilanggan oleh perpusatakaan referensi Jurusan Kimia UGM. Letak Jurusan Kimia yang berdekatan dengan perpustakaan pascasarjana UGM akan mempermudah akses informasi penting. Koneksi internet yang tersedia di Program Studi Ilmu Kimia dan dari Wireless di Jurusan Kimia akan mempermudah penelusuran informasi kimia untuk kepentingan pembelajaran dan penelitian.

STAF PENGAJAR
Jurusan Kimia memiliki 43 dosen tetap lulusan berbagai perguruan tinggi di luar negeri dan di dalam negeri dengan rincian:

  • 2 Guru Besar
  • 31 dosen bergelar Doktor (72,1%)
  • 12 dosen berderajat Master, 4 diantaranya sedang menyelesaikan program S3

 

PENELITIAN
Atmosfer akademik yang kondusif di Progrm Studi Ilmu Kimia didukung oleh adanya aktivitas penelitian yang tinggi dengan adanya keberhasilan dosen dalam memperoleh dana penelitian seperti RUTI, RUT, Hibah bersaing, Hibah Pekerti, Penelitian Dasar, dana penelitian dari instansi lain (Pertamina, TORAY, Pemda Malang, PT. Indesso Aroma) dan dana penelitian dari luar negeri seperti IFS Swedia dan Hitachi Jepang. Semua aktivitas penelitian selalu melibatkan mahasiswa dalam penyelesaian tesis, sehingga penelitian mahasiswa terjamin bersifat orisinil, berkualitas, berdampak positif terhadap perkembangan iptek, pembangunan nasional dan kesejahteraan manusia.
Luaran penelitian didalam maupun luar negeri seperti J.Am.Chem.Soc, J.Phys.Chem, Chem.Phys, Z.Naturforsch. Indonesia Journal of Chemistry (Indo.J.Chem, diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA UGM), dan Majalah Ilmiah MIPA. Beberapa hasil penelitian di Program Studi Ilmu Kimia juga telah/sedang dipatenkan.

PENGABDIAN MASYARAKAT
Komitmen Jurusan Kimia pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibuktikan dengan banyaknya publikasi ilmiah, kerjasama industri dan Paket Layanan Masyarakat dalam bentuk jasa analisis, pelatihan, kursus dan magang. Jurusan Kimia juga telah memiliki Pusat Minyak Nabati (Plant Oil Center) yang terdiri dari Pusat Kelapa (Coconut Center)yang mewadahi penelitian kelapa terpadu, dan Castor Oil Center yang mewadahi penelitian minyak jarak.

KERJASAMA
Jurusan Kimia mempunyai kerjasama baik ditingkat nasional maupun internasional. Kerjasama nasional dilakukan dengan beberapa instansi antara lain BATAN, Menristek, Universitas Negeri/Swasta, sedang dengan industri antara lain PT. Indiso, PT. Freeport dan lain-lain. Kerjasama internasional dengan University of Innbruck Austria dengan telah didirikannya Program Studi Ilmu Kimia, dengan Murdock University, Australia dalam pelaksanaan S3 sandwich, dengan Utrecht University Belanda telah menghasilkan Program Pengembangan Jurusan Kimia dan bantuan peralatan kimia. Dengan University of Barcelona Spanyol telah dikembangkan kerjasama dalam penelitian kemometri. Penelitian bersama juga dilakukan dengan beberapa Universitas di Jepang. Jurusan Kimia juga melakukan kerjasama dengan Technical University of Braunschweig Jerman dalam pengembangan pendidikan yang berkaitan dengan "green Chemistry" atau "Sustainable Chemistry"

PROGRAM DUAL DEGREE

Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan, dimungkinkan untuk mengikuti program dual degree, sehingga mahasiswa akan mendapatkan dua gelar sekaligus, yaitu: M.Si dari Sekolah Pascasarjana UGM dan M.Sc dari Technical University of Braunschweig Jerman





SEKRETARIAT DAN PENDAFTARAN
JURUSAN KIMIA FMIPA UGM
Sekip Utara Yogyakarta 55281
Email: chemistry@ugm.ac.id
Telp/Fax: (0274) 545188